5 Konsumsi BBM Motor Sport 250cc di Indonesia

20 Mar 2017 13:58 1110 Hits 0 Comments
mungkin banyak yang bertanya “boros ga sih naik motor sport?” untuk menjawab pertanyaan para pembaca, penulis sajikan beberapa daftar konsumsi BBM dari 5 motor sport 250cc yang paling umum dijumpai Indonesia.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia terbilang cukup tinggi, menurut data Badan Statistik Nasional, pada tahun 2014 kendaraan sepeda motor di DKI Jakarta berjumlah 13 juta unit dengan pertumbuhan 10,5% per tahun. Kirakira pada tahun ini kemungkinan besar jumlah sepeda motor di DKI jakarta saja sudah melibihi 18 juta unit.

Dari jumlah tersebut, tidak hanya jenis sepeda motor bebek, namun di era ini sudah tidak sedikit para pengendara memilih sepeda motor berjenis Sport untuk digunakan sehari-hari. Tren Motor Sports semakin naik setelah banyak film ditelevisi menggunakan motor-motor berjenis ini dalam laganya.

Namun, mungkin banyak yang bertanya “boros ga sih naik motor sport?” untuk menjawab pertanyaan para pembaca, penulis sajikan beberapa daftar konsumsi BBM dari 5 motor sport yang paling umum dijumpai Indonesia. Semua uji yang dilakukan pada ke-5 motor ini berbeda-beda metodenya namun semua diuji dengan menggunakan bahan bakar pertamax dan pada jalan yang normal dan datar.

Konsumsi BBM 3

1. Kawasaki Ninja250FI (21km/liter)

Pengujian motor Kawasaki Ninja 250 FI ini menggunakan metode full to full dimana tank bahan bakar diisi full lalu sepeda motor dikendarai mengelilingi kota jakarta, nantinya motor akan digunakan dalam jarak tertentu untuk diisi kembali bahan bakar. Untuk mendapatkan nilai konsumsi BBM yaitu dengan cara membagi jarak yang ditempuh dengan jumlah bakar yang diisi kembali. Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan konsumsi BBM Kawasaki Ninja 1:21 yang berarti motor sport ini dapat melaju 21 km dengan 1 liter pertamax (motorplus-online)

2. Yamaha YZF R25 (22,7km/liter)

Dengan metode yang sama yaitu full to full, pada R25 pengujian dilaksakan lebih praktis karena R25 sudah memiliki fitur fuelmeter yang dapat memperlihatkan konsumsi bbm pada odometernya. Setelah menempuh jarak yang cukup akan otomatis terlihat konsumsi BBM pengendara, dan rata-rata konsumsi BBM pada Yamaha YZF R25 adalah 1:22,7, yang berarti motor sport ini dapat melaju 22,7 km dengan 1 liter pertamax (otomotifnet)

3. Honda Cbr 250rr (28km/liter)

Dengan metode yang sama yaitu full to full, fuel meter pada motor keluaran tahun lalu pabrikan Honda ini dapat mencapai konsumsi 1:28, yang berarti motor sport ini dapat melaju 28 km dengan 1 liter pertamax (kompas)

4. KTM RC 250 (30km/liter)

Motor yang mengadopsi rangka yang menyerupai sepeda motor prototipe Moto3 ini, diukur dengan menggunakan fuel meter ternyata memiliki konsumsi BBM 1:30, yang berarti motor sport ini dapat melaju 30 km dengan 1 liter pertamax (otomotifnet)

5. Suzuki Inazuma (39km/liter)

Tidak seperti ke-4 motor sport yang dibuat pabrikan pesaingnya, motorsport keluaran pabrikan berlogo S ini bertipe naked sport, atau motor sport yang tidak memakai fairing. Walaupun berkapasitas 250cc motor keluaran suzuki ini dapat menembus konsumsi BBM dengan perbandingan 1:39,9, yang berarti motor sport ini dapat melaju 39,9 km dengan 1 liter pertamax (detik)

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

mungkin banyak yang bertanya “boros ga sih naik motor sport?” untuk menjawab pertanyaan para pembaca, penulis sajikan beberapa daftar konsumsi…
Tags

About The Author

Rifki Muhammad Fauzi 12
Pensil

Rifki Muhammad Fauzi

Automotive Enthusiast.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel