B612, Aplikasi Selfie Gratis yang Menarik dari Developer LINE

4 Apr 2015 10:00 23799 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nama B612 tentunya merupakan nama yang bisa dibilang aneh untuk sebuah aplikasi selfie. Pemberian nama ini seolah membuat Naver tidak memiliki ide atau kreatif untuk memberikan nama yang lebih menjual. Namun, rupanya Naver punya alasan sendiri. Penamaan B612 untuk sebuah aplikasi fotografi ternyata cukup unik. Nama tersebut ternyata berasal dari sebuah novel berjudul 'The Little Prince'. Di novel tersebut, ada sebuah planet yang dinamakan dengan B612.

Selfie, salah satu kata yang mendadak populer di tahun 2013. Istilah ini sering menjadi viral dan sering jadi bahan pemberitaan di internet. Betapa tidak, istilah yang merujuk pada gaya berfoto yang dilakukan oleh diri sendiri ini memang mengasyikkan. Terlebih kini banyak perangkat pendukung untuk melakukan selfie, seperti smartphone atau tablet dengan kamera yang baik.

Hal itu juga serasa belum cukup karena di toko aplikasi, beredar banyak aplikasi khusus selfie. Bahkan, kini Naver, perusahaan yang menghadirkan aplikasi Chat Line, meramaikan aplikasi selfie ini dengan kehadiran B612. Benar sekali, B612 adalah sebuah nama aplikasi yang dibesut Naver Japan untuk keperluan selfie. Seperti apa aplikasi yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

 

KONSEP

Nama B612 tentunya merupakan nama yang bisa dibilang aneh untuk sebuah aplikasi selfie. Pemberian nama ini seolah membuat Naver tidak memiliki ide atau kreatif untuk memberikan nama yang lebih menjual. Namun, rupanya Naver punya alasan sendiri. Penamaan B612 untuk sebuah aplikasi fotografi ternyata cukup unik. Nama tersebut ternyata berasal dari sebuah novel  berjudul 'The Little Prince'. Di novel tersebut, ada sebuah planet yang dinamakan dengan B612.

Lantas, apa  yang membuat Naver membesut aplikasi selfie ini? Tampaknya Naver memang ingin menghadirkan aplikasi alternatif untuk melakukan selfie. Naver memahami bahwa kebutuhan selfie begitu tinggi karena itu, tidak perlu alasan untuk tidak meramaikan fenomena ini. Naver sendiri membangun B612 dengan konsep yang menarik. Lewat aplikasi ini, Naver mencoba menghadirkan aplikasi yang fokus pada kualitas dan ketajaman hasil foto bagian wajah dan bagian badan penggunanya.

aplikasi selfie aplikasi selfieaplikasi selfie aplikasi selfie

 

DESAIN DAN ANTARMUKA

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan desain dan tampilan antarmuka yang tidak ribet. Naver menghadirkan tampilan antarmuka yang praktis dengan latar warna hitam. Kesederhanaan ini tentunya bertujuan agar pengguna merasa lebih nyaman dalam mengatur foto dan mengedit foto. Secara keseluruhan, desain dan tampilan antarmuka aplikasi ini cukup simpel dan cukup baik. Tidak terlalu banyak teks tetapi lebih mengandalkan ikon yang tentunya tidak terlalu sulit dibaca fungsinya oleh pengguna.

 

FITUR

Tidak seperti aplikasi selfie lainnya, B612 hadir sebagai aplikasi yang tidak memiliki pengaturan teknis yang rumit. Naver selaku pengembang lebih mengarahkan aplikasi untuk kebutuhan maksimal dengan berbagai macam fitur yang menarik. Fitur yang menarik salah satunya adalah fitur Vignette dan Tilt-Shift. Kedua fitur ini sangat mudah digunakan. Pengguna tidak perlu repot-repot mengatur banyak setup. Fitur ini sendiri berguna untuk mengaktifkan kamera ketika aplikasi ini langsung diakses. Tidak hanya itu, dengan aplikasi selfie ini, pengguna juga bisa memotret dengan mudah lewat menyentuh layar di bagian manapun.

Hanya itu? Tentu saja tidak, Naver memberikan lebih dibandingkan sebuah aplikasi selfie. Pembesut LINE itu menghadirkannya lebih dari empat puluh jenis filter yang bisa digunakan oleh pengguna. Filter-filter tersebut dapat pengguna akses di bagian bawah foto. Menariknya, sebelum menggunakan filter tersebut, pengguna bisa melihat terlebih dahulu hasil foto yang sudah diberikan efek filter.

Ada juga fitur kolase. Fitur yang satu ini dihadirkan oleh Naver untuk pengguna yang rajin mengoleksi foto selfie mereka. Koleksi-koleksi foto tersebut bahkan bisa dikirim atau dibagikan ke berbagai jejaring sosial, tidak hanya LINE, tetapi juga jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, bahkan blog. Tentunya pengguna juga bisa menggunakan foto-foto tersebut untuk keperluan profil foto.

 

 

KESIMPULAN

B612 adalah aplikasi selfie yang menarik. Banyak fitur dan kegunaan yang berguna dan menarik untuk digunakan oleh para pecinta selfie. Aplikasi ini tentu sangat direkomendasikan untuk digunakan. Terlebih lagi jika pengguna menyukai pengambilan foto tanpa suara Shutter, maka aplikasi inilah jawabannya. Tertarik dengan aplikasi ini? Aplikasi ini tersedia gratis untuk para pengguna. Sayangnya, aplikasi ini hanya ada di iTunes App Store. Hal ini berarti bahwa pengguna iPhone dan iPad-lah yang bisa menikmati aplikasi ini. Belum ada kejelasan apakah nantinya Naver juga akan menghadirkan aplikasi ini di platform Android atau tidak. [HMN]

Link Download Aplikasi B612 (Untuk platform iOS)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel