Begini Cara Instal Chrome OS di PC Desktop

27 Jun 2015 19:00 19190 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mau coba OS Google Chrome di komputer Anda ini cara gampangnya untuk mendapat OS terbaru Chrome

Cara Instal Chrome OS  di PC-Mau mengubah komputer lama Anda menjadi Chromebook? Google tidak menyediakan secara resmi OS S Chrome untuk komputer jadul, tetapi ada cara instal OS Chromium open source ke PC Anda. Tidak sulit untuk melakukannya. Anda bisa menjalankan OS ini dari flash disk. Kalau mau menginstalnya ke komputer Anda langsung itu juga bisa jadi pilihan karena OS Chrome sebenarnya tidak seberat OS lain seperti Windows atau Linux. Namun, user interface pada produk ini dirancang minimalis seperti browser, aplikasi office dan aplikasi lain karena produk yang diluncurkan pada 7 Juli 2009 ini dirancang khusus untuk orang yang banyak menghabiskan waktu di internet.

 

Perlukah Anda melakukan ini?

Software OS Chrome hanya sebagian dari Chromebook. Chromebook didesain untuk menjadi sederhana dan mendapat update langsung dari Google. Jika Anda menginstal Chromium OS atau sistem operasi yang sama pada komputer Anda sendiri, Anda tidak akan mendapat update otomatis dari Google seperti update di Chromebook. Harga Chromebook cukup murah (jika Anda ingin membelinya) bila Anda ingin mendapat fitur penuh dari OS ini. Tetapi, bila Anda ingin mencobanya terlebih dahulu Anda dapat menggunakan PC lama untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstalnya di PC.

 

Chromium OS

Chromium OS adalah proyek open-source yang berbasis Chrome OS. Ini mirip seperti Google Chrome. Google tidak menyediakan download untuk setiap komputer, hanya sebuah recovery images untuk Chromebook. Itulah mengapa Anda butuh membuat Chromium OS yang dibuat oleh penggemar  OS ini. Anda dapat menginstalnya di komputer langsung, flash disk atau mesin virtual. Buatan Hexxeh yang paling baik dulunya, tetapi sekarang sudah out-of-date. Sekarang, Anda bisa mencoba buatan Arnold Bat. Jika Anda menggunakan Windows, gunakan program ekstrak file seperti 7-zip untuk mengekstrak file dan menyalinnya ke USB menggunakan Win32 Disk Imager. Dengan itu, Anda bisa booting dan memainkan Chrome melalui flash disk.

 

Chrome di Windows 8.1

Anda juga bisa mencoba ini di Windows 8.1, tidak ada OS alternatif lain. Gunakan Google Chrome “Windows 8 Mode” untuk mendapatkan OS Chrome versi desktop. Anda bahkan dapat memaksa Windows 8.1 untuk boot ke OS Chrome desktop dan menonaktifkan akses ke Windows. Ini mungkin agak konyol, tetapi memang OS Chrome ini tidak bekerja sama sekali di Windows 8. OS ini juga tidak bekerja di Windows 10 atau versi lainnya. Sekali lagi, Windows membuat perubahan yang signifikan untuk versi-versi OS-nya. Anda harus perhatikan ini bila tidak ingin ada masalah nantinya. Yang paling aman adalah instal di mesin virtual atau flash disk.

Baca: Cara Menginstal Mesin Virtual  VMware Workstation

 

Chromixium

Chromixium semacam gabungan antara Ubuntu dengan Chrome OS. Versi desktop secara default dirancang untuk terlihat seperti Chrome OS dengan fokus pada browser dan aplikasi web. Namun, versi ini bisa menjalankan aplikasi standar Linux desktop termasuk yang closed-source seperti Skype, Steam dan Minecraft selain Chrome dan aplikasi web. Ini berbasis pada Ubuntu LTS, sehingga memiliki akses ke berbagai perangkat lunak dan mendapat update keamanan. Tentu, itu bukan OS Chrome asli, tetapi itu sama dan memiliki beberapa keuntungan. Jika Anda benar-benar mencari sesuatu seperti Chrome OS, cobalah desktop Linux ini.

 

Versi ringan Linux Desktop

Setiap distribusi ringan Linux dapat bekerja dengan baik, menyediakan desktop minimal agar Anda dapat menjalankan Chrome atau browser lainnya. Bila Anda tidak ingin menginstal versi open-source Chrome OS atau distribusi Linux yang terlihat seperti Chrome, Anda dapat menginstal distribusi Linux yang ringan dan menggunakan Chrome di OS tersebut. Yang di incar pengguna Chrome adalah ringannya OS ini, karena itu versi ringan Linux bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan itu. Secara umum, OS Chrome dan browser Chrome tidak terlalu berbeda, apalagi secara tampilan. Mungkin yang membuatnya sangat berbeda adalah pengalaman menggunakannya.

 

Kesimpulan

Ini tidak akan mengubah PC menjadi Chromebook. Anda tidak akan mendapat update OS Chrome dengan cara ini dari Google dan mereka tidak akan mengoptimasi secara cepat. Jika Anda menggunakan laptop, OS ini tidak akan menawarkan daya tahan baterai yang sama dengan Chromebook. Tetapi, ini adalah jalan terbaik untuk mendapat pengalaman menggunakan OS Chrome secara gratis. Mungkin setelah ini Anda memutuskan untuk membeli Chromebook karena merasa nyaman menggunakannya atau juga ternyata Anda tidak terlalu membutuhkannya karena Anda bukan tipe orang yang banyak menghabiskan waktu di dunia internet.[RIC]

 

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel