Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kawal Petani Tanam Padi

25 Feb 2019 15:47 647 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam rangka mengawal upaya khusus (Upsus) swasembada pangan, Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Serka Sumardi melaksanakan pendampingan tanam padi di Dusun Genuk Watu, Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Mojokerto, - Dalam rangka mengawal upaya khusus (Upsus) swasembada pangan, Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Serka Sumardi melaksanakan pendampingan tanam padi di Dusun Genuk Watu, Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (24/02/2019).

Aktivitas pendampingan kali ini berlangsung di lahan seluas 2500 meter milik Wahyudi, Anggota Poktan Sekar Tani, Dusun Genuk Watu, Desa Modongan. "Di areal persawahan seluas 0,25 hektar tersebut ditanami padi varietas Ciherang, yang dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar," demikian tutur Serka Sumardi yang terjun langsung mendampingi tanam padi.

Masih tutur Serka Sumardi, pelaksanaan tanam padi ini diawali dengan pencabutan benih siap tanam yang berlangsung sehari sebelumnya, Sabtu (23/02). "Benih padi siap tanam tersebut diikat dalam satu genggaman dengan menggunakan tali dari pohon pisang, kemudian dipindahkan ke areal tanam," terangnya.

Masih di Desa Modongan, Sabtu lalu Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Serka Sudirman bersama Serka Sumardi melaksanakan pendampingan pencabutan dan pemindahan bibit padi siap tanam varietas Ciherang, di lahan milik Suratno, Poktan Sekar Tani, Dusun Genukwatu, Desa Modongan.

Sementara itu Danramil 0815/03 Kapten Inf Hari Subiyanto ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, mengatakan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian Upsus Swasembada Pangan.

Dengan turunnya Babinsa dalam tanam padi ini dapat membantu memaksimalkan luas tambah tanam pada Masa Tanam (MT) Tahun 2019 khususnya di wilayah binaan Koramil Sooko.

"Melalui pendampingan ini para Babinsa dapat mengetahui setiap hambatan dan kendala yang dihadapi petani di lapangan, untuk selanjutnya dicarikan solusi guna mengatasinya dengan segera, sehingga dapat dipastikan program swasembada pangan di wilayah tidak terkendala," tambahnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 43
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel