Review ASUS VivoBook S S430

10 Jan 2019 19:59 340 Hits 0 Comments
Dengan semua fitur dan kelebihan yang diusungnya tersebut, VivoBook S S430UN akan selalu bisa diandalkan sebagai penunjang berbagai kegiatan.

Bagi pengguna yang mementingkan gaya dan style, memilih laptop mainstream memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, tidak banyak laptop mainstream yang tampil dengan bodi unik dan penuh gaya. Rata-rata laptop mainstream hanya hadir dalam satu-dua varian warna, dan sulit menemukan laptop dengan warna favorit kita.

Tetapi VivoBook S S430 beda. Meski berada di lini mainstream, laptop ini punya tampilan yang sangat berbeda. Desain bodinya menampilkan warna yang sangat kontras antara bagian samping laptop dengan bagian lainnya sehingga membuatnya tampil lebih unik. Tidak hanya itu, VivoBook S S430 punya lima varian warna yang semuanya menampilkan campuran warna yang unik.

Sesuai dengan namanya, S430 merupakan laptop yang masuk ke dalam jajaran VivoBook, yaitu jajaran laptop mainstream dari ASUS yang masih tampil dengan beragam fitur premium. Tidak terkecuali VivoBook S S430, fitur premium tersebut masih tetap dihadirkan. Bahkan Anda bisa mengenali fitur premium tersebut ketika melihat laptop ini. Berikut ini lebih jelasnya:
 
Spesifikasi
Asus memang masih menggunakan bodi plastik pada VivoBook S S430, namun konstruksinya cukup solid. Struktur bodinya juga ramping dengan ketebalan hanya 18mm. Dengan ukuran tersebut, VivoBook S S430 secara teknis masih bisa disebut sebagai ultrabook karena ketebalannya tidak lebih dari 2cm. Apalagi didukung dengan bobotnya yang ringan yaitu hanya 1,4kg.

Laptop yang kami uji kali ini adalah VivoBook S S430UN yang menggunakan prosesor Intel Core i7-8550U yang merupakan prosesor ultra-low power. Artinya, prosesor yang digunakan di laptop ini memiliki spesifikasi yang hemat daya.

Meski menggunakan prosesor hemat energi, performanya tetap kencang karena sudah menggunakan konfigurasi 4 core 8 thread. Prosesor yang digunakan juga sudah menggunakan arsitektur 14nm dan memiliki kecepatan hingga 4.0GHz.

Prosesor tersebut didukung oleh GPU Nvidia MX150. Meski tidak bisa disandangkan dengan GPU Nvidia GTX yang merupakan kelas gaming, namun MX150 merupakan seri tertinggi untuk GPU laptop kelas mainstream dari Nvidia. GPU ini dipasangkan dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB.

Kombinasi prosesor dan GPU tersebut pun menjadi lengkap berkat kehadiran memori DDR4 2400MHz sebesar 8GB yang sudah tersedia di laptop ini. Dengan memori tersebut, Anda sudah bisa melakukan multitasking terhadap program favorit.

Berikut ini spesifikasi teknis Asus VivoBook S S430UN:
Prosesor - Intel Core i7 8550U Processor Quad Core (8M Cache, up to 4.0GHz)
Sistem Operasi - Windows 10 Home
Memori - 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
Penyimpanan - 256GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Layar - 14” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with NanoEdge Display
Grafis - Discrete graphics Nvidia MX150 2GB GDDR5 VRAM + Intel UHD Graphics 620
Input/Output - USB Type-C, HDMI, USB 3.1, Mic, MicroSD card reader
Kamera - HD Web Camera
Konektivitas - Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio - ASUS SonicMaster with surround-sound, Array microphone, Cortana support
Baterai - 3 Cells 42 Whrs lithium-prismatic battery
Dimensi - 323 x 226 x 18 mm
Bobot - 1,4Kg with Battery
Warna - Firmament Green, Starry Grey-Red, Silver Blue-Yellow, Gun Metal, Icicle Gold

Desain 5

VivoBook S S430 memiliki dimensi yang lebih ringkas ketimbang laptop 14 inci sekelasnya karena laptop ini sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut memungkinkan layar VivoBook S S430 bisa tampil dengan bezel yang sangat tipis di tiga sisi layarnya. Berkat NanoEdge Display, VivoBook S S430 memiliki screen-to-body ratio yang sangat tinggi, yaitu hingga 84 persen.

ErgoLift Design adalah fitur premium kedua yang diadopsi VivoBook S S430 dari seri ZenBook. ErgoLift Design merupakan mekanisme khusus yang memungkinkan bodi VivoBook S S430 terangkat dan membentuk sudut 3,5 derajat ketika layarnya dibuka.

Mekanisme ini memang bukan tanpa tujuan dan tidak hanya untuk gaya semata. Karena bodi utama VivoBook S S430 menjadi terangkat ketika layar dibuka, posisi keyboard pun menjadi sedikit miring dan membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Selain itu, ErgoLift Design juga membuat sirkulasi udara yang melalui sistem pendingin VivoBook S S430 menjadi lebih lancar berkat rongga ekstra yang tercipta ketika bodi laptop ini terangkat.

Review ASUS VivoBook S S430

ASUS VivoBook S S430 bisa dikatakan sebagai laptop all-round yang dapat mendukung berbagai kegiatan penggunanya sehari-hari, baik itu bekerja dan mengolah dokumen, mengerjakan tugas sekolah, menonton film, browsing, hingga bermain game casual. Untuk itulah laptop ini hadir dengan sistem keamanan khusus hingga kontrol yang presisi.

Laptop ini sudah dilengkapi dengan keyboard dengan tombol berbentuk bundar dan tidak menyudut. Meski terlihat unik dan tidak biasa, namun posisi tombol tersebut ternyata cukup ideal untuk mengetik dan memiliki key travel sejauh 1,4mm. Bahkan pengalaman kami selama menggunakan laptop ini sebagai perangkat sehari-hari tidak pernah mengalami masalah dari keyboard-nya.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Dengan semua fitur dan kelebihan yang diusungnya tersebut, VivoBook S S430UN akan selalu bisa diandalkan sebagai penunjang berbagai kegiatan.
Tags Review Asus

About The Author

Tedi Kasuma 41
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Tedi Kasuma