Fungsi “Thumb-Brake Button” pada MotoGP

29 Mar 2017 14:18 7796 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi MotoGP semakin tahun semakin canggih, setiap tahunnya selalu ada teknologi baru yang diterapkan pada motornya. Setelah di artikel sebelumnya membahas mengenai “Strategy-Button” yang berfungsi untuk memudahkan pembalap menyeting motornya tanpa harus masuk pit area, kali ini penulis akan membahas mengenai “Thumb-Brake Button”. 

Teknologi MotoGP semakin tahun semakin canggih, setiap tahunnya selalu ada teknologi baru yang diterapkan pada motornya. Setelah di artikel sebelumnya membahas mengenai “Strategy-Button” yang berfungsi untuk memudahkan pembalap menyeting motornya tanpa harus masuk pit area, kali ini penulis akan membahas mengenai “Thumb-Brake Button”. Yang pertama kali menerapkan teknologi ini pada motornya sebenarnya adalah Mick Doohan karena kondisi fungsi kaki kanannya tidak normal. Namun,  pada musim ini hampir seluruh pembalap dari seluruh pabrikan motoGP menggunakan teknologi ini. Apa sih Thumb-Brake Button ini? Fungsinya apa? Kapan digunakannya? Untuk mengetahuinya mari simak ulasan berikut ini.

Fungsi 3

Fungsi “Thumb-Brake Button” pada MotoGPThumb-Brake Button adalah sebuah tombol/tuas yang digunakan untuk menekan rem belakang namun tidak menggunakan kaki, melainkan ditekan dengan menggunakan tangan, lebih tepatnya jari pada jempol kiri. Tuas ini terletak di bagian handlebar (setang) motoGP yang sebalah kiri, tepatnya tepat berada di bawah Strategy Button. Seperti halnya tuas rem belakang yang dipakai dikaki, Thumb-Brake Button juga memiliki fungsi yang sama dan prinsip kerja yang sama, jika ditekan akan membuat roda belakang berhenti berputar.

Fungsi “Thumb-Brake Button” pada MotoGPTuas ini digunakan saat pembalap ingin menekan rem belakang disaat harus melakukan manuver menikung ke kanan. Kita tahu motoGP dapat memiliki sudut kemiringan 65 saat menikung, dimana badan pembalap terutama kaki akan sangat dekat dengan jalan. Saat menikung ke kanan dengan kemiringan yang ekstrem kebanyakan pembalap akan sulit menekan tuas rem belakang dengan menggunakan kaki kanannya karena kemungkinan besar kaki pembalap akan menyentuh aspal saat menekan tuas rem, dan membuat gaya menikung pun menjadi tidak nyaman. Untuk membantu pembalap agar dapat melakukan pengereman belakang dan menikung ke kanan diwaktu yang bersamaan maka digunakan lah teknologi ini. Dengan dipindahkannya tuas rem belakang mejadi di handlebar, maka pembalap dapat leluasa menekan tuas rem belakang tanpa harus mengurangi kenyaman saat menikung ke kanan.

Fungsi “Thumb-Brake Button” pada MotoGP

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Teknologi MotoGP semakin tahun semakin canggih, setiap tahunnya selalu ada teknologi baru yang diterapkan pada motornya. Setelah di artikel sebelumnya…
Tags

About The Author

Rifki Muhammad Fauzi 34
Ordinary

Rifki Muhammad Fauzi

Automotive Enthusiast.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel