5 Situs dan Tools Produktivitas Gratisan untuk Startup Business Anda

25 Sep 2015 09:00 3057 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Situs dan tools yang sangat bermanfaat untuk startup

Membangun sebuah perusahaan startup memang tidak mudah. Kecuali jika Anda memang telah berpengalaman bekerja di sebuah perusahaan sejenis yang telah paham betul seluk-beluk, kelemahan dan kekurangan dalam manajemen dan kegiatan usaha dari industri yang ingin dijalani, ada kemungkinan Anda akan menghadapi banyak tantangan dan kendala di tahap-tahap awal usaha.

Namun begitu, dalam usaha apapun dan dalam bentuk perusahaan bagaimanapun, ketekunan dan ketabahan dalam menghadapi tantangan adalah kunci yang penting dalam mempertahankan apalagi meningkatkan produktivitas.

Selain itu, tidak ada salahnya memanfaatkan berbagai tools produktivitas gratis yang bisa Anda manfaatkan dalam kegiatan usaha startup. Lima situs web yang menawarkan productivity tools ini misalnya, bisa membantu Anda dalam berkegiatan usaha startup.

 

1. RememberThemilk.com

5 Situs dan Tools Produktivitas Gratisan untuk Startup Business Anda

Dalam kegiatan usaha startup, para awak perusahaan biasanya harus siap bekerja multi-tasking. Ini karena perusahaan startup biasanya memiliki tim dengan anggota yang sangat sedikit sehingga satu orang anggota tim harus mampu mengerjakan berbagai tugas sekaligus.

Tanggung jawab tugas yang keroyokan seperti ini bisa-bisa membuat karyawan bingung dan tersesat dalam penjadwalan dan manajemen produktivitasnya. Nah, RememberTheMilk.com adalah situs yang menyediakan tools online yang membantu Anda dalam manajemen tugass dan waktu.

Hampir seluruh fitur dan fungsi yang membantu penjadwalan dan manajemen tugas tersedia di sini, seperti task manager, kalender, dan daftar tugas (to-do list).

Aktivitas dengan RememberTheMilk.com dapat diintegrasikan dengan berbagai cara dan media lainnya. Anda bisa mengintegrasikannya dengan Evernote, Gmail, Google Calendar, Twitter, bahkan Siri dan Microsoft Outlook. RememberTheMilk juga menyediakan aplikasi untuk smartphone bersistem operasi Android, BlackBerry 10, iPad, dan iPhone.

 

2. Waveapps

5 Situs dan Tools Produktivitas Gratisan untuk Startup Business Anda

Urusan keuangan adalah urusan vital dalam setiap perusahaan, apapun bentuk dan industrinya. Toh, tujuan setiap perusahaan adalah mendapatkan keuntungan finansial dan memberikan imbalan finansial juga kepada orang-orang yang terlibat di dalam kegiatan usahanya.

Untuk membantu Anda dalam mengatur catatan keuangan dan pembukuan perusahaan startup Anda, ada satu situs keren yang aplikasi-aplikasinya bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pencatatan invoice, pembukuan, penggajian, dan pembayaran, dan arsip nota. Situs ini bernama WaveApps.com—dulunya disebut WaveAccounting.

Aplikasi yang ditawarkan WaveApps adalah 100% gratusan, aman, dan didukung penggunaannya oleh para akuntan. Aplikasi WaveApps gratis untuk digunakan oleh perusahaan kecil dengan jumlah karyawan 9 orang atau kurang.

 

3. Kolab.org

5 Situs dan Tools Produktivitas Gratisan untuk Startup Business Anda

Kolab adalah sebuah aplikasi server yang bertindak sebagai penghubung kolaborasi beberapa groupware yang dijalankan oleh para penggunanya. Dengan bantuan Kolab.org, Anda dapat berbagi catatan, akses e-mail, organisasi dan penjadwalan kalender, manajemen tugas, berbagi buku kontak, newsfeed, dan berbagai macam tugas tim lainnya.

Dari tampilannya, Kolab mungkin agak membingungkan untuk para penggunanya. Tetapi setelah beberapa pembiasaan dan pemahaman yang baik, aplikasi Kolab.org akan sangat membantu bagi tim kerja Anda. Data-data yang di-manage oleh Kolab juga terjaman keamannnya.

Selain itu, Kolab adalah program cross-platform yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi (Windows, Linux, dan Mac OS) open-source sehingga terbuka untuk pengembangan lebih lanjut, dan tentunya gratisan.

 

4. Weebly

Salah satu faktor penting dari bisnis apapun di zaman Internet dan media maya ini adalah situs web yang menarik, informatif, dan senantiasa up to date. Situs web dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari penyampaian informasi tentang produk yang ditawarkan maupun yang sedang dalam pengembangan, layanan pembelian online, atau sebagai media interaksi antara pelanggan dengan perusahaan.

Namun sayangnya tidak semua orang jago membangun situs web yang keren dan tampak profesional. Weebly adalah solusi bagi Anda yang ingin membangun sebuah situs web yang tampak keren dan profesional. Weebly menyediakan berbagai desain web dengan tema yang menarik, antarmuka editor yang mudah digunakan, dan fokus pembuatan web untuk aplikasi mobile, blogging, ataupun e-commerce.

 

5. IFTTT

IFTTT adalah singkatan dari IF This Then That, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi “jika begini maka begitu”. IFTTT pada dasarnya adalah tool otomatisasi yang memanfaatkan integrasi berbagai media. Orang yang pernah mempelajari pemrograman komputer pasti paham sekilas bagaimana cara kerja IFTTT dari istilah yang dikemukakan tadi.

IFTTT kurang lebih membuat otomatisasi aksi dari suatu aksi yang lain. Otomatisasi ini dijabarkan dalam suatu recipe (resep). Dengan recipe tersebut, Anda menjabarkan koneksi antara suatu media dengan aplikasi. Ada dua jenis recipe: DO atau IF.

Resep IF berjalan secara otomatis tanpa interaksi pengguna. Resep ini misalnya diatur agar ketika Anda mengeposkan suatu gambar di Instagram, gambar tersebut secara otomatis tersimpan pula di Dropbox. Resep DO adalah resep yang dieksekusi ketika Anda mengeklik suatu tombol. Resep DO dapat digunakan pada ponsel bersistem operasi iOS dan Android dengan menginstal aplikasi DO.

About The Author

Shafwan Nugraha 74
Bolpoint

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel