Telkomsel Menjadi Juara Di Kota Ambon

3 Jun 2011 12:24 7140 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kebutuhan warga Kota Ambon terhadap komunikasi mobile sudah tergolong tinggi. Pada awalnya, operator XL lah yang pertama kali singgah di Kota Ambon, namun operator yang menjadi juara di kota ini bukanlah XL, melainkan Telkomsel yang menjadi juara sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat kota Ambon.

Ambon Manise itulah slogan kota Ambon yang terpampang besar diseberang gedung gubernur kota Ambon dengan patung pahlawan asal Ambon yang berdiri tegak tepat di belakang slogan kota Ambon tersebut. kota Ambon termasuk kepada kota yang kaya akan hasil-hasil laut, mengingat kota ini dikelilingi oleh laut yang produktif, maka ikan-ikan laut yang berkualitas pun sangat banyak terdapat di kota ini.

Penduduk kota Ambon sangat bangga akan kewarganegaraan mereka sebagai warga negara Indonesia. Tidak hanya itu, rasa kesukuan mereka pun sangat kental. Semua orang keturunan Maluku mempunyai marga atau "fam". Di kota Ambon, marga atau "fam" menjadi salah satu ciri identitas kasta yang mempengaruhi kehormatan suatu marga itu sendiri. Jika seseorang termasuk kepada marga yang paling berpengaruh, maka tidak akan sulit bagi dia untuk mencari pekerjaan bahkan untuk menjadi pegawai negeri sipil sekalipun.

Setelah terjadinya konflik di Ambon yang telah berlangsung selama tiga tahun dan telah memakan banyak korban. Gengsi antar marga itu sendiri pun sangat ketat bersaing. Dalam segala aspek mereka selalu bersaing, baik itu dari sisi pekerjaan, financial, pendidikan, bahkan sampai kepada hal telekomunikasi pun persaingan mereka sangat terlihat.


Setiap warga Ambon, mulai dari marga atau "fam" yang terendah sampai tertinggi pastilah mempunyai alat komunikasi mobile seperti handphone. Walaupun rata-rata pendapatan perkapita di daerah Ambon masih rendah, tetapi untuk hal komunikasi mobile mereka menaruh perhatian yang lebih. Hal ini terlihat dari keseharian warga, mulai dari remaja sampai orang tua yang sering menggunakan handphone untuk berkomunikasi via SMS maupun telepon.

Kebutuhan warga sekitar terhadap komunikasi mobile ini pun sudah tergolong tinggi, hal ini didukung dengan layanan dari beberapa operator yang melayani masyarakat Ambon untuk berkomunikasi. Pada awalnya, operator XL lah yang pertama kali singgah di kota manise ini, lalu Telkomsel dan Indosat pun menyusul ke kota ini untuk melayani masyarakat Ambon dalam berkomunikasi.

Adapun untuk operator Axis dan Three, masih belum menjangkau kota ini, sehingga setiap orang yang penulis tanyakan tentang kedua operator ini pasti aneh dan asing, karena kedua operator ini belum menjangkau kota manise ini.

Pada saat penulis mengecek sinyal terkuat di daerah tersebut ternyata operator yang menjadi juara di kota ini bukanlah XL sebagai perintis layanan komunikasi mobile, melainkan Telkomsel yang menjadi juara sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat kota Ambon. Tempat kedua diduduki oleh Indosat dengan M3 dan Mentarinya, dan yang terakhir adalah XL dengan pengguna yang paling sedikit di kota ini.

Kebutuhan masyarakat Ambon terhadap komunikasi mobile sangatlah beragam, mulai dari SMS, telepon sampai penggunaan data internet. Oleh karena itu pun tipe ponsel yang digunakan oleh masyarakat Ambon pun beragam. Mulai dari yang paling minim fitur (hanya SMS dan telepon) sampai kepada fitur yang tercanggih tergantung kepada user nya itu sendiri.

Bagi kalangan remaja yang banyak penulis temui di kota ini, optimalisasi penggunaan fitur didalam handphone pun sangat terlihat dikesehariannya. Pasalnya tidak ada hari tanpa SMS, telepon, bahkan untuk online bagi kalangan muda-mudi Ambon.Oleh karena itu budget yang harus dikeluarkan untuk pulsa per bulannya pun lumayan besar untuk mengakomodir kebutuhan mereka dalam berkomunikasi.
Untung nya akses untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti para penjual pulsa dan counter handset tidak sulit didapat di kota Ambon. Hampir di setiap gang yang penulis temukan, pasti ada saja penjual pulsa yang menjadi distributor bagi para pelanggan komunikasi mobile.

Namun untuk layanan service ataupun pembelian handset second maupun baru, masih belum banyak terdapat di setiap daerah, layanan ini hanya terdapat di pusat Kota Ambon dengan layanan jual beli, servis sampai tukar tambah handphone.

Bagi Anda yang akan berpetualang ke kota Ambon, informasi di atas tentang komunikasi mobile di kota Ambon bisa menjadi rujukan agar dapat terhubung dengan keluarga di rumah Anda, karena bagaimana pun kabar tentang keselamatan Anda di tempat tujuan menjadi hal-hal yang berharga bagi keluarga yang menunggu Anda di rumah. Ilal

Tags ulasan Berita

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel