Toyota FT-1: Konsep Mobil Sport Toyota yang Lahir dari Game Gran Turismo 6

5 Feb 2014 11:15 34776 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai konsep mobil sport Toyota yang merupakan hasil perwujudan nyata dari game Gran Turismo 6, Toyota FT-1 menjadi bintang pertunjukan di Detroit Motor Show 2014.

Sebagai konsep mobil sport Toyota yang merupakan hasil perwujudan nyata dari game Gran Turismo 6, Toyota FT-1 menjadi bintang pertunjukan di Detroit Motor Show 2014. Dan jika Anda merupakan tipe orang yang tidak sabar untuk menanti kehadiran mobil sport Toyota ini, maka tak perlu cemas, karena Anda sudah bisa ‘mengemudikan’ FT-1 ini sebagai bagian dari download khusus yang dibuat dan hanya tersedia untuk game Gran Turismo 6 untuk konsol PlayStation.

Inspirasi dari Mobil Video Game

Pembuat mobil selalu dikenal kurang responsif tentang apa yang diinginkan dari penggemarnya, tapi dari dari beberapa pernyataan dari sang pencipta mobil sendiri, tampaknya jelas bahwa mereka menjadi semakin khawatir bahwa generasi saat ini lebih tertarik pada ponsel dan video game, daripada mobil. Itu bagian dari alasan mengapa akhir-akhir ini beberapa pabrikan mobil menciptakan sesuatu yang nyata dari video game, seperti Mercedes-Benz dengan Vision GT Concept-nya, dan saat ini Toyota menciptakan konsep mobil dari game balap guna memuaskan hasrat para pencinta game balap. Tidak hanya dua produsen ini saja yang memperkenalkan mobil sarat akan emosi ini, Di Detroit, kepala desain global Nissan mengatakan bahwa saat ini perusahaannya sedang mengembangkan sesuatu yang unik untuk GT6 juga, yang mana para pencinta otomotif sudah dikenalkan dengan Nissan BladeGlider.

Namun, sementara konsep Mercedes memang terdengar serius dan sungguh-sungguh, Toyota memiliki alasan lain untuk keberadaan konsep mobil sport Toyota ini. Ini menunjukkan keinginan Toyota untuk membangun mobil sport yang lebih menarik lagi, dan ini akan menjadi pengganti dari Toyota Supra yang melegenda dari era 90an hingga saat ini.

Pada ajang pameran di Detroit, Toyota hanya menggunakan stand yang kecil, namun keberadaan mobil konsepnya ini sangat mencolok, maka tak ayal stand kecil Toyota ini menarik banyak perhatian pengunjung, karena memang desain dari mobil ini yang garang dan seolah-olah keluar dari layar mesin game. Tapi tak menampik kemungkinan bahwa mungkin beberapa orang tidak menyukai estetika dari mobil ini, karena Toyota akhir-akhir ini dikenal sebagai produsen yang membuat mobil dengan desain ‘kalem’ dan elegan, seperti Toyota Prius misalnya.

Ini adalah mobil konsep tentu saja, berbicara tentang dapur pacu, pabrikan Toyota masih enggan untuk memberikan bocoran tentang dapur pacu apa yang dibawa oleh mobil ini. Namun dilihat dari desainnya, FT-1 dengan jelas menunjukkan tata letak mesin berada di bagian depan, dan dibuat rear-wheel Drive ketika mobil ini benar-benar dipasarkan untuk mengaspal. Satu hal yang mungkin sedikit aneh, meskipun, konsep ini tampaknya dikembangkan secara independen dari joint venture Toyota dengan BMW yang juga mengembangkan mobil sport rear-wheel drive berkekuatan hybrid. Toyota mengatakan FT-1 bukan hybrid, yang merupakan kejutan mengingat sejarah dan keahlian perusahaan di sektor mobil sport di era lampau.

Penggabungan Konsep Mobil Sports Lain

Visual desain dari konsep mobil sport Toyota ini terlihat seperti gabungan dari beberapa mobil sport lain. Seperti saya belakang yang berukuran besar menyerupai sayap dari mobil sport McLaren/Bugatti, sudut meruncing di bagian depan tengah terlihat seperti hidung dari mobil F1, diapit oleh dua lubang menganga yang membawa detail retro, yang memungkinkan Anda untuk melihat kipas di dalamnya. Ada juga ciri khas mobil balap yang terasa kental dalam mobil ini, atap double-bubble, dan Plexiglas raksasa yang memungkinkan Anda untuk melihat mesin mobil secara dari luar. Seperti Ferrari, tapi ini adalah mobil lain.

Bemper dan sayap,  memang merepresentasikan bahwa mobil ini terinspirasi dari mesin jet darat, F1. Tetapi jika Anda ingin merasakan menyetir seperti mobil balap sungguhan, maka Anda akan disuguhi dengan kokpit di mana kokpit terasa benar-benar berbeda. Roda kemudi dibuat seperti layaknya Ferrari, dengan sepasang paddle shifter terpasang, berbagai tombol penyesuaian.

Di bagian dashboard, nantinya Anda akan disuguhkan dengan informasi tentang lintasan sirkuit balap, dan head-up display tentang kecepatan Anda, rev dan semua info umpan balik yang sangat membantu Anda.

Tak sedikit yang meragukan bahwa konsep mobil ini akan diwujudkan, tetapi ide ini telah membuat industri otomotif menjadi bergairah. Dan untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman mengendarai mobil ini, maka Anda bisa mencicipinya dengan game GT6 pda konsol game PlayStation 3. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel