Pilih WIndows 10 Home atau Pro?

29 Jul 2015 08:11 25950 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perbedaan antara  Windows 10 Pro dan Windows 10 Home

Windows10 tersedia dalam dua varian yaitu Windows 10 Pro dan Windows 10 Home.

Windows manakah yang akan Anda pilih dan gunakan sebagai penunjang aktivitas berkomputer?

Berbeda dengan Windows 7, OS untuk komputer pribadi ini hanya tersedia dalam dua varian. Kedua varian ini adalah hasil akhir setelah Microsoft mengeliminasi lima dari tujuh nama varian.

Windows 10 Pro tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Windows 10 Home. Perbedaan mencolok dari kedua varian itu adalah keanekaragaman fiturnya, tidak seperti Windows 7 dan 8.1 yang antara variannya tidak memiliki fitur berbeda jauh.

Pilih WIndows 10 Home atau Pro?

gambar via element14.com

Apa saja isi Windows 10 Home?

Windows yang lebih inferior dari versi Pro nya ini hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk Start Menu yang sudah di desain ulang.

Setelah sebelumnya hilang dari perabadan sejak 3 tahun lalu setelah munculnya Windows 8, Start Menu kembali berkat jasa para penggemarnya.

Dalam Windows versi ini juga, Anda akan mendapatkan versi penuh dari Cortana, yaitu sebuah asisten suara yang sebelumnya hanya ada di ponsel pintar Windows. Selain itu ada juga TPM Support, Battery Saver dan juga sistem sekuriti terbaru dari Microsoft bernama Windows Hello.

Bagi mereka yang masih bingung tentang fungsi Battery Saver, fitur ini bekerja dengan cara membatasi aktivitas yang sedang berjalan di belakang layar. Sedangkan TPM adalah sebuah chip mikro yang menawarkan berbagai fungsi yang berhubungan dengan keamanan.

Microsoft menjamin, dengan adanya TPM di dalam perangkat Anda, Keamanan perangkat Anda akan terjamin.

Para pengguna juga dapat menggunakan secara penuh fungsi dari opsi Virtual Desktop, lalu fitur Snap Assist hingga 4 program dalam satu layar.

Dan yang terakhir, anda akan diberikan browser terbaru keluaran Microsoft, yaitu Microsoft Edge.

 

Bagaimana dengan Windows 10 Pro?

Selain seluruh fitur yang tersediah di varian Windows 10 Home, varian yang satu ini menyediakan layanan konektivitas mutakhir dan alat yang menjamin privacy seperti Domain Join, Group Policy Management, Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Remote Desktop, Client Hyper-V dan Direct Access.

Assigned Access 8.1 mengizinkan Anda untuk mengunci akun pengguna lain sehingga pengguna akun tersebut hanya bisa membuka program atau aplikasi tertentu. Sedangkan Bitlocker adalah sebuah alat untuk mengenkripsi drive eksternal.

Lalu apakah anda butuh fitur seperti Client Hyper-V?, apakah aktivitas Anda menuntut anda untuk terhubung dengan domain Windows? Jika semua fitur di atas anda butuhkan, Windows 10 Pro adalah pilihan tepat.

Pilih WIndows 10 Home atau Pro?

gambar via ndtv

 

Windows selain dua varian di atas

Windows 10 Pro dan Home adalah pilihan langsung bagi para pengguna umum. Tapi ternyata, ada varian lain selain dua Windows ini yang dikhususkan untuk sebuah Perusahaan atau Organisasi besar yaitu Windows 10 Enterprise.

Tidak hanya itu, Windows 10 juga ternyata ada versi untuk para pelajar, guru dan staff yang tergabung dalam satu sekolah bernama Windows 10 Students atau dikenal juga dengan nama Windows 10 edisi edukasi.

Sudah cukup?

Tidak, ternyata ada juga Windows 10 Mobile dan Windows Mobile Enterprise. Dan sesuai dengan namanya, Windows ini didesain untuk ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Windows.

 

Harga retail Windows 10

Jika anda pengguna Windows baru atau yang beralih dari versi bajakan. Anda akan dikenakan harga Rp. 1.6jt-an untuk Windows 10 versi Home, dan Rp. 2.6jt-an untuk Windows versi Pro

Tapi, jika anda sebelumnya adalah pengguna Windows 7, 8 atau 8.1 orisinil, makan anda akan mendapatkan free upgrade alias pembaharuan gratis ke windows 10 home.

 

Kesimpulan

Walau hanya tersedia dua varian yang bisa diperoleh oleh konsumen secara umum, kedua varian Windows tersebut memiliki fitur yang jauh berbeda.

Sehingga apapun pilihan anda, pastikan Windows yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. (FM)

 

Via ndtv

Tags Windows 10

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel