Tips Memilih Hewan Kurban

21 Sep 2015 17:27 3584 Hits 0 Comments
Hari Raya Idul Adha memang tinggal mengitung hari lagi, bagi umat muslim yang tahun ini berencana untuk berkurban

Hari Raya Idul Adha memang tinggal mengitung hari lagi, bagi umat muslim yang tahun ini berencana untuk berkurban, Jangan sampai maksud hati ingin berkurbah eh malah jadi korban, untuk itu jangan terburu – buru membeli hewan kurban, serta jangan terpengaruh dengan harga yang begitu murah.

Sebaiknya Anda teliti dahulu sebelum membeli hewan kurban, misalkan cek dahulu usianya, berat badan hewan kurban, dan kondisi badannya, supaya tidak tertipu.

Disini saya akan  berbagi tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli hewan kurban, diantaranya :

1. Hewan ternak

Pastikan hewan yang anda beli itu adalah hewan ternak, hewan ternak itu adalah sapi, kambing, domba, atau unta.


2.Usia

Setelah anda memilih hewan yang akan dikurbankan, baik itu sapi ataupun domba, langkah kedua yaitu cek usia hewan kurban yang akan Anda beli, misalnya untuk pembelihan hewan :

  •  sapi

Pastikan umur Sapi minimal sudah mencapai umur 2 tahun dan telah masuk  tahun yang ke-3.

  • Domba atau kambing

Pastikan umurnya minimal 6 -7 bulan, tapi yang lebih baik carilah domba, atau kambing yang telah berumur 1 tahun.

Cara melihat domba, atau kambing itu dewasa adalah dengan cara melihat giginya, jika gigi sudah seri, dan sudah ada sepasang yang sudah permanen, maka domba, atau kambing itu sudah digolongkan sebagai hewan yang dewasa, dan bisa dijadikan sebagai hewan kurban.


3. Tidak cacat

Yang di maksud Cacat disini adalah tidak luka, dan salah satu bagian tubuhnya tidak ada yang kurang ( tidak lengkap)

  • Domba atau Kambing

Cara melihat domba, atau kambing itu cacat, atau tidak, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara visual, dan palpasi ( perabaan ).

1. Secara Visual

Melihat secara Visual, Jika Anda lihat domba atau kambing itu menarik, segar, dan sehat. Biasanya Anda tidak akan salah memilih, seperti matanya berbinar, mulutnya terlihat sehat, kulitnya pun berwarna baik dan bulunya halus.

2. Palpasi (Perabaan)

Tapi jika anda merasa kurang yakin Anda bisa merabanya atau melakukan palpasi, dengan cara meraba bulu domba, atau kambing jika terasa halus akan terasa perdagingannya, maka hewan itu sehat.

Karena domba dan kambing sangat berbeda dengan hewan ternak lainnya, jadi palpasi (perabaan ) itu harus dilakukan, karena jika tidak dilakukan palpasi.

Bisa saja domba yang ternyata kurus tapi memiliki bulu yang tebal seolah – olah seperti besar, supaya Anda tidak tertipu carilah domba yang sudah dicukur.

  • Sapi

Untuk membedakan sapi itu sehat atau tidak diantaranya :

  1. Yang harus kita lakukan adalah melihat matanya, karena mata sapi yang sehat, matanya akan terlihat jernih, dan terlihat ceria. Jadi jangan pernah memilih sapi yang matanya sayup, atau berair.
  2. Kita bisa lihat dari bulunya, jangan pernah membeli hewan sapi yang bulunya berdiri karena itu bisa menandakan bahwa sapi itu cacingan, atau sapi itu tidak sehat.
  3. Lihat hidungnya, pilih hidung sapi yang basah, tapi  tidak terlalu basah.
  4. Performa tubuh fisik, yang paling mudah dilihat apakah cacat atau tidak yaitu punggungnya harus datar, tidak terlihat tonjolan – tonjolan tulang.
  5. Biasanya sapi yang panjang akan menghasilkan daging yang banyak, jadi carilah sapi yang panjang
  6. Carilah sapi yang bokongnya bulat agar perdagingannya bagus


Mungkin tips ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membeli hewan kurban.
    

 

Tags

About The Author

Asep Sovian 54
Expert

Asep Sovian

Bismillah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel