5 Smartphone dengan RAM 5GB

20 Aug 2015 17:00 21828 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone dengan kemungkinan memiliki ram 5GB

Jika sekarang banyak produsen smartphone yang latah menghadirkan RAM 4GB, mungkinkah dalam waktu dekat akan ada smartphone dengan RAM lebih besar? 

Katakanlah tahun depan (2016), akan hadir smartphone dengan RAM 5GB. Mungkinkah Bisa? 
Jawabannya sangat mungkin. 

Saya termasuk orang yang percayan bahwa teknologi akan terus berkembang cepat dan membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Toh, tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa di masa sekarang perangkat virtual reality bisa terjadi. 

Bukan masalah besar rasanya jika para produsen mengahdirkan smartphone dengan RAM 5GB. Hanya saja apakah RAM 5GB memang sudah benar-benar perlu? 

Ketika saya menggunakan LG G4, saya merasa performa yang dihadirkan sudah cukup baik bahkan terkesan lebih baik dengan hanya 3GB saja. Tentu saja Asus Zenfone 2 yang memiliki RAM 4GB bisa memberikan kemampuan lebih. 

Jadi,, pentingkah RAM yang besar? Ketika RAM 3GB sudah cukup mumpuni. 

Tapi tak apa, toh biarkan para produsen iitu mengahdirkan smartphone gahar biar kita, sebagai konsumen bisa terkagum-kagum. Yah hanya terkagum-kagum karena biasanya spesifikasi tinggi berbanding lurus dengan harga yang sangat mahal. 

Mungkin, hanya sebagian dari kita yang akan membelinya. 

Oke! Tidak ada salahnya bagi kita untuk melihat kemungkinan besar di tahun yang akan datang ada smartphone dengan RAM 5GB. Kira-kira smartphone seperti apa saja yang akan hadir dengan kapasitas besar ini? Saya sudah merangkumnya untuk Anda pembaca Plimbi. 


1. HTC One M10 atau HTC Aero

HTC dikabarkan pernah menghadirkan produk bernama HTC  Volantis. Produk ini adalah sebuah tablet yang dbekali RAM 5GB. Tapi, kabar ini ternyata tidak tepat karena produk tersebut adalah HTC Nexus 9 dengan RAM 2GB. 

Tentu saja impian menghadirkan gadget dengan RAM 5GB masih tetap memungkinkan. Terlebih HTC memang akan menghadirkan smartphone andalan yang sering disebut dengan kode HTC Aero. 

Ada kemungkinkan produk tersebut adalah HTC One M10.  Produk ini kemungkinan hadir dengan chipset Snapdragon 820, layar 5,5 inch Quad HD dengan layar Gorilla Glass 3. 

Memori internalnya adalah 64GB dengan dukungan slot microSD 128GB. Yang cukup menarik adalah kamera pada smartphone ini dikabarkan akan dbekali kamera belakang 27MP dengan kamera depan 5MP. 

Tentunya, jika produk dari HTC ini benar menggunakan RAM 5GB, rasanya spesifikasi yang ditawarkan akan benar-benar memikat. Kalau harganya terjangkau, saya pasti akan membelinya. Sayangnya, produk HTC selalu dibanderol dengan harga mahal. 

 

2. LG G5 

Tidak berlebihan jika menyebut LG G4 menjadi salah satu produk LG yang terbaik. Tapi, bagaimana jika nantinya LG menghadirkan LG G5? 

Saya berpikir LG G5 ini akan memiliki spesifikasi yang lebih baik. Bisa jadi, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 820. 

Untuk RAM? Kemungkinan besar LG G5 akan dibekali RAM 4GB. Tapi, saya pikir tidak ada salahnya bagi LG untuk membekali smartphone ini dengan RAM 5GB. Alasannya, RAM 4GB akan dibenamkan pada produk LG yang lain, LG G Pro 3. 

Spesifikasi lain produk ini memang belum terkuak. Tapi, tidak ada salahnya berharap ada RAM 5GB tersemat didalamnya. Ada chipset Snapdragon 820, layar 5,6 inci Quad HD dengan keraptan layar 545 ppi, dan baterai 4100mAh. 

Sisi kamera, saya tidak akan banyak komentar karena kamera LG G5 dipastikan akan memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan LG G4. 


3.  Samsung Galaxy S7 

Tahun 2015, Samsung menghadirkan perangkat Galaxy S6. Tidak aneh jika kemudian Galaxy S7 bakal hadir tiap tahunnya. Di tahun 2016 nanti, Galaxy S7 bisa saja hadir dengan spesifikasi tinggi , termasuk RAM 5GB. 

Samsung Galaxy S7 ini kemungkinan besar hadir dengan layar 5,5 inci dengan dukungan layar Quad HD. Prosesor yang digunakan bisa menggunakan Snapdragon kelas atas atau malah Exynos yang lebih tinggi dibandingkan yang digunakan pada Galaxy Note 5. 

Ada rumor yang cukup mengejutkan jika memori internal Galaxy S7 akan dbekali dengan kapasitas 43GB.Sebuah hitungan kapasitas yang cukup aneh. Selain itu, baterainya akan tersemat kapasitas baterai 4000 mAh. 

 


4.  Asus Zenfone 3 

Saya berpikir jika Asus akan melakukan gebrakan lain dengan seri Zenfone generasi ketiga. Mari sebut saja produk tersebut dengan nama Asus Zenfone 3. 

Asus Zenfone generasi pertama dengan tiga varian berhasil memikat pengguna, terutama di Indonesia. Zenfone 2 atau generasi kedua apalagi. Smartphone ini jadi pusat perhatian dengan RAM 4GB-nya. 

Nah, kemungkinan besar memang akan ada kejutan pada Zenfone 3. Yang paling memungkinkan adalah RAM 5GB, kamera 16MP dan 8MP, dengan prosesor Intel Atom Z3590 quad-core 2,5 Ghz. 

Penggunaan layar 5,5 inci dengan resolusi Quad HD dan kapasitas baterai 3500 mAh atau lebih juga sangat mungkin akan dibenamkan Asus. 


5. Xiaomi Mi 6 

Kuat dugaan bahwa Xiaomi Mi 6 akan hadir dengan MediaTek Helio X20. Ada juga yang menyebutkan jika smartphone ini dibekali dengan chipset Snapdragon 820. 

Apapun jenis chipset-nya, rasanya tidak berlebihan jika saya berharap Xiaomi membenamkan  RAM 5GB pada smartphone ini. Akan sangat menarik terlebih nama besar Xiaomi akan membuat banyak orang terkesima jika Xiaomi benar-benar menyematkan RAM 5GB. 

Xiaomi Mi 6 sendiri kemungkinan besar hadir dengan layar  beresolusi Ultra HD. Dimensi layarnya mungkin 5,1 inch. Beberapa sumber bahkan mengahbarkan jika smartphone ini akan dibekali dengan layar 5,5 inci. 

Yang cukup menarik dari rumor tentang Xiaomi Mi 6 adalah kamera. Banyak yang beranggapan jika kamera yang akan tersemat di smartphone ini adalah kamera 23MP dengan kamera belakang 8MP. 


Nah, itulah, 5 smartphone yang menurut saya memiliki potensi untuk memiliki RAM 5GB. Tentunya ini hanya opini saja jikalah nanti kelima produsen smartphone ternyata tidak menghadirkan smartphone dengan RAM 5GB. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel