Cara Membuat Recovery Windows 8 dengan Flasdisk

7 Oct 2013 14:00 7416 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hari-hari di mana Anda menginstal ulang Windows ketika PC Anda bermasalah telah lama hilang. Yang Anda butuhkan untuk memperbaiki Windows 8 adalah recovery Windows 8 disk, baik dalam bentuk CD/DVD, drive USB atau drive hard disk eksternal.

Hari-hari di mana Anda menginstal ulang Windows ketika PC Anda bermasalah telah lama hilang. Yang Anda butuhkan untuk memperbaiki Windows 8 adalah recovery Windows 8 disk, baik dalam bentuk CD/DVD, drive USB atau drive hard disk eksternal.

Apakah Anda telah mengupgrade dari Windows versi lama atau membeli perangkat baru, salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur recovery disk, sebuah proses yang pada dasarnya menginstal seperangkat alat ke media yang Anda pilih yang kemudian dapat digunakan untuk memperbaiki masalah dengan Windows 8.

Alat-alat ini akan memungkinkan Anda untuk boot komputer dan menjalankan alat pemulihan, dengan tujuan cepat menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh unduhan yang buruk, kesalahan pemasangan hardware, bahkan drive hard disk palsu. Beirkut cara recovery Windows 8:

  • Recovery Disk vs. Recovery Partisi

Recovery disk yang dikemas sebagai bagian dari Windows setidaknya adalah alternatif yang akan menghemat waktu dan tenaga untuk menginstal aplikasi dan game favorit Anda – dengan asumsi masalah yang Anda alami bisa diperbaiki dengan alat-alat yang ditawarkan.

Anda dapat memeriksa apakah komputer Anda sudah memiliki partisi pemulihan dengan membuka bar Charms, memilih Search dan mengetikkan perintah. Klik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator.

Dalam kotak Command Prompt, ketik recimg /showcurrent dan tekan Enter. Jika pesan yang muncul “There is no active custom recovery image”, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum membuat recovery drive.

Untuk menghemat HDD atau SSD, Anda dapat menghapus partisi pemulihan nanti, namun tentu saja Anda akan membutuhkan recovery disk (baik USB, optical atau hard disk eksternal) yang harus Anda jalankan saat mengalami kesulitan di kemudian hari.

  • Yang Anda Butuhkan untuk Membuat Recovery Disk

Setelah memeriksa apakah komputer Anda sudah terpasang recovery image, Anda perlu membawa semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat recovery disk.

Meskipun CD/DVD adalah pilihan yang baik, Anda mungkin menggunakan komputer baru tanpa optical drive. Pemasangan drive eskternal mungkin menjadi pilihan, namun untuk kecepatan Anda harus bergantung pada sesuatu yang lebih fleksibel, seperti drive USB flash atau mungkin kartu SD dengan adaptor USB, jika Anda memiliki cadangan kartu memori.

Jika komputer Anda belum memiliki partisi pemulihan, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum membuat recovery disk.

Seperti yang dijelaskan di atas, buka Command Prompt dengan hak akses administratif dan lanjutkan untuk membuka folder untuk recovery image menggunakan mkdir c: \RefresImage. Tekan Enter jika sudah selesai, dan minta Windows untuk membuat image di folder tersebut dengan recimg – Create Image c:\RefreshImage.

Perhatikan bahwa drive USB flash atau kartu SD yang Anda gunakan akan dibersihkan dalam proses pembuatan recovery drive. Dengan demikian, Anda harus menghapus dan menyimpan data penting yang biasanya disimpan di dalamnya.

 

Baca juga :

               4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

               5 Alasan Anak muda Diusia Sangat Belia Mudah Galau

 

  • Membuat USB Recovery Disk Windows 8

Untuk memulainya, pada Windows 8 buka menu Charms dan pilih Search. Masuk ke Recovery, pilih Settings dan pilih Create a recovery drive, setujui setiap petunjuk untuk memasukkan password admin Anda. Dalam alat recovery drive, centang kotak “Copy the recovery partition from the PC to the recovery drive” dan klik Next.

Kemudian Anda akan melihat layar yang menampilkan ukuran partisi pemulihan. Anda perlu memastikan bahwa USB flash yang Anda gunakan cukup besar, dan hubungkan ke PC Anda. jika Anda berniat untuk menggunakan hard drive eksternal, pastikan Anda sudah membuat partisi khusus dengan ukuran yang cukup pada perangkat Anda.

Pilih perangkat USB yang ingin Anda gunakan sebagai recovery drive, klik Next > Create, dan tunggu, serta ikuti apapun yang diminta pada layar. Setelah selesai, klik Finish.

(Jika Anda ingin membebaskan ruang penyimpanan yang digunakan oleh proses ini, Anda dapat menghapus partisi pemulihan dengan memilih Delete the recovery partition > Delete)

  • Menggunakan Optical Media

Jika Anda memilih untuk menggunakan CD atau DVD, maka Anda harus mengikuti instruksi yang berbeda. Namun sebelum melanjutkan, patikan Anda memiliki CD atau DVD yang dapat digunakan pada optical drive Anda.

Setelah mengklik Create a recovery drive, pastikan bahkan tidak ada kotak yang dicentang (khususnya kotak Copy the recovery partition…) dan klik Next > Create a system repair disc with a CD or DVD instead.

Dengan memilih opsi ini, sisa langkah selanjutnya sama. Selama recovery drive cocok dengan CD atau DVD Anda, seharusnya tidak ada masalah.

  • Booting dari Recovery Disk

Jika Anda merasa perlu menggunakan recovery disk, Anda harus memasukkannya ke drive USB komputer sebelum booting. Dari sini, ikuti perintah yang ada di layar untuk boot komputer menggunakan disk, pilih pengaturan bahasa dan pilih opsi pemulihan.

  • Kesimpulan: Ini Bekerja untuk Windows 8 dan RT

Membuat recovery disk Windows 8 benar-benar membutuhkan waktu luang Anda. Anda tidak tahu kapan bisa membuktikan alat dalam memulihkan komputer Anda tanpa menginstal ulang atau merestore cepat disk – kedua solusi ini akan menghapus data yang telah disimpan di drive sistem Anda (kecuali Anda memanfaatkan partisi sekunder untuk dokumen dan data pribadi Anda).

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel