Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Dampingi Petani Antisipasi Hama

11 Feb 2019 20:38 595 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan ujung tombak Komando Kewilayahan selain melaksanakan tugas pembinaan wilayah melalui pembinaan teritorial, juga melaksanakan tugas pengawalan dan pendampingan  Upaya khusus (Upsus) swasembada pangan di wilayah binaan.

Mojokerto, - Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan ujung tombak Komando Kewilayahan selain melaksanakan tugas pembinaan wilayah melalui pembinaan teritorial, juga melaksanakan tugas pengawalan dan pendampingan  Upaya khusus (Upsus) swasembada pangan di wilayah binaan.

Hal tersebut juga dilakukan Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Serda Supriono. Pendampingan terhadap petani berlangsung di lahan sawah milik Sukandar, Anggota Poktan Sumber Tani, Dusun Ngepung, Desa Curahmojo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (11/02/2019).

Di areal persawahan, seluas 1,1 hektar yang ditanami jenis padi varietas Situbagendit berumur 45 hari tersebut, dilakukan penyemprotan tanaman padi menggunakan dua unit tangki handsprayer. Sedangkan obat yang digunakan berupa 5 sendok KCL, 5 sendok pupuk ZK,  3 tutup merk ZPT tertentu, 1/8 tablet GA3 dan Mikro7  sebanyak 1 sachet.

Usai kegiatan pendampingan, Serda Supriono mengatakan, penyemprotan tanaman padi ini bagian dari perawatan dengan tujuan untuk memelihara dan menjaga tanaman padi dari gangguan hama atau penyakit. Dengan penyemprotan ini diharapkan dapat meningkatkan unsur hara dan memperkokoh tanaman.  

“Ini bentuk antisipasi petani agar tanaman padi terbebas dari serangan hama atau penyakit sehingga pertumbuhannya lebih maksimal hingga masa panen tiba, dan hasilnya sesuai harapan petani,” terang Babinsa.   

Masih di wilayah Pungging, kegiatan pendampingan juga dilakukan Babinsa Sekargadung Serda Nanang Sumarna, pada penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 1,5 hektar, milik Marwoto, Poktan Sekar Tani, Dusun Wonokerto, Desa Sekargadung.

Di lahan seluas 1,5 hektar yang ditanami jenis padi Ciherang berumur 16 hari, penyemprotan jamur tanaman menggunakan fungisida Filia 525SE, dilakukan petani dengan menggunakan satu unit tangki handsprayer.  

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono, mengatakan, pendampingan yang dilakukan Babinsa di wilayah binaan merupakan bagian Upaya khusus (Upsus) swasembada pangan yang berkelanjutan.  “Para Babinsa harus proaktif  dengan penyuluh, Poktan dan penyuluh swadaya guna membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan,” ujarnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 44
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel