Review Asus Zenfone 5Q

29 Jul 2018 11:57 1779 Hits 0 Comments
Jika yang Anda cari adalah sebuah smartphone dengan performa memadai dan masih relatif ramah kantong, ditambah lagi dengan desain yang kece, ZenFone 5Q adalah pilihan yang tepat.

Kalau Oppo, sang selfie expert punya F7 dan Vivo sang selfie master punya V9 series, Asus juga punya jagoan selfie, yakni Zenfone 5Q. Sama seperti dua kompetitornya yang ditujukan untuk penggemar swafoto tersebut, Zenfone 5Q juga merupakan smartphone kamera selfie besutan terbaru sang produsen asal Taiwan.

Melanjutkan seri Zenfone 4 Selfie dan Selfie Pro yang hadir di tahun lalu, Zenfone 5Q juga sekaligus menjadi varian Zenfone 5 yang paling terjangkau. Alasan utamanya, dia memang tidak dilengkapi CPU dan GPU kelas ultimate seperti Zenfone 5Z atau kelas price performance terbaik saat ini seperti milik Zenfone 5. Namun demikian, Zenfone 5Q tetap memiliki keunggulan.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Zenfone? Berikut ini hasil percobaan yang kami lakukan setelah beberapa hari terakhir bermain-main dengan Asus Zenfone 5Q ZC600KL:

Desain dan Spesifikasi 5

Dibanding seri Zenfone 5 lainnya, Zenfone 5Q punya kelebihan utama di sisi kamera, khususnya kamera depan dan ketersediaan empat buah kamera. Yang menarik, empat buah kamera pada Zenfone 5Q semuanya bisa digunakan untuk memotret. Kamera utama untuk memotret biasa, dan kamera pendamping digunakan untuk memotret wide angle. Baik di kamera depan, ataupun kamera belakang. Kamera pendamping juga berfungsi untuk menambah depth effect atau bokeh pada foto.

Dari sisi desain, Zenfone 5Q tidak mengekor tren yang sedang marak dilakukan oleh smartphone-smartphone saat ini yakni tren menggunakan notch design atau poni di bagian atas layar. Namun demikian, perangkat ini juga sudah memakai full view display dengan rasio aspek 18:9 dan juga resolusi tinggi, yakni FullHD + 2.160 x 1.080 pixel.

Ukuran layarnya sendiri 6 inci. Namun dengan full view display dan frame yang tipis di kiri dan kanan layar, smartphone ini memiliki ukuran body yang serupa seperti smartphone berukuran layar 5,5 inci pada umumnya. Secara vertikal, layar sendiri tepat berada di tengah. Bagian dahi dan dagu smartphone dimensinya persis, sehingga tampak manis secara estetika.

Jika dioperasikan dengan satu tangan, layar memang terasa sangat luas. Tapi jangan khawatir, ASUS memberikan fitur one hand mode alias pengoperasian dengan satu tangan agar lebih memudahkan pengguna. Begitu juga saat ingin membuka kunci dengan fingerprint, terasa sangat praktis dan mudah karena fingerprint terletak di belakang. Malas pakai fingerprint? Masih bisa pakai face recognition.

Perangkat ini memiliki lapisan kaca berkontur 2.5D di sisinya yang membuatnya nyaman digenggaman tangan. Kontur di bagian pinggirnya pun melengkung bukan berbentuk kotak dan tajam, sehingga semakin membuatnya nyaman saat dipakai. ASUS memberikan bingkai berlapis pada frame alias bingkai smartphone ini untuk membuatnya semakin kuat dan aman dari benturan.

Pada bagian depan, terdapat dua buah kamera yang letaknya cukup berjauhan. Kalau konfigurasinya seperti ini, tampaknya wajar jika tidak ada notch. Kamera depan juga memiliki flash untuk maksimalkan hasil foto. Tombol-tombol fisik ada disisi kanan perangkat, antara lain tombol volume dan power. Slot kartu SIM ada disisi sebelahnya. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan 2 SIM card sekaligus dan 1 microSD.

Grill speaker terletak di bagian bawah beserta port konektor USB micro. Sementara port audio jack ada di bagian atas. Secara keseluruhan, desain ZenFone 5Q ini sangat elegen dengan berbagai macam detail antara lain, penggunaan kaca di depan dan belakang, fullview, serta cukup tipis namun tetap kokoh. Berikut ini spesifikasinya:

- CPU Qualcomm Snapdragon 630 octa-core processor 2,2GHz
- GPU Qualcomm Adreno 508
- Storage 4GB RAM, 64GB eMMC, up to 2TB microSD, 100GB Google Drive (1 year)
- OS Pure Android 7.1.1 Nougat
- Connectivity 4G LTE, WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
- Display 6-inch IPS Full HD+ Resolution
- Battery 3.300mAh (non-removable)
- Rear main camera 16MP 25.8mm, 80˚ angle, f/2.2, 0,03 seconds PDAF, LED flash
- Rear wide camera 5MP 12mm 120˚ wide angle, f/2.2
- Front main camera 20MP Sony IMX376 23.4mm, 85.5˚ angle f/2.0 with softlight LED flash
- Front wide camera 8MP 12.5mm 120˚ wide angle
- Dimension 160.5 x 76 x 7.7 mm / 168 grams

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Jika yang Anda cari adalah sebuah smartphone dengan performa memadai dan masih relatif ramah kantong, ditambah lagi dengan desain yang…

About The Author

Tedi Kasuma 41
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel