Beberapa Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

10 Jun 2015 11:30 57389 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menghemat energi listrik di rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah.

 

Cara Menghemat Energi Listrik-Listrik tak ayal lagi menjadi salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa tergantikan saat ini. Hampir seluruh keperluan dan kegiatan menggunakan energi listrik. Mulai dari televisi, memasak nasi, lampu, isi ulang baterai hape dan laptop, dan lain-lain. Terkadang mungkin saja Anda merasa terkejut dengan jumlah biaya listrik yang harus dibayar setiap bulannya. Hal tersebut mungkin saja karena penggunan peralatan listrik dan banyak dan ada beberapa yang tidak terkontrol.

Menghemat listrik tidak hanya akan menguntungkan Anda sebagai pengguna listrik, tetapi juga membantu negara untuk lebih menghemat lagi energi listrik di negeri ini. Kesadaran untuk menghemat listrik ini sebaiknya ditularkan kepada orang lain agar mereka juga sadar, pentingnya dan bermanfaatnya menghemat listrik itu. Berikut uraian tips dan cara menghemat listrik di rumah.

 

Menyalakan Listrik untuk Hal-Hal yang Diperlukan Saja

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam langkah menghemat listrik adalah dengan hanya menyalakan listrik jika diperlukan saja. Misalnya, menyalakan lampu-lampu di rumah ketika hari sudah mulai gelap, segera matikan lampu-lampu saat pagi hari, matikan televisi jika tidak ditonton, cabut kabel-kabel seperti kabel telvisi, kabel radio, atau kabel charger jika sudah tidak digunakan sehingga listrik tidak terus mengalir, dan lain-lain.

Baca Juga 

Tips Hemat Listrik dengan Tidak Sering Charge Smartphone 

Menghemat Energi pada Laptop Anda 

 

Beberapa Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Menggunakan Lampu Hemat Energi

Penggunaan lampu hemat energi saat ini sudah banyak dilakukan. Harga dari lampu hemat energi umumnya cukup tinggi, akan tetapi tahan lama sampai bertahun-tahun, aman, hemat energi, dan memiliki resiko kecil terjadinya korsleting lsitrik. Usahakan semua ruangan menggunakan lampu energi ini sehingga Anda bisa menekan jumlah biaya listrik rumah Anda.

Baca Juga 
Teknologi Lampu Remote 

 

Menggunakan Kulkas dengan Bijak

Kulkas memiliki banyak fungsi di antaranya membuat es, membuat bahan makanan menjadi lebih awet, dan bisa mendinginkan air biasa. Untuk membantu penghematan listrik, jika tidak sedang membuat es, maka sebaiknya gunakan suhu paling tinggi (artinya tidak terlalu dingin dan tidak bisa membuat es), tidak langsung memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas, membersihkan bagian kondensor yang terletak di belakang kulkas dengan rutin, dan mematikan dulu kulkas ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Bijak dalam Menggunakan Pompa Air

Bagi Anda yang menggunakan pompa air listrik untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari di rumah, sebaiknya menggunakan tangki yang berfungsi sebagai penampung air yang umum disebut juga dengan toren. Hal ini akan membuat air tertampung banyak sehingga Anda tidak harus selalu menyalakan pompa air saat membutuhkan air. Gunakan juga pompa air dengan sistem kontrol otomatis, memiliki tingkat efisiesnsi yang baik dan tinggi, serta jenis pompa yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Memanfaatkan Sinar Matahari untuk Kebutuhan Penerangan Siang Hari

Pemanfaatan masuknya sinar matahari secara optimal ke dalam rumah bisa membantu Anda untuk lebih bisa menghemat listrik. Ketika Anda membangun rumah, perhatikan bagian pencahayaan salah satunya jendela-jendela yang akan membantu setiap ruangan di rumah Anda mendapatkan cahaya dari luar dengan baik.

Baca Juga
Hambatan Teknologi Solar Cell Sebagai Pemanfaatan Energi Matahari
Mitos dan Fakta Mengenai Energi Matahari dan Sel Surya

 

Menggunakan Mesin Cuci dengan Bijak

Mesin cuci memang banyak membantu Anda untuk bisa menghemat waktu dalam hal mencuci. Hanya saja, penggunaan yang kurang tepat malah akan membuat tagihan listrik rumah Anda membengkak. Pertama, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang sesuia dengan jumlah pakaian yang akan dicuci. Kedua, gunakan mesin cuci sesuia dengan kapasitas mesin cuci tersebut, jika jumlah cucian melebihi kapasitas dari mesin cuci maka akan semakin menambah beban pada pemakaian listrik. Ketiga, menggunakan bagian pengering cucian hanya ketika matahari tidak bersinar terik atau hari hujan.

 

Selektif dalam Memilih dan Menggunakan Setrika Listrik

Setrika menjadi salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki karena fungsinya untuk merapikan pakaian yang kusut. Aturlah panas setrika sesuai dengan jenis bahan pakaian yang akan disrtrika, memilih setrika yang memiliki pengatur suhu otomatis, dan segera mematikan setrika setelah digunakan dan jika hendak melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lain dulu.

Teliti dan hemat dalam penggunaan listrik bisa membantu mengatur pengeluaran bulanan Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih memerhatikan pemakaian dan kelayakan dari alat-alat elektronik yang dimiliki. Demikianlah pembahasan tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menghemat listrik.[DIA]

 

                                                                                                                                                         

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel