GPD Q9, Tablet Gaming Murah Hanya 1 Jutaan Saja

26 Apr 2015 19:00 30097 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

GPD Q9 merupakan tablet gaming murah yang hadir dengan prosesor ARM Cortex-A17 quad-core dengan kecepatan lari hingga 1,7 GHz.

Tablet gaming umumnya dibanderol dengan harga yang tergolong mahal. Namun, tablet yang satu ini sedikit berbeda. Tablet bernama GPD Q9 justru dijual dengan harga yang murah, yakni sekitar 1 jutaan. Tidak berlebihan jika kemudian menyebut produk ini sebagai tablet gaming murah.

Tablet GPD Q9  ini merupakan tablet gaming murah yang memang ditujukan untuk pengguna Android yang membutuhkan pengalaman bermain yang sempurna. Tablet sejenis memang ada banyak namun sayangnya harganya kadang tidak sesuai dengan kantong gamer yang pas-pasan. Lalu, seperti apa tablet yang satu ini? Simak ulasanya berikut ini.

Tablet GPD Q9 

GPD Q9 merupakan tablet yang hadir dengan prosesor ARM Cortex-A17 quad-core dengan kecepatan lari hingga 1,7 GHz. Tentu dengan spesifikasi tersebut tablet ini menawarkan kemampuan yang baik dalam hal performa gaming. Terlebih memang, tablet ini merupakan tablet spesialis gaming.  

Desain

Desian dan bentuk yang terbayang dari sebuah tablet khusus untuk bermain game adalah tablet dengan layar besar dan didukung kontrol tersendiri, mirip Nvidia Shield. Beberapa tablet lainnya juga kurang lebih berkonsep sama. Tetapi, GPD Q9 justru hadir dengan konsep tablet yang sangat berbeda. Tablet ini justru terlihat seperti konsol gaming handheld. Bentuknya mirip dengan perangkat semacam Gameboy Advance atau PSP. Ada tombol navigasi seperti X,Y, A, B, dan tanda plus atau arah yang umum hadir di perangkat gaming. Tentunya dengan bentuk seperti ini membuat tablet ini lebih tepat sebagai handheld Android dibandingkan sebuah tablet.

Layar

Umumnya sebuah perangkat gaming portable memiliki layar yang kecil. Namun, khusus GPD Q9 jadi lain cerita. Mengingat produk ini adalah sebuah tablet, yang notabene memiliki layar lebih besar, maka ini membuat GPD Q9 sebagai perangkat gaming portable layar besar. Layarnya mengusung 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Resolusi memang tidak terlalu bagus karena tidak mengusung tampilan HD. Tetapi layarnya ini tentu masih bisa diandalkan karena tablet ini bisa menampilkan gambar dengan jelas meskipun ditilik dari berbagai sudut manapun.

Performa

Soal performa dari tablet, tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, tablet ini sudah didukung dengan prosesor yang mumpuni. GPD Q9 dibekali dengan prosesor ARM Cortex-A17 quad-core dengan kecepatan lari hingga 1,7 GHz. Prosesornya ini didukung dengan pengolah grafis Mali-T764. Kedua prosesor ini tersemat dalam sebuah chipset Rockchip RK3288. Chipset ini memang jarang digunakan oleh produsen lain. Tetapi bukan berarti chipset ini jelek. Bisa dibilang kemampuan chipset ini masih bisa bersaing dengan chipset lain semisal Nvidia ataupun Qualcomm.

Memori

Soal RAM,  GPD Q9 sudah didukung dengan RAM 2GB. Kapasitas RAM ini sudah mumpuni untuk mendukung  menjalankan game kelas atas. Sayangnya, pengguna perlu menyematkan slot microSD tambahan untuk menyimpan game dengan grafis kelas atas tersebut karena ukuran yang tergolong besar. Sebenrnya, kapasitas GPD Q9 juga sudah lumayan bisa diandalkan, yakni 8GB. Tapi, jika pengguna menginstal banyak game, tentu pilihan microSD hingga 32GB jadi pilihan utama.

Kamera

Untuk yang satu ini, jangan berharap banyak. Tablet ini lebih mengutamakan pengalaman bermain game dibandingkan fotografi. Karena itu, tidak aneh jika kamera yang tersemat di tablet ini hanyalah kamera jenis VGA yang terletak di bagian depan dan belakang. Tidak ada fitur istimewa di kameranya, seperti dukungan LED Flash maupun autofokus. Jadi, kamera yang ada di tablet ini hanya sebagai pelengkap saja dan tidak cocok digunakan untuk keperluan utama.

Konektivitas

Ada WiFi, ada HDMI, dan ada juga Bluetooth yang tersemat di tablet ini. Sayangnya, konektivitas GPS tidak tersemat di tablet ini. Tapi, untungnya, tablet ini masih mendukung jaringan komunikasi karena telah mendukung konektivitas 3G HSPA.  Tentu saja ini membuat perangkat ini jadi spesial karena bisa digunakan untuk bermain game dan menelepon. Sayangnya, belum ada informasi terkait kapasitas baterai tablet dengan OS Android KitKat ini. 

Kesimpulan

Tablet GPD Q9 merupakan tablet yang lebih cocok diguankan untuk bermain game dibandingkan untuk keperluan lainnya. Tablet ini adalah pilihan tepat bagi gamer dengan budget terbatas yang membutuhkan sebuah perangkat gaming Android. Betapa tidak, untuk sebuah tablet yang dikhususkan untuk bermain game, GPD Q9 hanya dibanderol sekitar  $120 atau sekitar Rp 1,5 juta-an. Sebuah harga yang tentunya cukup murah. Sayangnya, perangkat ini hanya tersedia di Tiongkok saja. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel