Tips Menggunakan Aplikasi Chatting Slack untuk Mengelola Bisnis Anda

7 Aug 2014 16:30 12903 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Menggunakan aplikasi chatting Slack untuk mengelola proyek sangat ideal untuk bisnis solo dan tim. Dengan sedikit pengorganisasian yang cerdas, ini juga dapat bekerja untuk tim yang lebih besar. Jika tim Anda terlalu besar atau proyek Anda terlalu kompleks, pengaturannya akan sedikit berantakan,

Pernahkah Anda menggunakan atau mendengar Slack (https://slack.com/)? Layanan Freemium aplikasi chatting online ini memastikan bahwa komunikasi kelompok menjadi cepat. Fitur aplikasi chatting online ini pintar dan terencana, bebas gangguan UI, platform yang dapat mempermudah pengaturan proyek dan bisnis untuk banyak orang.

 

AKANKAH INI BERGUNA?

Menggunakan aplikasi chatting Slack untuk mengelola proyek sangat ideal untuk bisnis solo dan tim. Dengan sedikit pengorganisasian yang cerdas, ini juga dapat bekerja untuk tim yang lebih besar. Jika tim Anda terlalu besar atau proyek Anda terlalu kompleks, pengaturannya akan sedikit berantakan, dan lebih baik Anda mencari aplikasi chatting yang berbeda. Tentu saja, untuk tujuan kerjasama tim, yang terbaik adalah tetap dengan aplikasi chatting Slack.

 

CARA KONFIGURASI SLACK UNTUK MANAJEMEN PROYEK

Mengatur akun aplikasi Chatting Slack sangat mudah, namun ada beberapa langkah yang harus Anda lewati terlebih dahulu. Isi form Sign Up di Home Page aplikasi Chatting Slack dan ikuti instruksinya.

 

MEMBUAT CHANNEL

Channel adalah inti dari pengaturan komunikasi aplikasi Chatting gratis ini. Ini hanya informasi sederhana atau aliran pesan yang dapat diakses semua orang di dalam tim. Tentu saja, jika Anda adalah tim satu orang, maka mereka akan mencatat untuk diri Anda sendiri. Buat Channel yang berbeda untuk masing-masing proyek, sehingga informasi yang berkaitan dengan masing-masing proyek tetap terorganisir. Sertakan Channel untuk mencatat ide-ide.

Di aplikasi chatting ini Anda bebas membuat banyak Channel. Untuk menjaga Channel tetap teratur, buat Channel tersebut untuk memisahkan proyek-proyek utama Anda. Berikut ini adalah contoh Channel yang bisa Anda buat di aplikasi chatting ini.

MEMBUAT CHANNEL

 

MENGAMBIL CATATAN DENGAN CEPAT

Untuk menuliskan catatan apa saja, kirim Direct Message ke Slackbot, yang memberikan Anda tempat kosong untuk mencatat. Apapun yang diketik pada Scratchpad Default ini hanya Anda saja yang bisa melihat. Solusi ini juga bagus jika Anda sudah menggunakan aplikasi chatting untuk kolaborasi tim, dan ingin sesuatu yang sederhana untuk mengawasi pekerjaan Anda, tanpa harus berurusan dengan kompleksitas akun Slack.

Anda juga dapat membuat grup pribadi pada aplikasi chatting ini dan melewatkan pilihan untuk mengundang anggota ke grup, sehingga konten ini tetap dapat diakses hanya untuk Anda. Namun Slackbot tetap pilihan yang lebih sederhana.

 

Baca juga :

               6 Tips Membeli Laptop di Tahun 2016

               Salah Satu Kementrian Jepang Siap Mengatasi Pembajakan di Internet

 

MENGUBAH FAVORITE MENJADI DAFTAR AGENDA

Ingin menambahkan tugas ke daftar agenda Anda? Ketik tugas sebagai pesan dalam setiap channel, atau di Slackbot, jika Anda adalah bagian dari tim, tekan tombol Enter, kemudian bintangi pesan tersebut. Semua item yang dibintangi tampil di daftar terpisah di http://your-team-url.slack.com/stars. Bagian Starred Items dapat digandakan sebagai daftar agenda Anda. setelah menyelesaikan tugas tertentu, hilangkan tanda bintang pada pesan dan dia akan hilang dari Task Manajer Anda.

Integrasi dengan berbagai aplikasi lain adalah salah satu fitur Slack yang paling berguna. Ini memudahkan Anda membawa data dari akun Anda pada platform tersebut ke Slack. Twitter, Dropbox, MailChimp, dan Google Drive adalah beberapa aplikasi populer yang dapat Anda pilih untuk diintegrasikan dengan akun Slack Anda.

 

MEMBUAT FILE DAN TEMPLATE PENTING DAPAT DIAKSES

Versi gratis aplikasi Chatting Slack menawarkan 5GB ruang. Manfaatkan untuk menyimpan file penting, entah itu Google Docs, PDF, atau gambar. Gunakan fitur Create Snippet untuk mengatur Template untuk konten yang Anda butuhkan secara teratur.

 

MENDAPATKAN NOTIFIKASI DAN PENGINGAT

Atur pengingat untuk berbagai tugas menggunakan integrasi Slack-IFTTT. Anda bisa mengaktifkan pemberitahuan desktop dalam aplikasi chatting Slack, dan mengatur resep IFTTT untuk mendapatkan pengingat, di saluran pilihan Anda.

Dari bagian Account Settings, aplikasi Chatting ini menampilkan sesuatu yang lucu atau menginspirasi setiap kali aplikasi dimuat. Butuh pengingat untuk beristirahat dari komputer Anda? Slack dapat memberitahu Anda berulang kali hingga Anda mulai mengingatnya.

 

MILIKI SLACK BERSAMA ANDA

aplikasi chatting ini bekerja pada beberapa perangkat dan sistem operasi. Baik itu Windows, Mac, tablet Android atau Laptop Linux, Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke Slack. Miliki aplikasi ini di tangan Anda dengan menginstal aplikasi asli yang sesuai atau shortcut untuk perangkat Anda. Pada versi gratisnya, arsip pada aplikasi chatting ini dapat dicari hingga 10.000 pesan.

 

KESIMPULAN

Jika yang Anda inginkan adalah gambaran sederhana yang menjelaskan proyek Anda, aplikasi chatting Slack sebagai alat manajemen proyek cenderung berlebihan. Tetapi jika Anda ingin Organizer yang kaya fitur, aplikasi chatting Slack adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Anda juga dapat memiliki Slack sebagai dashboard untuk mengelola hal-hal lain seperti daftar bacaan, kalender ulang tahun, buku alamat, dan lain-lain. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel