Kehebatan Lantai Kayu Flooring Sonokeling Hitam Pekat

15 May 2018 21:49 1463 Hits 0 Comments
lantai kayu flooring sonokeling sering diaplikasikan pada hunian cukup banyak dan sering kita jumpai dirumah modern atau rumah elit, karena tidak banyak mengenal kayu ini. yuk kita mengulas lebih dalam .Kayu sonokeling termasuk dari kayu keras dari kelas 2 lebih bawah dari kayu jati yang bisa kita gunakan

Sonokeling merupakan salah satu kayu yang memiliki motif yang cukup mencolok yaitu si hitam dan si putih yang memiliki kaloborasi yang cukup membuat ruangan pada lantai lebih elegan dan terbaik. hal rasakan oleh para pemasangan lantai kayu pada hunian

lantai kayu flooring sonokeling sering diaplikasikan pada hunian cukup banyak dan sering kita jumpai dirumah modern atau rumah elit, karena tidak banyak mengenal kayu ini. yuk kita mengulas lebih dalam

Tingkat kekerasan kayu ini hampir menyemai tingkat kekerasan kayu Jati bahkan kayu sonokeling yang sudah tua bisa lebih keras dari kayu. dan secara harga lantai kayu pada jenis sonokeling saat ini lebih mahal karena lebih banyak dicari dari pada kayu jati, baik unti dioleh sebagai furniture, kerajinan dan lantai kayu parket.

Tingkatan Kekerasan Dari Kayu Sonokeling

 
selain dari lantai kayu parket yang terbuat dari 100% kayu, kami juga menyediakan lantai kayu sintetis yang terbuat dari bahan-bahan sintetis tentunya, ada lantai vinyl motif kayu, ada juga lantai laminasi atau laminated Floors.

Kayu ini dihasilkan dari pohon sonokeling atau sanakeling dengan nama latin Dalbergia latifolia roxb. Dalam sistem kekerabatan tanaman, sonokeling termasuk anggota dari keluarga Fabacceae. Adapun dalam perdagangan internasional, kayu ini memiliki nama lain seperti Indian rosewood, Bombay blackwood, dan Java palisander. Di Jawa, kayu ini dikenal sebagai sonobrit dan sonosungu atau kayu hitam.

“Keberadaan kayu sonokeling memang tidak sepopuler jati. Namun, bukan berarti kualitasnya kalah dengan jati. Kayu ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dipunyai kayu lain. Keunggulan utamanya terletak pada serat dan tekstur kayunya,” tutur arsitek Rizky Artando. Serat dan tekstur kayu sonokeling tergolong indah dan bernilai dekoratif.

Tekstur kayunya cukup halus dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Menurut Yohanes Natupali dari Magenta Supplies, produsen furnitur berbahan kayu sonokeling, kayu sonokeling berada di kelompok kayu indah kelas satu, hampir sama dengan kayu jati. Artinya, kedua kayu tersebut memiliki keindahan yang setara. Keindahan kayu sonokeling didukung warnanya yang unik.

Bagian tengah kayu ini berwarna cokelat ungu tua dengan garis-garis berwarna lebih tua sampai hitam. Corak yang unik inilah yang menjadikan kayu sonokeling amat digemari pembuat furnitur maupun handicraft berkelas tinggi. Furnitur yang dibuat menggunakan kayu ini akan terlihat mewah dan menarik.

“Kayu sonokeling tergolong ke dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Sebagai kayu keras, berarti kayu ini memiliki pori-pori yang rapat sehingga tidak mudah lapuk atau tidak selunak kayu randu atau kayu kapuk dan sejenisnya. Berat jenisnya 0,77 sampai 0,86 pada kadar air sekitar 15%,” kata Yohanes.

Meski tergolong kayu keras, kayu sonokeling cukup mudah diproses seperti dipotong, digergaji, diukir, dan diampelas. Karakter ini pula yang menjadikan kayu sonokeling cocok dan banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai produk olahan kayu dengan kualitas bagus. Tidak hanya itu, sonokeling juga termasuk kayu yang sangat awet. Berdasarkan klasifikasi keawetannya, kayu ini berada dalam satu kelas dengan kayu jati, yaitu kelas awet satu atau sangat awet.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

lantai kayu flooring sonokeling sering diaplikasikan pada hunian cukup banyak dan sering kita jumpai dirumah modern atau rumah elit, karena…

About The Author

hataruchitanda 12
Pensil

hataruchitanda

Saya seorang blogger pemula, semoga kalian suka dengan tulisan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From hataruchitanda