Kebersamaan Babinsa Koramil 0815/17 Trawas Dan Petani Rawat Tanaman Padi

13 Feb 2019 00:07 374 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam upaya pembinaan wilayah yang diaplikasikan melalui pembinaan teritorial dengan metode komunikasi sosial penting dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan, tidak terkecuali Koramil dan Babinsa.

Mojokerto, - Dalam upaya pembinaan wilayah yang diaplikasikan melalui pembinaan teritorial dengan metode komunikasi sosial penting dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan, tidak terkecuali Koramil dan Babinsa.

Komunikasi sosial (Komsos) ini harus terus dibangun, dipelihara dan diperkuat dengan semua komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan.  Seperti Babinsa Koramil 0815/17 Trawas Kodim 0815 Mojokerto Serda Sutikno, yang melaksanakan Komsos dengan Petani yang ada di wilayah binaannya, Dusun Sempur, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (12/02/2019).

Saat berinteraksi dengan seorang petani, Misto (57), anggota Poktan Sumber Makmur 1, Dusun Sempur, Deso Seloliman, Babinsa sempat menanyakan seputar aktivitas tani yang saat ini digeluti warga binaannya.

Pada kesempatan tersebut, Misto menuturkan, bahwa dirinya sudah terjun dalam dunia tani sejak remaja, karena bertani merupakan aktivitas rutin yang dilakukan orang tuanya, yang kemudian dilanjutkan oleh dirinya.

“Sejak kecil saya sudah diajari orang tua ke sawah (bertani) dan dari pertanian inilah sumber utama penghasilan keluarga.  Kemudian dengan keterampilan bertani yang diwariskan orang tua, maka setelah berkeluarga aktivitas tani ini dilanjutkan,” ungkapnya.

“Namun sawah yang dikelolanya tidaklah luas, hanya 0,3 hektar dan saat ini ditanami padi varietas IR 64 yang sudah berumur sekitar satu bulan, dan saat ini akan dilakukan penyiangan” imbuhnya.

Tidak hanya sebatas mengobrol, Babinsa Serda Sutikno juga turut terjun ke sawah mendampingi sekligus membantu warga binaannya untuk membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi.      

Menurut Serda Sutikno, kegiatan pendampingan perawatan tanaman padi di lahan milik Misto ini, dilakukannya sebagai tugas tambahan selaku Babinsa guna membantu warga binaan. 

“Kegiatan pendampingan ini rutin dilakukannya dengan tujuan membantu petani mewujudkan swasembada pangan.  Bila hasil tani memuaskan maka dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah dan sangat membantu dalam pencapaian swasembada pangan  di wilayah,” ungkapnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 43
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel