Inikah Alasan Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Enzim

8 Jul 2015 07:50 5384 Hits 0 Comments
Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi mempercepat penyerapan nutrisi makanan

Mungkin saat menjalani ibadah puasa di bulan yang penuh berkah  ini, Anda pernah merasakan atau mengalami gangguan pencernaan, alergi pada makanan tertentu, indikasi kolesterol tinggi karena pola makan yang tak terkontrol, gejala asam urat, atau peradangan pada organ-organ tubuh tertentu. Jika mengalami masalah tersebut, jangan anggap remeh, ada kemungkinan tubuh Anda mengalami kekurangan enzim.

Di tengah gaya hidup modern dan pola makan yang serba instan, seringkali tubuh tidak menghasilkan enzim yang mencukupi. Padahal enzim sangat diperlukan untuk melancarkan metabolisme dan membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh.  

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi mempercepat penyerapan nutrisi makanan yang sangat diperlukan tubuh. Dengan kata lain, Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi)

 

Tanpa Enzim< fungsi tubu menurun

Tanpa enzim yang mencukupi, daya kerja di dalam tubuh akan berjalan lambat, nutrisi akan menumpuk, dan fungsi tubuh pun akan mengalami penurunan. Imunitas serta aktivitas fungsi tubuh pun akan berkurang. Akibatnya, bisa menyebabkan gangguan-gangguan di tubuh, bahkan memicu timbulnya berbagai penyakit meski tubuh sudah memperoleh semua zat gizi yang diperlukan.

Prof Chau Chi Fai, pakar kesehatan dari Taiwan, Prof Food & Biology, Chinese University of Hongkong dalam acara seminar kesehatan di Jakarta beberapa waktu lalu menyatakan, untuk mengatasi kekurangan enzim dan menjaga kesehatan, dianjurkan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi asupan enzim dari suplemen agar kerja enzim dalam tubuh bisa optimal. Saat ini juga banyak beredar suplemen untuk membantu menjaga atau mengatasi kekurangan enzim, termasuk yang dijual jalur khusus maupun OTC.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

1.0
Bad

Summary

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi mempercepat penyerapan nutrisi makanan
Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel