Danramil 0815/03 Sooko Bekali Satlinmas Desa Klinterejo

10 Jan 2019 21:03 1395 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam upaya meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menggandeng Koramil 0815/03 dan Polsek Sooko untuk memberikan pembekalan bagi anggota Satlinmas desa setempat. Pembekalan bagi anggota Satlinmas ini berlangsung di Balai Desa Klinterejo

Mojokerto, - Dalam upaya meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menggandeng Koramil 0815/03 dan Polsek Sooko untuk memberikan pembekalan bagi anggota Satlinmas desa setempat. Pembekalan bagi anggota Satlinmas ini berlangsung di Balai Desa Klinterejo, Rabu (09/01/2019) malam.

Dalam pengantarnya, Kepala Desa Klinterejo, M. Zainal Abidin menyampaikan, pihak Pemerintah Desa Klinterejo menggandeng Koramil 0815/03 dan Polsek Sooko untuk memberikan pembekalan bagi anggota Satlinmas. Kades berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan Satlinmas Desa Klinterejo.

“Tentunya kita sangat berharap melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan Satlinmas dalam melaksanakan peran dan fungsinya sehingga lebih profesional dan proporsional”, ungkap Kades.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto yang hadir sekaligus menjadi salah satu pemateri menjelaskan tentang tugas Satlinmas, diantaranya membantu dalam penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi; membantu keamanan, ketentraman  dan ketertiban masyarakat; membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Dalam keadaan tidak terjadi bencana, Satlinmas dapat diberikan tugas membantu aparat pemerintah dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada”, tandas Danramil.

Di hadapan 36 orang anggota Satlinmas, Danramil juga memaparkan fungsi Satlinmas, yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat, Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Selain itu, fungsi Satlinmas juga memberikan perbantuan kepada Pemerintah Daerah, Kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum, perbantuan kepada TNI dalam upaya Pertahanan Negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa/Kelurahan.

Sementara Kapolsek Sooko yang diwakili Ipda Hardi, meminta Satlinmas untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas di lingkungan masing-masing. Disampaikan pula tentang rambu lalu lintas di jalan raya dan safety riding dalam mengendarai sepeda motor maupun mobil serta mengajak untuk mengindari Narkoba bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan, antara lain Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPM Desa Klinterejo H. Roni,  Danton Linmas Desa Klinterejo, Suryanto beserta anggota Satlinmas.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel