Caricature Me: Photo Deformer - Aplikasi Pembuat Karikatur di Smartphone Android

6 Nov 2012 13:00 10834 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi fotografi tersebut memang banyak sekali macamnya, mulai dari yang memberikan efek foto professional ataupun yang hanya bersifat hiburan semata. Dan kali ini Paseban akan mengulas salah satu aplikasi fotografi yang bersifat hiburan, yaitu aplikasi pembuat karikatur langsung dari perangkat Android Anda.

Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini kamera dengan resolusi tinggi dapat Anda nikmati hanya dengan melalui handphone. Karena itu, banyak orang yang menggunakan smartphone Android untuk menyalurkan hobi fotografinya. Ditambah lagi dengan melimpahnya aplikasi-aplikasi khusus fotografi yang bisa didapatkan di Google Play, membuat kepuasan para pengguna semakin terpenuhi. Aplikasi fotografi tersebut memang banyak sekali macamnya, mulai dari yang memberikan efek foto professional ataupun yang hanya bersifat hiburan semata. Dan kali ini Paseban akan mengulas salah satu aplikasi fotografi yang bersifat hiburan, yaitu aplikasi pembuat karikatur langsung dari perangkat Android Anda.

Caricature Me: Photo Deformer adalah nama lengkap dari aplikasi ini. Seperti namanya, aplikasi garapan STOIK ini dapat mengedit foto dari galeri handphone Anda dengan efek karikatur. Bukan hanya karikatur, aplikasi ini juga dapat mengedit kontur wajah dan tubuh yang dapat diutak-atik sesuka hati. Hasil dari editing tersebut bergantung pada kreativitas Anda, apakah menjadi foto yang indah dipandang atau menjadi foto yang memancing tawa.

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi ini, Anda dapat melihat contoh-contoh foto yang telah dijadikan karikatur. Foto-foto sample tersebut dapat diedit untuk sekedar berlatih menggunakan Caricature Me atau Anda pun dapat langsung memulainya. Ada tiga menu utama yang tersedia pada aplikasi pembuat karikatur ini. Ketiga menu ini adalah merupakan pilihan darimana foto yang akan Anda pilih untuk kemudian diedit. Anda dapat memilihnya dari kumpulan foto di galeri handphone, memotret langsung dari orang di depan Anda, atau mengambil foto dari akun jejaring sosial. Setelah memilih satu foto dari tiga opsi tersebut, Anda akan langsung dibawa ke ruang editing.

Di pojok kiri atas, terdapat ikon yang memungkinkan Anda untuk memberikan berbagai macam efek sentuhan pada foto. Yang pertama adalah push effect. Dengan menggunakan efek ini, Anda dapat mengubah foto tersebut dengan menekan atau menggeserkan jari Anda. Sangat mudah untuk dilakukan. Terdapat juga pilihan untuk melakukan zoom in atau zoom out pada bagian tertentu. Dengan efek ini, Anda dapat membesarkan atau mengecilkan wajah seseorang tanpa melakukan perubahan pada anggota tubuh yang lainnya.

Ada pula efek yang lain yaitu Rotation Effect. Untuk menerapkan efek ini, Anda cukup menempelkan jari Anda pada layar. Ketika jari Anda menempel, bagian foto yang terkena jari Anda akan mulai berputar secara perlahan. Lepaskan jari Anda jika merasa efek putaran ini sudah cukup. Pengaturan putarannya pun dapat diedit, apakah itu sesuai atau berlawanan dengan arah jarum jam. Jika Anda melakukan kesalahan pada gambar karikatur, terdapat opsi untuk menghapus bagian efek yang sudah dibuat dengan menggunakan erase mode ataupun menekan tombol undo.

Bagi Anda pengguna aplikasi ini tapi malas untuk mengedit dan ingin mendapatkan efek karikatur secara instan, aplikasi ini menyediakan empat pilihan pembuat karikatur otomatis. Caranya cukup menekan opsi di pojok kanan atas, dan pilih efeknya. Anda dapat memilih empat efek sekaligus pada satu foto untuk memaksimalkan kualitas karikaturnya.

Ketika sudah selesai dan puas dengan hasil editing, Anda dapat melihat animasi singkat tentang bagaimana foto itu dibuat. Anda bisa menyaksikan foto tersebut dari awal hingga akhirnya berubah menjadi foto yang Anda edit. Setelah itu Anda dapat menyimpan dan mengirim foto tersebut ke jejaring sosial ataupun email teman Anda.

Aplikasi pembuat karikatur ini mempunyai tampilan antarmuka yang jernih dan mudah untuk dinavigasi. Pilihan menu dan efek foto dibuat dengan efisien sehingga tidak terlalu menutupi foto yang akan diedit. Animasi yang disediakan juga berjalan dengan smooth. Dan yang terpenting, aplikasi ini tidak menurunkan kualitas foto setelah Anda selesai membuat karikatur. Kualitas gambar yang dihasilkan sama seperti sebelum foto tersebut diedit. Caricatur Me: Photo Deformer ini berukuran sangat ringan, hanya membutuhkan space sebesar 1.4 MB dan memerlukan OS Android minimal 2.2. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. [AAD]

MIXADeformer2.wmv

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel