Review Zenfone 4 Max Pro, Smartphone Baterai Tahan Lama

9 Sep 2017 15:56 563 Hits 1 Comments
Pengguna yang membutuhkan perangkat telekomunikasi, sekaligus perangkat multimedia dengan performa yang cukup memadai, fitur yang cukup memenuhi kebutuhan standar sehari-hari, bisa memilih smartphone ini.

Kalau Anda ingat jingle baterai ABC yang "serbaguna dan tahan lama", mungkin jingle itu cocok juga untuk menggambarkan baterai smartphone yang satu ini. Ya, ZenFone 4 Max Pro, varian perdana smartphone Asus generasi ke-4 ini hadir dengan keunggulan utamanya yakni di baterai yang punya kapasitas besar, masa aktif panjang dan juga tahan lama.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Zenfone 3 Max, baterai smartphone ini naik kelas. Dari kapasitas 4.100mAh, kini menjadi 5.000mAh. Tetapi kapasitas ini justru sama dengan Zenfone Max versi awal yang juga sama-sama 5.000mAh. Meski dari sisi spesifikasi lainnya tidak ada peningkatan yang signifikan, malah justru resolusi layar spesifikasinya lebih rendah, namun pada sektor baterai, Asus telah mengoptimalkan smartphone ini. Seperti apa teknologinya? Mari kita kupas bersama-sama.

Desain dan Spesifikasi

Zenfone 4 Max Pro dibuat dengan casing berbahan aluminium yang membuatnya lebih kuat dibanding Zenfone Max versi awal yang berbahan plastik. Casing-nya pun dibuat secara unibody yang menjadikannya lebih kokoh karena tidak bisa dibongkar pasang oleh sembarang orang. Setiap bagian sudut dari smartphone ini dibuat melengkung sehingga lebih nyaman di dalam genggaman pengguna.

Bagian depan layarnya, yakni di atas layar 5,5 inci jenis IPS resolusi HD 1280 x 720, Asus memberikan lapisan pelindung dengan kontur 2.5D. Kontur ini membulat sehingga membuat smartphone ini semakin "tak bersudut". Tetapi sedikit kekurangannya adalah, jika pengguna memasangkan tempered glass, maka bagian pinggir tempered glass tersebut tidak akan menempel di layar. Namun tidak masalah jika yang dipasang adalah lapisan antigores biasa.

Berhubung menggunakan desain unibody, Zenfone 4 Max Pro ZC554KL tidak dapat dibongkar pasang casingnya. Untuk memasang dua buah kartu SIM dan sebuah microSD, di sebelah kiri body tersedia triple slot tray. Cukup tusuk lubang yang tersedia dengan SIM card ejector yang sudah disediakan di paket kemasannya. Kalau hilang, tenang saja. Tray penyimpanan ini masih bisa dibuka dengan menusukkan jarum atau paper clip. Adapun slot ekspansi penyimpanan itu sendiri dapat menampung kartu Micro SD hingga kapasitas 256GB.

Berbeda dengan versi terdahulu, sejak Zenfone 4 ini Asus memindahkan sensor fingerprint di bagian depan smartphone, tepatnya di tengah bawah, yang sekaligus berfungsi sebagai tombol home. Tidak perlu ditekan, cukup disentuh saja. Namun sayangnya masih seperti biasa, Asus masih tidak menyediakan LED pada tombol back dan recent apps. Jadi pengguna perlu meraba-rabanya saat menggunakan smartphone dalam ruangan temaram.

Spesifikasi Utama Zenfone 4 Max Pro:

- CPU Qualcomm Snapdragon 430 octa-core processor 1,4GHz
- GPU Qualcomm Adreno 505 450MHz
- Storage 3GB RAM, 32GB eMMC, up to 256GB microSD, 5GB Webstorage, 100GB Google Drive (2 years)
- Connectivity 4G LTE, WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1
- Display 5.5-inch IPS HD Resolution
- Battery 5.000mAh (non-removable), 1A reverse charging up to 46 days standby
- Main camera 16MP 26mm f/2.0 with EIS, 0,03 seconds PDAF, LED flash
- Wide camera 5MP 12mm 120˚ wide angle
- Front camera 16MP 26mm f/2.0 76˚ angle with softlight LED flash
- Dimension 154mm x 76.9mm x 8.9mm, Weight: 181g

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Pengguna yang membutuhkan perangkat telekomunikasi, sekaligus perangkat multimedia dengan performa yang cukup memadai, fitur yang cukup memenuhi kebutuhan standar sehari-hari,…

About The Author

Tedi Kasuma 39
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel