Kamera DSLR Nikon D7100 Terbaru dan Tertinggi Di Kelasnya

11 Dec 2014 17:00 13284 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nikon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama merajai pasar dari kamera di segala lini. Bersaing bersama Canon, kedua perusahaan kamera yang besar ini berlomba-lomba menciptakan produk kamera yang terbaik dengan gaya masing-masing.

segala lini. Bersaing bersama Canon, kedua perusahaan kamera yang besar ini berlomba-lomba menciptakan produk kamera yang terbaik dengan gaya masing-masing. Dari waktu ke waktu telah banyak kamera dari seri pocket camera sampai seri DSLR bermunculan.

Telah banyak pula perusahaan lain yang mencoba mengembangkan produk kamera untuk menyaingi 2 perusahaan besar ini. terlepas dari fenomena tersebut, kali ini Paseban.com dalam artikel ini akan mengulas suatu produk kamera terbaru keluaran Nikon. Kamera terbaru yang akan diulas adalah Kamera DSLR Nikon D7100. Silahkan simak!

 

Fitur Nikon D7100 

Nikon D7100 merupakan kamera SLR besutan Nikon dengan model tertinggi. Fitur pada Kamera DSLR Nikon ini cukup lengkap bahkan melebihi kemampuan D300s yang juga merupakan kamera profesional milik Nikon. Secara fisik D7100 tidak banyak berbeda dengan model sebelumnya, yaitu D7000. Memang D7100 ini merupakan penyempurnaan dari D7000 dari sisi kualitas dan penempatan tombol setting. Hal ini terlihat dari penempatan tombol setting di bagian belakang yang lebih minimalis sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol kamera selain lebih mudah digenggam.

Cakupan viewfinder D7100 adalah 100% dengan perbesaran 0,94x merupakan SLR papan atas yang juga digunakan pada Kamera DSLR Nikon  D7000. Dengan cakupan viewfinder berkelas ini pengguna akan merasakan kenyamanan saat memotret. Hebatnya lagi Nikon D7100 tahan cuaca karena dilengkapi dengan seal khusus. Bagi anda yang bekerja sebagai wartawan atau pelancong daerah ekstrim, kamera ini bisa menjadi rekomendasi karena memiliki 2 slot kartu SD yang memudahkan untuk penyimpanan.

Penyempurnaan D7100 dari D7000 terlihat dari LCD kamera yang 3,2” lebih besar dan tentunya didukung oleh resolusi yang lebih tinggi pula. Agar kontras gambar yang diambil bisa lebih terlihat, Nikon menambahkan elemen putih pada elemen R/G/B sehingga tingkat kontras LCD-nya mencapai 1000:1. Keren bukan? Itulah mengapa hasil jepretan Nikon D7100 terlihat nyata dan memiliki warna menarik. Selain LCD dan resolusinya, Nikon juga meningkatkan resolusi kontras pada Kamera DSLR Nikon  D7100 ini menjadi 24.1 MP.

 

Kualitas Foto Yang Tajam

Kamera keren ini merupakan kamera kedua, selain D800e, yang tidak menggunakan Anti Aliasing (AA) filter. Akibatnya kualitas foto yang dihasilkan semakin tajam meskipun tanpa pengolahan di komputer. Hal lain yang menarik dari kamera ini adalah kemampuan rentang dinamik sensor hingga 24 MP dan ditambah dengan fitur Active D-Lighting sehingga area shadow dan highlight semakin detil dan merata.

Tentu hasil bayangan gambar tidak merusak foto bila menggunakan Kamera DSLR Nikon  D7100 ini. Biasanya resolusi tinggi (padat) akan menimbulkan efek noise, namun kenyataannya efek noise D7100 justru lebih baik dari tipe sebelumnya. Artinya kamera ini akan menjaga detai titik objek yang dipotret.

Cahaya merupakan masalah yang cukup penting dalam dunia fotografi. Kemampuan kamera untuk memberikan hasil mendekati nyata dalam kondisi pencahayaan yang kurang mendukung menjadi daya tarik tersendiri. Mengenai hal tersebut, Nikon D7100 memiliki keakuratan yang cukup baik dalam menangkap variasi sumber cahaya. White balance antara Nikon D7100 dengan Nikon D7000 nyaris sama. Kekurangan Kamera DSLR Nikon  ini dalam hal pencahayaan adalah adanya warna kemerahan bila berhubungan dengan lampu pijar. Namun, hal tersebut bisa dikoreksi di komputer bila pengguna menggunakan mode perekaman RAW/ NEF.

 

Fokus Kamera

Kemampuan fokus kamera ini sangat bagus karena memiliki 51 titik focus dengan 15 titik cros. Jumlah ini lebih banyak ketimbang model sebelumnya yang hanya memiliki 39 titik fokus. Titik fokus yang cukup banyak ini memberikan hasil jepretan yang jelas seperti kamera dengan tipe lebih atas.

Selain itu, kemampuan titik fokus Kamera DSLR Nikon  D7100 juga memudahkan pengguna karena tidak perlu melakukan rekomposisi saat memotret dan mendapatkan hasil menakjubkan dalam setiap kondisi pencahayaan.

 

Kesimpulan

Kemampuan optik kamera sangatlah penting untuk memperoleh kualitas foto yang tajam. Untungnya lensa AF-S 18-105 mm VR milik Kamera DSLR Nikon  D7100 ini telah teruji ketajamannya, apalagi kamera dilengkapi dengan motor fokus integral yang dapat mengoperasikan lensa AF-S secara AF. Kekurangan hasil foto seperti adanya distorsi barrel di posisi wide dan distorsi pinchusion pada posisi tele bisa diperbaiki dengan mengaktifkan fitur auto distortion correction. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel