Smatphone Ubuntu Pertama ini Tidak Kalah dengan Android

21 Apr 2015 11:00 3339 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartphone Ubuntu pertama di dunia adalah  BQ Aquaris E4.5 yang hadir dengan layar 4,5 inch dengan performa menjanjikan dari prosesor quad core dan RAM 1GB

Kehadiran smartphone Ubuntu sudah ramai dibicarakan sejak tahun 2014. Namun perangkat yang menjalankan OS tersebut baru muncul pada bulan April 2015. Sejatinya, spesifikasi perangkat Ubuntu ini tidak jauh berbeda dengan smartphone kelas menengah Android, yaitu mengusung prosesor Quad Core.

Sementara perusahaan pertama yang menghadirkan smartphone Ubuntu ini adalah BQ. Perusahaan ini berbasis di Spanyol dan saat ini telah melakukan ekspansi ke sejumlah negara, seperti Inggris, Italia, Perancis, Portugal, Uruguay, Meksiko dan Belanda. Melalui smartphone Quad Core terbarunya ini, pengguna sekarang bisa mendapatkan alternatif smartphone selain Android.

BQ Aquaris E4.5

Smartphone Ubuntu ini adalah BQ Aquaris E4.5. Sejatinya seri memiliki dua versi, yaitu versi Android dan Ubuntu. Untuk perangkat yang dijalankan pada OS Ubuntu, spesifikasi teknis yang disematkan tidak jauh berbeda dengan versi Android, seperti adanya layar qHD seluas 4.5 inch, dual kamera, dual SIM, RAM 1 GB dan memori internal berkapasitas 8 GB. Untuk mengetahui detail smartphone Ubuntu pertama ini, simak ulasan berikut!

Desain dan Layar

Sama seperti BQ Aquaris E4.5 versi Android, smartphone Ubuntu ini pun hadir dengan desain mengotak, memiliki dimensi bodi sebesar 137 x 67 x 9 mm dan bobot seberat 123 gram, membuatnya cukup ringkas saat digenggam. Membawa layar sentuh seluas 4.5 inch, smartphone ini pun membawa resolusi sebesar qHD 540 x 960 piksel dan kerapatan 240 ppi. Layar tersebut menampilkan kualitas warna cukup baik dan memiliki dukungan teknologi IPS serta proteksi dari DragonTrail Glass.

Hardware

Dijalankan pada OS Ubuntu, smartphone ini mengandalkan prosesor Quad Core Cortex A7 dengan kecepatan 1.3 GHz dari chipset MediaTek. Selain kinerjanya yang tergolong prima, BQ Aquaris E4.5 juga mengandalkan RAM 1 GB, GPU Mali 400, internal storage 8 GB dan slot microSD untuk menunjang mobilitas Anda.

Kamera

Smartphone Ubuntu ini pun memiliki fitur dual kamera. Pada bagian belakangnya terdapat kamera berukuran 8 MP yang dilengkapi dengan fitur dual LED flash, auto focus dan kemampuan merekam video 1080p. Sementara di bagian depannya tersedia kamera 5 MP.

Konektivitas

Sama seperti versi Android, BQ Aquaris E4.5 versi Ubuntu ini pun menawarkan fitur dual SIM stand-by. Kedua slot tersebut dapat berjalan pada jaringan GSM 850/900/1800/1900 dan HSPA+ 900/2100. Disamping itu, terdapat pula dukungan fitur konektivitas dan pendukung lain yang dapat Anda gunakan, seperti fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, microUSB 2.0, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, brightness sensor, proximity sensor, accelerometer, eCompass, gyroscope, dan micro-USB OTG slot.

Ubuntu Store

Setiap sistem operasi tentu menawarkan toko aplikasi yang dapat digunakan penggunannya guna mencari aplikasi dan game untuk dipasangkan pada perangkatnya. Begitu pula dalam smartphone ini yang dilengkapi dengan toko aplikasi bernama Ubuntu Store yang saat ini telah memiliki aplikasi yang cukup lengkap. Sebagai langkah awal, Ubuntu Store telah menyediakan berbagai aplikasi menarik yang dapat diinstall penggunannya, seperti aplikasi WhatsApp, Candy Crush Saga, Cut the Rope, Telegram, HERE Maps, Facebook dan Twitter.

Kesimpulan

Berbekal dukungan prosesor Quad Core, layar qHD, RAM 1 GB, fitur dual SIM dan dual kamera, BQ Aquaris E4.5 versi Ubuntu ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan versi Android. Namun, Anda akan mendapatkan experience berbeda dengan kinerja yang dihasilkan oleh sistem operasi yang baru mendukung smartphone ini. Saat ini, ponsel ini sudah mulai dijual di pasar Eropa, seharga 170 euro atau Rp 2,3 jutaan. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel