Tips Trik Komputer: Cara Mengatur Desktop Windows Hanya Dengan Sekali Klik

30 Aug 2012 18:00 25387 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terkadang tampilan *shortcut* komputer kurang sedap dipandang, berantakan dan jauh dari produktif. Maka untuk mengatasi hal ini, simak tips trik komputer sederhana berikut ini.

ampilan desktop Anda pasti sangat berantakan dengan banyaknya shortcut yang Anda sematkan pada desktop. Hampir semua orang melakukan ini dengan alasan sangat mudah mengakses file penting yang selalu dibutuhkan. Namun terkadang tampilan shortcut ini kurang sedap dipandang, berantakan dan jauh dari produktif. Maka untuk mengatasi hal ini, simak bagaimana tips mengatur desktop Windows Anda agar nyaman dipandang. Tak perlu khawatir jika Anda akan kehilangan shortcut dari file penting Anda, Anda masih tetap akan memiliki shortcut ini namun akan diringkas dengan tampilan yang lebih cantik.

Tips trik komputer ini sangat mudah dilakukan, bahkan untuk orang yang tidak paham sepenuhnya tentang komputer pun bisa melakukannya.

Mulai dengan Start Menu

Terlepas dari bagaimana tampilan Start Menu Anda sekarang, Anda bisa membersihkannya dengan cepat dalam beberapa langkah. Anda bisa memulainya dengan cara klik kanan pada Taskbar dan pilih Properties. Maka Anda akan mendapatkan jendela baru yang mana berisi tiga tab. Klik tab yang berada di bagian tengah yang bertuliskan Start Menu. Dari sini Anda akan melihat beberapa pengaturan penting yang berada pada sub menu Privacy yang butuh Anda perhatikan. Jika keduanya dalam posisi tercentang, maka hapus tanda centang di keduanya. Anda tidak perlu untuk melihat item yang baru saja dibuka atau program di Start Menu karena Anda memiliki semua program umum yang Anda gunakan yang disematkan atau pin ke Start Menu.

Untuk pin sebuah program, buka Start Menu> All Programs atau cari program yang Anda inginkan pada search box. Setelah Anda menemukan program yang diinginkan, klik kanan pada program tersebut dan pilih Pin to Start Menu. Lakukan langkah ini pada program pilihan Anda yang lain.

Banyak kustomisasi pada Start Menu yang memungkinkan Anda untuk menambah dan menghapus folder, pilih apakah mereka ditampilkan sebagai link atau menu, dan bahkan ikon. Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mengklik Customize di bawah tab Start Menu pada Windows Properties.

Mengelola Taskbar

Dalam versi Windows sebelumnya, daerah untuk menyematkan pin program Anda dinamakan Quick Launch. Sekarang hal itu hanya disebut dengan Taskbar. Hal yang benar-benar menarik tentang perubahan pada Windows 7 itu adalah bahwa Anda dapat dengan mudah melakukan pin program Anda ke dalam Taskbar. Hal ini dapat mengurangi kesemrawutan pada desktop.

Ada hal lain yang dapat Anda lakukan di Taskbar untuk menyederhanakan tampilannya. Untuk melakukannya, Anda tinggal klik kanan pada Taskbar dan pilih Properties sekali lagi. Anda akan melihat bahwa Anda sudah berada pada opsi Taskbar. Maka setelahnya pastikan bahwa Taskbar Anda telah terkunci atau Anda bisa memilih pilihan lain yakni auto-hide.

Memanfaatkan Menu Pop-up Windows Explorer

Pada Windows 7, setiap kali Anda klik kanan pada program yang tertanam pada Taskbar, Anda akan mendapatkan menu pop-up yang sama dengan yang berada di bawah. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meminimalisir penggunaan shortcut yang tidak beraturan pada desktop Anda.

Program Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Selain menggunakan beberapa pengaturan bawaan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dalam tips trik komputer untuk memoles tampilan desktop Anda. Berikut daftar aplikasi tersebut.

RocketDock (Gratis)

RocketDock adalah sebuah aplikasi launcher yang memiliki animasi yang halus. Aplikasi ini menyediakan tampilan antarmuka yang bersih dan memanjakan mata Anda. Setiap item yang ada pada launcher ini bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa melengkapi kinerja launcher ini dengan mengunduh add-on tambahan yang bernama Stack Docklet. Dengan add-on ini Anda bisa menempatkan shortcut program Anda dengan tampilan yang mengagumkan. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan juga sangat mudah untuk pengaturannya. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara langsung RocketDeck di sini sedangkan untuk add-on, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Fences (Gratis dan Berbayar)

Fences merupakan sebuah program yang memungkinkan Anda mengorganisir ikon shortcut sesuai dengan kategorinya. Ini memberikan Anda beberapa pilihan apakah Anda ingin membuat Fences Anda sendiri atau Anda ingin mendeteksi dan mengurutkan ikon berdasarkan kategori mereka. Pengelompokkan ikon ini sangat bagus, Anda akan memiliki tampilan layar seperti layar pada Android yang mana memiliki widget yang berisi folder atau aplikasi yang Anda inginkan berada pada desktop Anda. Fences dapat dikustomisasi dengan mudah. Anda pun dapat menghilangkan dan memunculkan kembali aplikasi ini hanya dengan double klik. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel