Lakukan Ini ketika Anak Anda Hobi Bermain Internet

29 Jun 2015 06:33 2430 Hits 0 Comments
Dukungan orang tua terhadap aktivitas anak dalam berselancar di dunia maya sangat perlu ditingkatkan, sebab berbagai kejahatan siber tengah mengancam kestabilan emosi dan psikologis mereka

Perkembangan internet yang sangat cepat seakan merubah pola fikir serta kebiasaan setiap orang di Dunia. Tak terkecuali anak kecil, jika melihat pada beberapa tahun silam, anak kecil yang berusia 8 hingga 12 tahun lebih suka bermain bersama teman mereka ketimbang duduk manis di depan layar komputer. Namun saat ini, kebiasaan anak tersebut menjadi berubah dan mereka cenderung lebih betah berlama-lama di dunia maya dan berselancar dengan menggunakan akses internet.

Sejumlah orang tua pun mengizinkan jika anaknya sering bermain internet dan cenderung memberikan kebebasan kepada mereka. Namun sayang, kebebasan yang diberikan itu tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup mengenai keamanan berinternet.

Tanpa orang tua sadari, sebenarnya banyak sekali bahaya yang mengintai anak mereka ketika bermain internet seprti, cyber Bullying, mengakses konten yang berbau kekerasan, pornografi serta SARA dan propaganda, bahkan sang anak juga dapat disusupi oleh Hacker yang mencoba meretas IP Adress dari komuter si anak.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Karena beberapa tips agar orang tua lebih sadar dan menjaga anak mereka dengan berinternet sehat telah kami siapkan khusus untuk anda.

  • Memberikan edukasi kepada sang anak tetang bahaya online
  • Gunakan perangkat lunak Parental Control untuk membuat batasan mengenai apa saja yang diperbolehkan, berapa lama waktu (dan kapan) yang mereka bisa habiskan untuk online, konten apa saja yang diblokir serta jenis kegiatan apa yang harus diblokir (chat room, forum, dan lain-lain). Filter Parental Control dapat dikonfigurasi dengan profil komputer yang berbeda-beda, dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan filter bagi anak-anak Anda yang berbeda usia.
  • Lindungi komputer Anda dengan menggunakan perangkat lunak keamanan Internet.
  • Menetapkan dasar aturan yang jelas tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan ketika online dan menjelaskan mengapa Anda memberlakukan hal tersebut kepada mereka. Anda juga harus meninjau ulang kembali aturan ini kepada anak Anda ketika mereka beranjak dewasa.
  • Jangan lupa dengan smartphone anak Anda. Perangkat ini adalah komputer canggih dan bukan sekadar telepon saja. Kebanyakan smartphone kini disertai dengan kontrol orangtua dan penyedia perangkat lunak keamanan yang dapat menawarkan aplikasi untuk menyaring konten tidak pantas, pengirim pesan SMS gangguan, dan lain-lain.

demikianlah beberapa tips yang kami hadirkan untuk anda, bagi anda yang mempunyai tips lain atau pengalaman tentang bahaya internet, silahkan memberikan komentar pada artikel ini. (rie)

Tags

About The Author

Juanda san 49
Ordinary

Juanda san

Writer and blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel