1

Kaspersky Lab: Ancaman Pada Komunikasi Seluler Meningkat Dua Kali Lipat

4 Apr 2011 18:37 3836 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Para pengguna ponsel waspadalah. Menurut pantauan Kaspersky Lab, perusahaan pendeteksi berbagai virus digital, jumlah program jahat yang mengancam perangkat mobile semakin meningkat dua kali lipat! Itu terjadi antara antara Agustus 2009 dan Desember 2010. Pada 2010, lebih dari 65% ancaman baru yang menargetkan perangkat mobile terdeteksi dibandingkan dengan tahun lalu. Dan lebih dari 1,000 varian dari 153 keluarga berbeda yang tergolong sebagai ancaman pada perangkat mobile dimasukkan ke dalam database Kaspersky Lab diakhir tahun 2010.

Paseban.com - Para pengguna ponsel waspadalah. Menurut pantauan Kaspersky Lab, perusahaan pendeteksi berbagai virus digital, jumlah program jahat yang mengancam perangkat mobile semakin meningkat dua kali lipat! Itu terjadi antara antara Agustus 2009 dan Desember 2010. Pada 2010, lebih dari 65% ancaman baru yang menargetkan perangkat mobile terdeteksi dibandingkan dengan tahun lalu. Dan lebih dari 1,000 varian dari 153 keluarga berbeda yang tergolong sebagai ancaman pada perangkat mobile dimasukkan ke dalam database Kaspersky Lab diakhir tahun 2010. Seperti yang ditunjukkan oleh Denis Maslennikov, Senior Malware Analyst at Kaspersky Lab, "Daftar platform yang menjadi target program jahat semakin meluas di tahun 2010," tulisnya. Demikian pers release Kaspersky Lab yang diterima Paseban.com, 2 April 2011.

Para ahli virus Kaspersky Lab menyatakan sejumlah sistem operasi baru dalam perangkat mobile seperti Android, tak pelak lagi menarik perhatian penjahat dunia maya. Pada Agustus 2010, program jahat pertama yang menargetkan Android terdeteksi, dan sejak itu, jumlahnya telah mencapai 15 program dari total 7 keluarga.

"Penggunaan SMS Trojan masih merupakan cara termudah dan efektif bagi penjahat dunia maya untuk menghasilkan uang. Alasannya cukup sederhana: setiap perangkat mobile, smartphone atau ponsel biasa memiliki koneksi langsung ke rekening pengguna melalui akun mobile mereka. Koneksi langsung inilah yang secara aktif dieksploitasi oleh pejahat dunia maya," kata Denis Maslennikov.

Sejak tahun 2010 dan seterusnya, mengirim pesan berbayar menjadi skema tunggal yang illegal bagi pembuat virus untuk menghasilkan uang dan mengembangkan ancaman yang menargetkan platform yang berbeda. Mereka juga menggunakan skema melanggar hukum lainnya seperti mengarahkan pengguna Internet mobile banking ke situs phishing dan mencuri password yang dikirim oleh Bank ke mobile phone.

Menurut Denis, ancaman pada perangkat mobile menjadi lebih kompleks dari sebelumnya, termasuk munculnya mobile bots dan piranti lunak lainnya yang dikontrol secara jarak jauh. "Hal ini berarti bahwa serangan yang diluncurkan oleh ancaman pada perangkat mobile telah mencapai tingkat yang benar-benar baru."

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel