Dandim 0815 Hadiri Puncak Peringatan HPSN

24 Feb 2019 15:55 1067 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., Opening Seremonia Peringatan HUT Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, di Taman Ganjaran, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Mojokerto, - Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., Opening Seremonia Peringatan HUT Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, di Taman Ganjaran, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (23/02/2019).

Peringatan HPSN yang bertema "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai" diselenggarakan atas sponsor Bank Sampah Inovasi (BSI) Kabupaten Mojokerto. Acara diawali dengan sambutan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto, Drs. Zainul Arifin, MM. dilanjutkan sambutan Ketua Bank Sampah Inovasi (BSI) Kabupaten Mojokerto, Sisyantoko dan sambutan dari Sponsor Utama PT. Multi Bintang Indonesia (MBI) Adi Suprayitno serta pemberian penghargaan kepada LSM Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta (WE-HASTA) dan Bank Pelopor Sampah Inovasi Kabupaten Mojokerto oleh Wakil Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH, dalam sambutannya, diantaranya menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Ini sebagai bukti kuatnya komitmen semua pihak baik dari pemerintah, masyarakat maupun swasta sehingga acara ini terselenggara dengan baik.

Dengan keluarnya Perpres No. 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga telah ditindaklanjuti dengan terbitnya Perbup No. 78 tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Tahun 2018 - 2025 target penanganan sampah 70 % dan pengurangan sampah 30 %.

Untuk merealisasi penanganan sampah telah disusun masterplan pengeloaan sampah yaitu rencana pengembangan pengelolaan sampah Kabupaten Mojokerto dengan upaya pembinaan pengelolaan sampah kepada masyarakat yang bekerjasama dengan LSM, Swasta melalui program TPS3R, Bank sampah, Adiwiyata dan Adipura. Guna pencapaian penanganan sampah, Kabupaten Mojokerto memiliki 1 Bank Sampah Induk hasil kerjasama Pemkab Mojokerto, LSM WE-HASTA, PT. MBI, 217 BS Aktif, 5 unit TPS3R serta kawasan Industri.

Kemudian penanganan sampah di masyarakat telah membangkitkan kader-kader lingkungan yang peduli terhadap pelestarian lingkungan, yang bekerja tanpa pamrih mengelola sampah agar tidak mengganggu lingkungan dan dapat meningkatkan manfaat kegunaan dari sampah. Di akhir sambutannya, Wabup berharap semua pihak mensinkronkan program kegiatannya agar memberikan hasil pengelolaan sampah yang optimal demi menciptakan Mojokerto yang Lestari, nyaman lingkungan serta masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU / Komitmen Pengelolaan Sampah 13 Desa se-Kecamatan Trawas antara BSI dan Kades serta penandatanganan kerja sama antara BSI dan BPJS Kesehatan. Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan simbolis kendaraan operasional Bank Sampah oleh Aliansi Air kepada BSI dan ditutup dengan do'a oleh KH. Muslikhuddin Abbas, SH.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, S.H., S.I.K., MH., Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto H. Ismail Pribadi, SE., Sekda Kab. Mojokerto Ir. Herry Suwito, MM., Para Asisten Sekda, Ka OPD dan Camat se-Kabupaten Mojokerto, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto Hj. Yayuk Ismawati, SE, Forpimka Trawas, Perwakilan 35 Kades se-Kabupaten Mojokerto, Kades se Kecamatan Trawas, Sekolah Adiwiyata, Peserta Lomba dan undangan.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 43
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel