Review Asus Zenfone Max Pro M2

16 Dec 2018 01:22 970 Hits 1 Comments
Sebagai sebuah upgrade, Zenfone Max Pro M2 ini merupakan smartphone yang sangat menarik. Performanya meningkat, desain jadi kekinian, fotografinya pun jadi hebat.

Kalau bicara soal smartphone gaming, Apa yang Anda bayangkan? Performa kencang? Baterai besar? Layar minimal berukuran 6 inci? Punya perlindungan anti gores yang bagus? Resolusi minimal Full HD? Baterai berkapasitas minimal 4.000mAh? Prosesor tidak panas?

Semua benar. Dan semua ada dalam wujud sebuah smartphone yang harganya murah meriah. Ya, Asus Zenfone Max Pro M2.

Semua faktor di atas tersedia pada smartphone gaming mainstream terbaru buatan produsen asal Taiwan tersebut. Sebagai bonus, Asus juga memberikan desain produk yang kekinian a la smartphone masa kini seperti layar full view 19:9 (FullHD+ 2280x1080), desain kinclong, dan kamera yang hebat.

Kamera? Ya. Asus sudah belajar dari pengalaman. Saat memproduksi smartphone gaming perdananya, yakni Zenfone Max Pro M1, aspek kamera merupakan aspek yang mereka abaikan. Tapi ternyata itu merupakan kesalahan besar, karena selain menjadi titik lemah serangan dari kompetitor dan fans produsen lain, ternyata sejatinya, gamers pun doyan motret.

Nah, seperti apa Asus Zenfone Max Pro M2 sang Next Generation Gaming alias smartphone gaming murah-meriah ini? Mari kita bahas.

Desain dan Spesifikasi 5

Dari sisi desain, perubahan drastis dihadirkan Asus pada Zenfone Max Pro M2 dibanding pendahulunya. Meninggalkan bahan metal unibody, pada seri terbaru smartphone gaming ini, Asus menggunakan desain yang benar-benar berbeda dibanding sebelumnya, yang disebut dengan Dynamic optical finish yang dibuat menggunakan 16 lapisan proses manufaktur.

Desain tersebut merupakan sebuah desain panel belakang melengkung dengan bermaterial akrilik berkualitas. Tak hanya tampak cantik saat menerima pantulan cahaya, desain model ini juga lebih kuat terhadap benturan dibandingkan dengan jika menggunakan material kaca yang berpotensi retak atau pecah, ataupun metal yang mungkin akan penyok saat terbentur atau jatuh.

Selain lebih menarik, material akrilik berkualitas yang digunakan juga membuat bobot keseluruhan smartphone ini menjadi lebih ringan. Bahkan untuk sebuah smartphone dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, smartphone ini merupakan salah satu yang paling ringan di pasaran.

Sesuai namanya, ZB631KL, smartphone ini merupakan smartphone seri Zenfone Max, dengan ukuran layar 6,3 inci dengan prosesor Qualcomm serta dukungan 4G LTE. Dari sisi layar, Zenfone Max Pro M2 menawakan layar yang lebih besar dan rasio screen-to-body yang mencapai 90 persen. Sebelumnya, rasio dimensi body dengan layarnya hanya sebesar 84 persen. Artinya, lebih banyak bagian smartphone yang digunakan untuk menampilkan konten. Termasuk game.

Untuk meningkatkan performa dibandingkan dengan seri terdahulu, Asus menempatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 di dalam smartphone ini. Ia menawarkan performa yang jauh lebih cepat. Soal performa, akan kita bahas di bagian selanjutnya dari artikel ini. Dari sisi baterai, memang tidak ada perubahan kapasitas. Baterai jenis Lithium-ion Polymer sebesar 5.000mAh masih digunakan.

Demi memberikan kenyamanan bermain, layar full view display dengan resolusi FullHD+ 2280x1080 pixel disediakan. Dan yang menarik, layar tersebut kini diberi perlindungan Corning Gorilla Glass 6 yang sangat kuat dalam mereduksi potensi goresan atau retak saat terbentur. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi para gamers yang kemungkinan akan sering bermain game kapanpun dan di manapun, dalam kondisi tangan atau jari yang mungkin tidak bersih.

Agar kekinian, Zenfone Max Pro M2 juga kini sudah memiliki poni layaknya smartphone Android terbaru lainnya. Sayangnya, tidak seperti pada Zenfone 5 atau 5z, poni pada layar Zenfone Max Pro M2 ini belum bisa disembunyikan. Tetapi tidak perlu khawatir, dimensi poni smartphone ini relatif kecil dan tidak selebar smartphone lain.

Sama seperti seri Zenfone Max Pro M1 Limitless Gaming, Zenfone Max Pro M2 Next Generation Gaming ini juga menggunakan sistem operasi Android Pure, tanpa kustomisasi, tanpa fitur-fitur yang kemungkinan tidak akan digunakan, dan tanpa aplikasi-aplikasi lain yang kerap disebut ‘bloatware’ oleh penggunanya. Artinya, performanya akan menjadi lebih ringan dan gegas.

Dari sisi konektivitas, ia masih menggunakan konektor micro USB di bagian bawah. Di sebelahnya tersedia speaker grill, mic dan port audio 3,5 milimeter. Di sisi kiri tersedia SIM tray yang terdiri dari dua slot nano SIM dan sebuah slot microSD yang mampu menampung kartu microSD sehingga kapasitas 2TB. Di bagian kanan, seperti biasa, ada tombol power dan volume rocker. Sementara di bagian atas hanya tersedia noise cancellation port. Berikut ini spesifikasi teknis Asus Zenfone Max Pro M2:

- Qualcomm Snapdragon 660 with 14nm, 64-bit Octa-core Processor with AI Engine
- GPU Qualcomm Adreno 512
- Storage 4GB RAM LPDDR4X, eMMC 64GB, up to 2TB microSD, 100GB Google Drive (1 year)
- OS Pure Android 8.0 Oreo
- Connectivity dual 4G LTE, WLAN 802.11 a/b/g/n/ac 2.4 Bluetooth 5.0, Wi-Fi direct
- Display 6.3-inch Full HD+ (2280 by 1080)
- Battery 5.000mAh (non-removable)
- Main camera 12MP 27mm 77.8˚ angle, f/1.8, Sony IMX 486
- 5MP Secondary depth sensing camera
- Front camera 13MP, F2.0, 77.2˚ angle 26.4mm with softlight LED flash
- Dimension 157.9 x 75.5 x 8.5 mm / 175 grams

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Sebagai sebuah upgrade, Zenfone Max Pro M2 ini merupakan smartphone yang sangat menarik. Performanya meningkat, desain jadi kekinian, fotografinya pun…

About The Author

Tedi Kasuma 41
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel