Puluhan Anggota Satlinmas Sumberkarang Mendapat Pelatihan Dari Koramil Dlanggu

16 Jan 2019 21:32 1571 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam upaya mengoptimalkan fungsi dan tugas Satlinmas, Pemerintah Desa Sumber Karang Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menggelar pelatihan dan pembinaan Satlinmas yang berlangsung di Balai Desa setempat, Rabu (16/01/2019).

Mojokerto, - Dalam upaya mengoptimalkan fungsi dan tugas Satlinmas, Pemerintah Desa Sumber Karang Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menggelar pelatihan dan pembinaan Satlinmas yang berlangsung di Balai Desa setempat, Rabu (16/01/2019).

Dalam kegiatan yang sudah terjadwal tersebut, Pemerintah Desa Sumberkarang sengaja mengundang Forum Pimpinan Kecamatan yakni Camat Dlanggu, Kapolsek Dlanggu dan Danramil 0815/14 Dlanggu untuk memberikan pengarahan sekaligus pembekalan bagi anggota Satlinmas.  Hal tersebut diungkapkan Kades Sumberkarang, Ridwan dalam kata pengantarnya saat membuka kegiatan.

“Kegiatan pembekalan dan pelatihan Satlinmas ini dimaksudkan untuk memotivasi sekaligus meningkatkan tugas dan fungsi Satlinmas Desa. Untuk itu simak dan pahami semua materi yang disampaikan Forpimka selaku narasumber sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan,”ucap Kades.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Teguh Irianto, diantaranya menyampaikan, Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus dilatih, diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dalam melaksanakan tugas lebih profesional dan proporsional dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku.

“Untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif, Linmas harus lebih peka terhadap perubahan situasi, termasuk mewaspadai setiap orang asing atau pendatang baru yang memiliki perilaku atau kebiasaan yang tidak lazim dan melaporkannya kepada Kepala Desa selaku penanggung jawab wilayah untuk dikoordinasikan dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” tegasnya.

Danramil juga berpesan terkait pelaksanaan pesta demokrasi yakni Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, Linmas harus meningkatkan pengamanan lingkungan sehingga Desa Sumberkarang aman dan kondusif.

Berikutnya Kapolsek Dlanggu AKP Airlangga R Pharmady, SE, menyampaikan tugas, peran dan fungsi Satlinmas sangat dibutuhkan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif, untuk itu Satlinmas harus menjadi pelopor dalam Kamtibmas bagi Pemerintah Desa.

Sementara Camat Dlanggu yang diwakili Kasi Tramtip Moch. Toyib, S.Sos, menyampaikan apresiasinya kepada Satlinmas Desa Sumberkarang yang sangat antusias dalam kegiatan pembekalan. “Tugas Linmas semakin kompleks dan fundamental di Pemerintahan Desa dan keberadaan Satlinmas diharapkan memiliki manfaat lebih yang dapat dirasakan masyarakat,” ungkpnya.

Usai pembekalan dilanjutkan pemberian materi kedisiplinan dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi 30 orang anggota Satlinmas, oleh Babinsa Sumberkarang Sertu Muhammad Soleh dan Bhabinkamtibmas Sumberkarang Aiptu Lukman.

Tampak hadir dalam kegiatan antara lain, Perangkat Desa Sumberkarang, Danton Linmas Desa Sumberkarang dan peserta pembekalan sejumlah 30 orang anggota Satlinmas.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel