Sekarang Foto Profil di Facebook Bisa Pakai GIF Lho!

2 Oct 2015 11:00 4021 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gunakan gambar GIF agar Facebook Anda lebih menarik.

Tidak kalah dengan Twitter yang melakukan perubahan besar-besaran tapi secara bertahap, Facebook juga melakukan perubahan yang cukup signifikan terhadap fitur PP (Profile Picture) di aplikasi media sosial tersebut.

Apa perubahannya?

Walaupun Facebook bukan yang pertama kalinya dapat menggunakannya, tapi perubahan dimana para pengguna Facebook dapat menggunakan rekaman video singkat atau gambar dengan format GIF sebagai profile picture-nya direspon sangat positif dari para penggunanya.

Perubahan di atas juga disertai dengan fitur tambahan lainnya yaitu kemampuan bagi pengguna untuk memasang profile picture yang sifatnya sementara.

Artinya, foto atau gambar yang pengguna jadikan sebagai profile picture akan berubah kembali ke profile picture yang sebelumnya atau yang sudah pengguna tetapkan.

Mengutip pernyataan para manajer produksi Facebook yaitu Aigerim Shorman dan Tony Hsieh pada blog milik Facebook, “Fitur tersebut dapat berfungsi sebagai status berbentuk visual untuk memperlihatkan apa yang sedang terjadi pada kehidupan Anda hari ini, atau juga dapat merupakan pernyataan yang menyatakan solidaritas terhadap apa yang sedang Anda dukung sekarang.”

Dari segala perubahan yang dilakukannya, terdapat masih sedikit kekurangan yang mungkin membuat sebagian pengguna kecewa.

Yaitu tentang format dari gambar GIF yang kita unggah ke Facebook, dimana format tersebut hanya berformat video dan bukan true GIF seperti kebanyakan gambar bergerak yang Anda lihat di internet.

 

Kapan saya dapat menggunakan fitur tersebut?

Untuk sementara waktu, fitur terbaru dari Facebook itu hanya dapat dinikmati sebagian pengguna iOS saja, baik itu iPhone ataupun iPad.

Bagi Anda para pengguna perangkat iOS dan memiliki aplikasi Facebook di perangkat Anda cobalah untuk mengecek di bagian “More” kemudian “klik” pada nama Anda.

Jika Anda melihat jendela seperti di bawah ini pada perangkat iOS Anda, berarti Anda sudah dapat menggunakan fitur terbaru pada Facebook yang baru beberapa hari lalu diimplementasikan.

Video yang dapat Anda jadikan profile picture hanya dapat berdurasi maksimal selama 7 detik saja, jadi jangan heran jika beberapa atau banyak video yang Anda miliki tidak dapat dijadikan PP.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ke galeri pada smartphone Anda untuk mengedit video tersebut agar sesuai dengan persyaratan yang diberikan Facebook. Atau untuk lebih mudahnya, ambil saja video baru yang lama durasinya adalah 7 detik. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel