Nokia 3 apa saja kehebatannya

13 Jul 2017 13:47 455 Hits 0 Comments
Review Nokia 3, smartphone baru untuk kelas menengah ke bawah 

 

Nokia kembali meluncurkan beberapa smartphone baru, ya sekarang Nokia sudah diakuisisi oleh HMD, sehingga cita rasa dari Finlandia ini sedikit berubah,mungkin bisa menjadi semakin baik atau menurunkan kualitas dari Nokia yang kita kenal pada awal 2000 – an. Tapi bagi pembaca setia plimbi pasti sudah tidak sabar mengenai apa kelebihan dan kekurangan dari Produk ini. Mari kita ulas secara lebih mendalam.

Fitur Fitur dasar

  1. Body: Metal frame, polycarbonate non-removable back, Corning Gorilla Glass on the front
  2. Screen: 5" IPS LCD, 720p resolution, 294ppi
  3. Chipset: Mediatek MT6737, Quad-core 1.3Ghz Cortex-A53 CPU; Mali-T720MP1 GPU
  4. Camera: 8 MP, f/2.0, 1.12 um pixel size, autofocus; 720p @ 30 fps video capture
  5. Selfie cam: 8 MP, f/2.0, 1.12 um pixel size, 84-degree field-of-view, autofocus; 720p @ 30 fps video capture
  6. OS: Android 7.0 (Nougat)
  7. Memory: 16GB of built-in, expandable storage (dedicated microSD slot), 2GB of RAM
  8. Connectivity: Dual-SIM (optional); 4G LTE Cat.4 (150Mbps down/ 75Mbps up); Dual-Band Wi-Fi a/b/g/n; Bluetooth 4.0; GPS, A-GPS; FM radio; NFC
  9. Battery: 2,650 mAh non-removable battery

 

Desain, Tampilan layar, kapasitas baterai dan Konektivitas

Desain  Luar

 

Secara bahan utama bagian belakang dari smartphone ini menggunakan sebuah bahan plastic atau polycarbonate, tidak seperti Produk nokia terdahulu yang lebih sering menggunakan bahan metal untuk smartphone kelas Premium seperti Nokia N8 yang cukup fenomenal. Akan tetapi walaupun bukan menggunakan bahan unggulan, akan tetapi Plastik atau Policarbonate ini mempunyai desain dan ketahanan yang cukup. Sehingga walaupun berbahan plastic bagian belakang smartphone ini  terasa lebih ringan.memegang nokia ini akan terasa  seperti memegang Lumia pada bagian belakangnya . sedangkan untuk bagian frame atau bingkai nokia akan menyajikan sebuah desain menawan dengan bahan metal atau logam. Pada bagian kanan bezel anda akan menjumpai sebuah tombol volume berdampingan dengan tombol Power. Pada sebelah kiri dari bezel akan terdapat slot SIM dengan bagian atas berupa SIM Cards sedangkan satunya lagi menggunakan keduanya Nano SIM card. Bagian bawah dari SIM card tersebut akan dijumpai sebuah slot MicroSD yang dapat anda isi sampai kapasitas 256 GB. Pada bagian atas bazel anda akan menjumpai 3.5 mm audi jack dan bersampingan dengan mic noise cancelling. . Micro USB terletak pada bagian bawah bezel, persis ditengah tengah.  Untuk bagian navigasi yang terletak di bawah layar anda akan men jumpai kapasitif tombol dengan urutan dari paling kiri adalah back , home dan tombol recent application yang terletak di bagian kanan.

 

BATERAI

 

Kapasitas baterai merupakan salah satu factor daya tarik utama dari smartphone. Walaupun ada power bank akan tetapi kita pasti menghindari power bank kan. Dengan dibekali baterai dengan kapasitas 2630 mAh, Nokia 3 tentu termasuk dalam kategori smartphone berbaterai kapasitas rendah, mengingat ukuran dari smartphone ini yang sudah mencapai 5 inch. Kita lihat saja perbandingan dengan Xiamoi Redmi 4 yang mempunyai kapasitas baterai sampai 4100mAh. Akan tetapi ukuran kapasitas dari smartphone ini sama dengan Sony Xperia L1 yang mempunyai ukuran layar sama dengan chipset hampir sejenis yaitu MT6737T dan tampilan Layar 720LCD. Pihak dari GSM arena telah melakukan uji daya tahan baterai tersebut dan berhasil dengan menyimpulkan untuk penggunakan 3G talk time mampu bertahan sampai 10, 17 jam sedangkan diguanakn untuk browsing web mampu bertahan sampai lebih dari 10 jam dan untuk memainkan video sampai lebih dari 8 jam.

 

Tampilan Layar

 

Dengan resolusi sebesar 720 pixel dan mempunyai lebar 5 inch, ternyata tidak begitu mengecewakan mengingat ponsel ini adalah ponsel dengan harga yang tidak terlalu tinggi yaitu dibawah  2 jutaan. Untuk kecerahan dari Nokia 3 ini sudah lumayan mengingat sudah mencapai skor sebesar 477 nits. Cukup seimbang kalau dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4 dan Sony Xperia L1. Dan anda juga bisa mengaturnya kalau ingin menghemat daya. Sedangkan untuk tingkat keakuratan warna Nokia 3 tidak begitu hebat mengingat skor pada deltaE hanya 9 dengan maxmimum 15.1.

 

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Review Nokia 3, smartphone baru untuk kelas menengah ke bawah 
Tags

About The Author

supriyanto 49
Pena

supriyanto

Menyukai sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel