Review Spesifikasi Edimax BR-6428nS V2

20 Jan 2016 17:04 3710 Hits 5 Comments
Wi-Fi Router Multifungsi (Wi-Fi Router, Access Point, Range Extender), tangguh, dan ramah lingkungan.

Masa liburan berakhir, saya kira saya akan kembali ke rutinitas saya sebelumnya, bermalas-malasan. Namun, nasib berkata lain, sejak bulan Januari, saya resmi di-PHK sebagai pengangguran. Saya sempat suntuk (untungnya gak sampe stroke), namun, itulah resiko hidup. Hidup itu keras... Percuma besar dan atau panjang jika tidak sekeras baja, tul gak?

Pekerjaan pertama saya di awal tahun 2016 adalah instalasi jaringan internet di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kotabaru. Setelah survey lokasi, diskusi dengan Kabid dan Kasubag Humas, serta konsultasi dengan Supplier, dipilihlah Wi-Fi Router Edimax BR-6428nS V2 sebagai akses point yang akan dipasang di enam titik.

Untuk berbagi pengalaman ini, Review Spesifikasi Wi-Fi Router Edimax BR-6428nS V2 berikut saya susun dengan harapan dapat membantu para pembaca yang ingin mencari referensi tentang alat ini.

Kita mulai dari Dimensi dan Antarmukanya.

Desain 3

Dimensi

Edimax BR-6428nS V2 merupakan varian kedua dari tipe dan seri yang sama, perbedaannya pada V2 adalah kedua antena yang lebih pendek dengan ukuran standard (7 inch).

Review Spesifikasi Edimax BR-6428nS V2: Router Multifungsi

Router yang berdimensi Panjang 13.5 cm x Lebar 11 cm x dan Tinggi 2.8 cm ini dibalut dengan warna putih glossy pada bagian atas dan warna abu-abu pada bagian samping.

Untuk menempelkannya di dinding, pada bagian bawah terdapat tiga buah lubang untuk bracket atau paku/baut. Alternatif lain adalah dengan menempelkan double tape yang mungkin bisa menyangga berat keseluruhan termasuk kedua antenanya yaitu 161 gram.

Namun disarankan untuk menggunakannya hanya pada ruangan ber-AC atau menambahkan fan kecil agar panas yang ditimbulkan alat ini tidak merusak daya rekat double tape yang dipakai.

Antarmuka

  • Panel Depan

Indikator Status LED Keterangan
Power (nomor 1) On Router hidup dengan status normal
  Off Router mati atau belum dialiri listrik
WLAN (nomor 2) On Koneksi wireless aktif
  Off Koneksi wireless tidak aktif
  Berkedip Koneksi wireless sedang berlangsung
WAN (nomor 3) On Port WAN terkoneksi
  Off Port WAN tidak terkoneksi
  Berkedip Koneksi WAN sedang berlangsung
LAN 1-4 (nomor 4-7) On Port LAN terkoneksi
  Off Port LAN tidak terkoneksi
  Berkedip Koneksi LAN sedang berlangsung

 

  • Panel Belakang

Nama Item Keterangan
Antena (Warna Ungu) Antena Wireless
LAN (Warna Kuning) LAN (Local Area Network) Port 1 sampai Port 4
WAN (Warna Biru) Port WAN (Wide Area Network)
5VDC (Warna Abu-abu) Port Adaptor
WPS/Reset (Warna Hitam)

Reset ke pengaturan awal (tekan 20 detik)

WPS (tekan 2-5 detik)

Dilihat dari dimensinya, router ini terbilang ramping dan ringan. Kedua antenanya juga fleksibel untuk diputar namun sifatnya built-in sehingga tidak bisa dilepas pasang. Pilihan warna yang ditawarkan juga hanya warna putih sebagai ciri khas kebanyakan alat yang diproduksi Edimax.

Antarmuka yang ditawarkan cukup lengkap, seperti lampu indikator dan port yang disediakan, serta tombol dua fungsi untuk reset dan WPS. Sayangnya alat ini tidak menyediakan tombol Power On/Off.

User Rating

3.5
2 Ratings
5
0
0
4
1
1
3
1
1
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Wi-Fi Router Multifungsi (Wi-Fi Router, Access Point, Range Extender), tangguh, dan ramah lingkungan.
Tags

About The Author

Tuhuk Ma'arit 48
Pena

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel