Microsoft Surface 3 Akhirnya Resmi Diperkenalkan

14 Apr 2015 14:00 4458 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dinamis, tipis, ringan, dan efisien merupakan tiga kata yang menggambarkan perangkat Microsoft Surface 3. Perangkat yang memang ditunggu kehadirannya di tahun 2015 ini.

Perusahaan raksasa Microsoft kembali mengeluarkan inovasi. Pasca merilis sistem operasi Windows 10 secara resmi, perusahaan ini kembali menelurkan perangkat barunya. Perangkat ini adalah Microsoft Surface 3 yang didalamnya mendapatkan dukungan penuh dari OS Windows 8.1.

Perangkat Microsoft Surface 3 ini diklaim memiliki banyak kelebihan. Seperti dinamis, tipis, ringan, dan efisien. Selain itu, yang membuat perangkat ini menarik adalah harga jual yang tergolong reasonable.

Microsoft Surface 3 VS Pro 3

Beberapa waktu sebelumnya, perusahaan ini pun menelurkan Surface Pro 3. Namun, ada beberapa hal mendasar yang membuat perangkat ini berbeda dengan sang kakak, seperti ukuran dan bobot bodi yang lebih ramah di kantong, luas layar yang lebih compact, dan hardware yang mengalami sedikit penurunan. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenal Surface 3, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini!

Desain

Dalam sektor desain dan material, Surface 3 memiliki konsep menyerupai seri Surface Pro 3. Namun yang membedakan, Surface 3 hanya memiliki ketebalan sebesar 8.7 mm dan bobot seberat 622 gram, membuatnya begitu ramah di kantong, memudahkan Anda membawanya kemana saja pergi. Selain itu, mode kick stand pun tetap dibawa oleh Microsoft, memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan posisi perangkat.

Layar

Begitu pula dalam sektor layar dimana Surface 3 mengusung layar sentuh seluas 10.8 inch, sedikit lebih mungil dibanding Surface Pro 3 yang membawa luas layar 12 inch. Layar tersebut memiliki aspek ratio 3:2, menyerupai Surface Pro 3 sehingga dapat menghasilkan sudut pandang yang lebih optimal untuk membaca, menonton konten video maupun bermain game.

Hardware

Sekalipun spesifikasi hardware perangkat ini berada di bawah seri Surface Pro 3, namun Microsoft menjanjikan performa tetap powerfull melalui adanya dukungan prosesor empat inti berkecepatan 1.6 GHz dari chipset Intel Atom x7 yang diklaim menyuguhkan kemampuan mampuni dan dirancang dapat mengoptimalkan penggunaan baterai. Berjalan prima pada sistem oeprasi Windows 8.1, ada pula dukungan RAM 2 GB pada perangkat ini yang dapat diekspansi sampai dengan 4 GB, serta memori penyimpanan SSD dengan pilihan kapasitas 64 GB dan 128 GB.

Konektivitas dan Kamera

Terdapat pilihan konektivitas LTE dan non LTE pada Surface 3. Disamping itu, kedua varian tersebut juga telah dilengkapi fitur konektivitas pendukung, seperti WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, port USB 3.0, Mini Display Port dan microSD card. Sedangkan dalam sektor kamera, Surface 3 menawarkan kamera belakang berukuran 8 MP dan kamera depan berkekuatan 3.5 MP.

Aksesoris dan Fitur Pendukung

Untuk meningkatkan produktivitas Anda melalui perangkat ini, Anda pun dapat menambahkan aksesoris tambahan bernama Surface 3 Type Cover yang berfungsi sebagai keyboard. Sementara beberapa fitur yang turut melengkapi Surface 3 meliputi layaan Office 365 Personal, berisikan sejumlah program seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote serta layanan cloud sebesar 1 TB dari OneDrive.

Kesimpulan

Sekalipun Surface 3 pertama kali rilis berjalan pada sistem operasi Windows 8.1, namun Microsoft menjanjikan bahwa perangkat ini akan mendapat upgrade Windows 10 saat OS tersebut sudah tersedia untuk public. Selain itu, berkat adanya chipset Intel Atom x7 yang disematkan, perangkat ini pun ketahanan baterai mencapai 10 jam lamanya. Microsoft Surface 3 rencanannya akan mulai dijual secara umum pada bulan Mei mendatang dengan harga $449 atau sekitar Rp 6 jutaan. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel