Review Sony Xperia XA, Ponsel Kelas Menengah Atas

10 Jul 2016 19:18 19336 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas  dan perbandingan dengan smartphone lai yang mempunyai ukuran layar 5 inch serta satu kelas 

Salah satu produk buatan SONY yang menyasar pasar menengah atas adalah Xperia XA. Smartphone ini mempunyai ukuran bezel yang paling pendek atau bahkan tidak ber-bezel sama sekali. Layar Xperia XA mempunyai lapisan yang akan selalu melindungi dari goresan tak disengaja. Dengan kemampuan SONY dalam membuat sebuah smartphone yang mempunyai kelas Audio Visual serta mempunyai desain kelas ala XPeria saya rasa smartphone ini dapat menjadi pilihan para pecinta smartphone kelas menengah

Desain fisik

Sony Xperia XA mempunyai ukuran dimensi sebesar 143.6 x 66.8 x 7.9 mm. seperti yang telah saya sebutkan bahwa smartphone ini merupakan smartphone dengan bezel paling minim. Dengan berat hanya 137.4 gram. Mempunyai bezel yang tipis atau hampir tidak mempunyai membuat smartphone ini terkesan panjang, Sony Xperia XA mempunyai bahan bagian samping terbuat dari Metal dan bagian belakang adalah Polycarbonate.

Pada bagian sisi kiri anda akan menjumpai tombol power dan shutter serta pengatur voluse suara semuanya terdesain secara bagus sehingga nyaman dipegang, dibagian sisi sebelah kiri anda menjumpa dua buah slot kartu yang tersembunyi atau terlindungi, nampaknya SONY Xpera XA mempunyai dua macam yaitu yang mempunai nanoSIM dan sebuah microSD ada juga yang microSD terpisah. Sedangkan pada bagian depan layar pada bagian atasnya anda akan menjumpai earpiece, kamera 8 MP, sensor ambient light dan cahaya Notification yang akan selalu memberi tanda anda. Pada bagian bawah layar adalah kosong. Dan bagian bawah dari smartphone ini akan anda jumpai microUSB 2.0 audio Jack 3.5 mm. sedangkan bagian belakang terdapat kamera utama sebesar 13 MP yang terletak di samping kiri atas dengan diiringi oleh singl â LED flash dibawahnya.  Untuk pilihan warna ada beberapa varian yaitu Graphite Black , White, Lime Gold and Rose Gold.

 

Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas

Tampilan Layar

Sony Xperia XA mempunyai ukuran layar sebesar 5 inch yang terlindungi oleh 2.5 D kaca pelindung goresan ( SONY tidak menyebutkan apa mereknya). Ukuran layar 5 inch ini mempunyai resolusi sebesar 720 x 1280 pixel atau disebut dengan 720 p. walaupun tidak setajam layar dengan resolusi 1080p akan tetapi dengan intensitas per pixelnya 294 ppi ( ingat iPhone 6s hanya mempunyai 326ppi) sudah cukup untuk menyajikan konden yang jelas da akurat . teknologi Image enhancements termasuk Mobile Bravia Engine 2, yang akan mempertajam photo dan video dengan mempertajam warna, gambar serta mengurangi noise. Ada juga Super-Vivid mode.

Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas

Konektivitas

SONY Xperia XA mempunyai dua varian yaitu dengan varian single card dan dual – SIM. Juga ada yang mendapat dukungan VolTE yang akan mendukung kualitas audio. Smartphone ini mampu menangkap internet dengan kecepatan 150 Mbps karena dukungan LTE Cat 4. Sebagai media pertukaran file dengan sesame smartphone dukungan Bluetooth 4.1 yang hemat energy sudah disiapkan. Dan juga ketersediaan dari NFC.

 

Kapasitas Baterai

Sony Xperia XA mempunyai baterai yang tipis dan ringant, sehingga membuat smartphone ini ukurannya tipis. Dengan berbekal kapasitas baterai sebesar 2.300 mAh untuk smartphone dengan ukuran 5 inch saya rasa masih kurang. walaupun mempunyai ukuran baterai yang pas pasan akan tetapi karena dukungan PumpExpress 2.0 yang mampu mengisi bateri bertahan sampai 5 jam hanya dengan isi ulang selama 10 menit karena teknologi UCH12

Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas

Untuk menghemat baterai SONY Xperia XA sudah menyediakan beberapa mode yaitu Mode Regular Stamina dan Ultra Stamina. Dengan mode Regular akan menghilangkan fitur fitur seperti GPS dan getar, mengurangi performa. Sedangkan untuk mode Ultra Stamina, smartphone ini akan sangat menghemat baterai dengan hanya menyajikan single homescreen yang dapat mengakses Kontak, pesan teks , kamera serta jam.

Sistem Operasi dan User interface

Sony Xperia XA mempunyai system operasi Android 6.0.1 Marshmallow,dengan tambahan applikasi – applikasi buatan Sony sendiri akan tetapi tetap berpegang teguh pada Android. Xperia XA tersedia dengan memori internal sebesar 16 GB dengan installasi software maka memori bawaan hanya tersisa 8 GB sehingga ketika anda ingin menyimpan file file photo, video dan music maka anda membutuhkan microSD

Kunci dari Xperia dapat dibuka dengan menyapu ke kiri  dan kebawah untuk menunjukkan beberapa notifikasi. Ketika dalam keadaan terkunci anda tidak dapat membuka nya dengan menyapu ke kanan.

Performa dari XPERIA XA

Xperia XA menggunakan chipset buatan MediaTek dega eight Cortex – A53 yang mempunyai clock 2 GHz dan Mali dual Core Mali T860 yang mempunyai RAM sebesar 2 GB. Dengan kompenen hardware tersebut untuk melakukan aktifitas sehari hari dari mulai browsing web dan BBM an serta bermain game kelas menengah saya rasa sudah cukup enteng.

 

Sebagai pembanding dengan smartphone lainya yang sama sama berukuran layar kurang lebih 5 inch dengan tampilan layar 720p. berikut adalah bagan yang telah disajikan menurut AnTuTU 6 ( nilai semakin tinggi semakin baik)

Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas

.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Review Sony Xperia XA, ponsel kelas menengah atas  dan perbandingan dengan smartphone lai yang mempunyai ukuran layar 5 inch serta…
Tags

About The Author

supriyanto 52
Bolpoint

supriyanto

Menyukai sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto