1

6 Teknologi Terbaru 2013 yang Akan Menghebohkan Dunia

7 Jan 2013 08:00 37994 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tahun 2012 lalu, diisi dengan maraknya berbagai peluncuran perangkat-perangkat *mobile* canggih yang memanjakan pengguna. Sekelumit teknologi tersebut merupakan perkembangan teknologi di tahun 2012 lalu. Lalu bagaimana dengan teknologi terbaru 2013? Berikut prediksinya.

Tahun 2012 lalu, diisi dengan maraknya berbagai peluncuran perangkat-perangkat mobile canggih dengan spesifikasi yang mampu memanjakan pengguna. Mulai dari Galaxy S III, hingga iPhone 5. Belum lagi kemunculan ponsel generasi terbaru seperti HTC Droid DNA yang menawarkan layar resolusi Full HD 1080 x 1920 dengan kerapatan 441 ppi.

Tahun 2012 juga dimeriahkan oleh peluncuran sistem operasi Windows 8 dari Microsoft, yang diikuti oleh kemunculan berbagai jenis produk tablet dan komputer yang telah menyematkan OS terbaru tersebut.

Sekelumit teknologi yang disebutkan tersebut, merupakan perkembangan yang telah dapat dirasakan pada tahun 2012 lalu. Lalu bagaimana dengan tahun 2013? Berikut ini adalah prediksi enam teknologi terbaru 2013 yang disinyalir akan hadir dan menghebohkan, seperti yang dikutip dari Venturebeat, Kamis (03/01/2012).

Google Glass

Teknologi terbaru 2013 adalah Google Glass. Tahun lalu, Google memperkenalkan kacamata canggih yang saat ini masih bernama Project Glass. Kacamata ini membawa kemampuan komputasi yang cukup menakjubkan. Kacamata ini menggunakan kontrol suara dan bisa digunakan untuk melakukan pencarian online, email dan navigasi arah. Bahkan bisa juga dipakai untuk video chat.

Kacamata yang berbasis teknologi augmented reality ini tampaknya memakai sistem operasi Android, meskipun kabar ini belum dapat dipastikan. Kacamata yang kerap disebut Google Glass ini dibanderol seharga $1.500 atau sekitar Rp14 juta. Diketahui, Project Glass dibuat oleh tim di laboratorium Google yang dijuluki Google X yang dikepalai langsung oleh pendiri Google, Sergey Brin.

Apple TV

Kabar yang menyebutkan Apple akan membuat televisi (TV) sendiri semakin berhembus kencang. Kabar terbaru menyebutkan, Smart TV keluaran Apple ini akan berukuran antara 46 hingga 55 inci. Menurut sumber dari Foxconn yang merupakan mitra manufaktur Apple, saat ini produsen elektronik terbesar di dunia itu telah membuat prototipe dari model yang merupakan hasil kolaborasi Foxconn dan Sharp.

Gadget nVidia Tegra 4 dengan 72 Core

Teknologi terbaru 2013 yang akan menghebohkan yakni Nvidia Tegra 4. Tegra 4 disebut-sebut akan memiliki kinerja enam kali lebih cepat dibanding pendahulunya. Hal ini dikarenakan nVidia menyematkan 72 shader cores dalam Tegra 4, yang mana lebih banyak dari Tegra 3 yang hanya memiliki 12 shader cores.

Dengan 72 shader cores tersebut, Tegra 4 akan enteng saat mengakomodir penggunaan layar beresolusi 1080p @120 Hz. Selain itu output untuk ke layar monitor pun diklaim sanggup untuk menangani monitor hingga resolusi 3820 x 2160. Tidak dapat dibayangkan, bagaimana jadinya bila ponsel pintar ditenagai oleh SoC garapan NVidia tersebut. Sepertinya pemilik Notebook akan dibuat tercengang melihat kemampuannya.

Inovasi Robot Makin Masif

Mungkin Anda masih ingat dengan robot Asimo buatan Honda. Robot humanoid ini begitu mengesankan, karena bisa berjabat tangan dan bermain sepak bola. Nah, kini Samsung punya saingannya.

Divisi robot Samsung baru-baru ini memperkenalkan robot humanoid terbaru yang diberi nama Roboray. Pada pameran teknologi IROS 2012 di Portugal beberapa waktu lalu, Roboray pun unjuk kebolehan. Roboray dikembangkan Samsung bersama Korean Institute of Science and Technology (KIST), sejak 2004. Roboray merupakan evolusi dari sebuah robot bernama ‘Mahru’.

Kemampuan Roboray dikembangkan lebih jauh lagi, seperti sendi-sendi kaki dan tangannya yang lebih fleksibel namun kuat dibandingkan versi sebelumnya. Hasilnya, gaya berjalan Roboray pun hampir meniru persis kemampuan berjalan manusia. Sayangnya, meski diklaim lebih canggih dibandingkan pendahulunya, Roboray belum mampu berlari seperti Asimo Honda atau robot humanoid yang dikembangkan Toyota.

TV Resolusi Ultra HD Jadi Standar

Sebagian besari dari kita mungkin telah akrab dengan resolusi layar Full HD atau SuperHD. Namun bagaimana rasanya jika Anda menonton film atau memainkan game dengan resolusi layar Ultra HD? Teknologi inilah yang diperkenalkan oleh The Consumer Electronics Association (CEA) di California, Amerika Serikat pada bulan Oktober lalu. Teknologi ini disebut-sebut akan menjadi stAndar baru pada teknologi resolusi layar.

Teknologi Ultra HD ini nantinya akan mendukung tampilan resolusi hingga 3840 x 2160 piksel. CEO dan Presiden Direktur CEA, Gary Shapiro menyebutkan ini akan menjadi standar baru untuk konsumen dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Menariknya, justru sudah ada beberapa produk yang telah mendukung resolusi Ultra HD ini di pasaran, salah satunya adalah Sony VPL-VW1000ES.

Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada produk consumer maupun film yang mendukung resolusi Ultra HD, sehingga penggunaannya jadi tidak optimal. Diprediksi, teknologi Ultra HD ini akan menjadi daya tarik di pagelaran CES yang akan digelar pada tanggal 8-11 Januari 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kejutan PS4 dan Xbox 720

Playstation 4

Sementara konsol Playstation 3 sudah memasuki revisi ketiga, kabarnya kini Sony sedang mempersiapkan konsol generasi selanjutnya yang disinyalir sebagai Playstation 4. Produk ini kabarnya akan menggunakan prosesor A10 milik AMD yang memiliki teknologi di mana CPU dan GPU dapat bekerja bersamaan dan didukung oleh RAM berkapasitas 8GB ataupun 16GB. Untuk media penyimpanan, kabarnya akan berkapasitas 256GB, namun masih belum jelas apakah akan menggunakan SSD atau harddisk. Produk ini juga akan disertakan sebuah Blu-ray drive dan koneksi WiFi. Playstation 4 atau yang saat ini masih menggunakan sebutan Orbis rencananya akan diperkenalkan sebelum even Electronic Entertainment Expo (E3) yang akan digelar tahun ini.

Xbox 720

Setelah banyak rumor yang beredar, akhirnya bocoran spesifikasi detil Xbox 720 pun terungkap. Microsoft akhirnya menggunakan kepingan Blu-ray untuk game pada konsol Andalannnya tersebut. Fitur lainnya yang juga ditambahkan adalah kemampuan merekam siaran TV, selain improvisasi pada sisi audio yang akan menampilkan suara yang kental dengan nuansa tiga dimensi.

Konsol ini dikatakan akan mengusung prosesor quad core, di mana tiap core-nya akan disematkan empat logical core. Sehingga dapat dikatakan konsol tersebut memiliki 16 logical core. Untuk menemaninya disertakan pula RAM dengan kapasitas 8GB.

Hal menarik dari konsol ini adalah sebuah kontroler baru yang oleh Microsoft dijuluki innovative controller. Namun, disinyalir konsol generasi terbaru Microsoft ini hanya akan mengusung nama Xbox nantinya, bukan Xbox 720 seperti dugaan fans sebelumnya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel