Surface Book, Laptop Penjagal MacBook Pro

7 Oct 2015 13:00 2485 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tahun ini mungkin menjadi Akhir kejayaan MacBook Pro.

Yang mungkin hingga sekarang masih menggunakan MacBook Pro mungkin akan mulai gerah dengan kedatangan sebuah laptop terbaru sekaligus pertama yang dibuat oleh Microsoft.

Tidak tanggung-tanggung, laptop pertama yang dikeluarkan Microsoft ini diberi julukan “MacBook Pro Killer” oleh Microsoft sendiri.

 

Apa nama laptop baru tersebut?

Surface Book, itulah nama dari laptop yang katanya dapat mengalahkan MacBook Pro dari Apple. Pada peluncurannya di New York, Microsoft dengan percaya diri menyatakan bahwa Surface Book adalah laptop berlayar 13 inch tercepat yang pernah dibuat hingga saat ini.

Dengan layarnya yang berukuran 13.5 inch, Surface Book juga menawarkan fungsi layar sentuh yang tentunya akan sangat dibutuhkan bagi para profesional muda atau para pekerja kreatif di luar sana.

Selain itu, laptop mungil super cepat ini juga menawarkan dua VGA dimana salah satu VGA nya menjadi VGA alternatif yang dapat Anda ganti setiap saat.

 

Bagaimana dengan baterainya?

Disini Microsoft patut diacungi jempol karena pihaknya menuangkan perhatian penuh terhadap fitur yang satu ini demi memanjakan para calon penggunanya yang memiliki mobilitas tinggi.

Dalam pengumuman perilisannya di New York, Microsoft menyatakan bahwa laptop terbarunya ini sanggup bertahan hingga 12 jam dalam penggunaan normal. Akibatnya, jika Anda yang sudah terbiasa mencari colokan untuk charging kemanapun Anda pergi, sekarang kebiasaan itu akan lebih jarang dilakukan.

 

Lalu apa alasan laptop tersebut disebut “Macbook Pro Killer” ?

Selain karena lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan Macbook Pro, Surface Book juga memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki MacBook Pro yaitu layarnya yang dapat dilepas dan beralih fungsi menjadi sebuah tablet.

Pada ujung yang menghubungkan antara layar dan keyboard, terdapat tumpuan yang jika dilihat lebih dekat, adalah sebuah tumpuan yang tingkat keamanannya sangat tinggi untuk memasang dan melepas layar. Namun, ada yang harus dibayar untuk keamanan tinggi tersebut.

Yaitu, ketika ingin melepaskan layar sehingga menjadi sebuah tablet, Anda harus menekan sebuah tombol dengan cukup lama sebelum akhirnya kunci yang mengikat layar dengan keyboard terlepas. Dan jika dibandingkan dengan surface Pro 4 atau Surface Pro 3 yang keyboard dengan layarnya mudah dilepas adalah sebuah kesalahan yang cukup signifikan dari Microsoft.

Selain itu, hal lain yang membuat laptop ini sampai disebut sebagai “MacBook Pro Killer” adalah klaim dari Microsoft yang menyatakan bahwa kecepatan dari prosesor Core i5 dan i7 generasi keenam yang dibenamkan dalam laptop ini memiliki kecepatan hingga dua kali lebih cepat dibandingkan macbook Pro.

 

Perbandingan dengan MacBook Pro 13 inch

Bagi Anda yang mungkin penasaran apa beda MacBook Pro dengan Surface Book, di bawah ini akan diulas tentang perbedaan mendasar dari kedua laptop tersebut dari berbagai aspek.

1. Ukuran

Jika dilihat dari dimensi dari kedua laptop, Surface Book dan MacBook Pro, yang membedakan keduanya hanyalah lebar dan ketebalannya secara keseluruhan dimana Surface Book lebih tebal 0,4cm dibandingkan MacBook Pro dan lebih lebar 2cm.

 

2. Penyimpanan

Untuk penyimpanan SSD-nya, Surface Book lebih unggul karena SSD tertinggi yang dibenamkan dalam laptop tersebut 2x lebih besar dibandingkan SSD pada Macbook pro dimana SSD yang ditawarkan untuk kedua laptop tersebut adalah 1TB dan 512GB.

 

3. Layar

Jika pada MacBook Pro terdapat Retina Display, maka pada Surface Book terdapat PixelSense dimana menurut Microsoft layar pada Surface Book dapat menampilkan warna dari sRGB secara keseluruhan. Pada Surface Book, resolusi yang ditawarkan lebih besar dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inch, yaitu dengan resolusi sebesar 3000 x 2000 pixels dengan tingkat densitas 267 PPI.

 

4. Baterai

Diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 12 jam oleh Microsoft dalam pemakaian normal, mungkin tidak begitu mengejutkan bagi mereka para pengguna MacBook Pro. Karena baterai pada MacBook Pro sendiri memiliki daya tahan hingga 12 jam dalam pemakaian normal, 10 jam dalam pemakaian normal sambil terhubung ke internet, dan 30 jam waktu stand by.

 

5. Grafik dan RAM

Jika pada Surface Book VGA yang digunakan adalah Intel HD 520, pada MacBook Pro sudah terpasang Intel Iris 6600. Mungkin jika dibandingkan, Intel Iris 6600 memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan Intel HD 520. Akan tetapi, pada Surface Book memiliki VGA lainnya selain Intel HD 520 yaitu VGA dari Nvidia GeForce yang belum dipublikasikan oleh Microsoft tentang tipe dari VGA tersebut.

Sedangkan untuk RAM yang digunakan pada kedua laptop tersebut adalah 8GB. Namun, pada Surface Book terdapat pilihan untuk menggantinya dengan RAM 16GB.

 

Penutup

Bagi mereka yang berminat untuk membeli Surface Book dapat memulai untuk melakukan Pre-Order di situs resmi Microsoft.

Harga yang ditawarkan sendiri beragam mulai dari 1,499 USD hingga 2,699. Dimana tipe terendah dan termurahnya memiliki spesifikasi dasar Intel generasi keenam Core i5, RAM 8GB dan SSD dengan kapasitas 128GB.

Sedangkan untuk tipe termahalnya memiliki spesifikasi Core i7 generasi keenam, RAM 16GB, SSD dengan kapasitas 512GB dan VGA tambahan dari Nvidia. [FM]

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Spidol

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel