3 Aplikasi Membaca Manga Gratis Untuk Android dan iOS

29 Sep 2016 15:00 36328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membaca Manga dan Manhwa di smartphone lebih nyaman dengan menggunakan ketiga aplikasi ini.

Membaca manga, mungkin sudah menjadi hobi bagi sebagian rekan pembaca disini. Namun, yang mungkin menjadi masalah bagi kebanyakan orang adalah terbatasnya tempat untuk melakukan hobi tersebut.

Apalagi jika kita memiliki sebuah manga yang berbentuk buku secara fisik, tentunya kita tidak ingin repot dengan membawa buku tersebut kemana-mana hanya untuk membacanya nanti.

Tapi hal itu bukan masalah lagi, karena seiring berkembangnya zaman, teknologi telah mengubah cara orang membaca sebuah buku, khususnya membaca manga. Orang-orang yang asalnya membaca manga lewat sebuah buku komik. Sekarang mereka dapat membacanya secara digital lewat situs-situs membaca manga baik yang resmi maupun tidak resmi dengan menggunakan komputer.

Yang mungkin menjadi masalah sekarang, situs-situs membaca manga jika dibuka menggunakan smartphone baik itu iOS atau Android, selalu menampilkan tampilan yang membuat penggunanya tidak nyaman untuk membaca.

Berawal dari situ, banyak pengembang aplikasi mengembangkan berbagai aplikasi untuk membaca manga yang tentunya didesain khusus untuk memberikan pengalaman membaca yang nyaman bagi para penggunanya.

Dari sekian banyak aplikasi membaca manga gratis yang tersedia di internet, berikut ini adalah 5 aplikasi untuk membaca manga yang menurut penulis memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik dalam membaca manga.

1. Manga Rock 4

Adalah sebuah aplikasi membaca manga yang dibuat dan dikembangkan oleh sebuah studio di Singapura bernama “Notabasement” (dibaca Not a Basement) yang dapat rekan pembaca temukan di Google Play Store.

Menurut penulis, aplikasi untuk membaca manga dengan gratis ini adalah aplikasi membaca manga terbaik yang tersedia di Google Play Store. Tentunya penilaian ‘terbaik’ tersebut hanya didapatkan aplikasi ini setelah penggunanya menggunakan versi full-nya yang dapat rekan pembaca beli dengan kisaran harga 70 ribu-an, atau tergantung pada kurs dollar setiap harinya.

Kenapa penulis bilang terbaik?

Selain tampilannya yang memang memberikan pengalaman membaca melalui tampilan mobile-view dengan pengalaman dan kenyamanan terbaik.

Aplikasi Manga Rock juga memiliki sumber manga yang lengkap yang bersumber dari berbagai situs membaca manga gratis populer di internet yaitu, MangaReader, MangaEden, Batoto, MangaFox dan MangaHere.

Seperti situs-situs membaca manga gratis pada umumnya, pada aplikasi ini juga para pengguna dapat mencari manga yang ingin dicari berdasarkan genre-nya, status manga (apakah sudah completed atau masih on-going), serta berdasarkan pengurutannya (urutan nama atau popularitas).

Selain itu, Manga Rock juga memiliki fitur praktis lainnya seperti fitur download manga untuk kemudian disimpan ke dalam ruang penyimpanan di smartphone kita. Fitur atau fungsi ini tentunya merupakan favorit dari mereka yang rumahnya jauh dari koneksi internet atau jarang mendapatkan koneksi yang bagus.

Ditambah lagi, fungsi navigasinya yang sederhana dan mudah untuk dimengerti membuat aplikasi ini juga layak untuk mendapatkan acungan jempol.

Yang sangat disayangkan, pengguna gratisan yang tidak membeli versi penuh (full version) dari aplikasi ini mungkin agak sedikit terusik kenyamanannya dengan tampilan-tampilan iklan di bagian bawah layar.

Selain itu ruang atau slot untuk men-download manga juga dibatasi hanya 1 slot saja. Tapi jangan khawatir, untuk slot download, pengguna dapat menambahnya dengan cara menyaksikan iklan-iklan yang tersedia di aplikasi tersebut.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan spesifikasi perangkat Android atau iOS pembaca sudah memenuhi spesifikasi minimum di bawah ini.

• Android dengan sistem operasi ICS 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan di atasnya

• ruang penyimpanan 5 MB (untuk aplikasinya saja) dan beberapa ratus megabytes untuk manga

• Ukuran atau resolusi layar minimal 480 x 800 pixels

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

0.0
No Rating

Summary

Membaca Manga dan Manhwa di smartphone lebih nyaman dengan menggunakan ketiga aplikasi ini.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel