Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kawal Petani Panen Padi

8 Jan 2019 21:19 665 Hits 0 Comments
Mojokerto, -  Untuk mengawal kelancaran proses produksi pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Sertu Adi Kusuma Wardhana terjun langsung melaksanakan pendampingan panen padi  di lahan milik Ibu Saima, Anggota Poktan Bangun Jaya, Dusun Bangun Desa Bangun Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,

Mojokerto, -  Untuk mengawal kelancaran proses produksi pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Sertu Adi Kusuma Wardhana terjun langsung melaksanakan pendampingan panen padi  di lahan milik Ibu Saima, Anggota Poktan Bangun Jaya, Dusun Bangun Desa Bangun Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (08/01/2019).

Pantauan di lapangan yang dilakukan Babinsa Bangun Sertu Adi Kusuma Wardhana, panen padi yang dilakukan secara manual di lahan seluas setengah hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang diprediksikan menghasilkan gabah seberat tiga setengah ton, dan dalam satu hektar capaian panen tembus tujuh ton.

Menurut Babinsa, capai hasil panen tersebut sudah tergolong bagus, mengingat saat masa pertumbuhan tanaman padi tersebut sempat kekurangan pasokan air karena terbentur musim kemarau yang cukup panjang sehingga harus disuplay melalui pompanisasi.

Sebelum meninggalkan lokasi panen, Babinsa berpesan, setelah panen padi ini tuntas agar petani segera menyiapkan lahan untuk masa tanam berikutnya sehingga proses produksi pangan akan terus berlangsung.

Sehari sebelumnya, Senin (07/01) Sertu Adi Kusuma Wardhana juga melaksanakan pendampingan perawatan tanaman padi milik Mbah Sukemi, Anggota Poktan Tani Rindang, Dusun Ploso Desa Bangun. Di areal seluas setengah hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang ini, perawatan tanaman menyasar pada pembersihan gulma dan rumput liar yang dilakukan petani dengan mengerahkan buruh tani  dari dusun tetangga.  

Pada kesempatan lain, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono saat dikonfirmasi menuturkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan tugas tambahan guna mendukung pencapaian swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah.

Danramil berharap dengan adanya upaya khusus pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan Babinsa dapat memotivasi petani untuk lebih giat lagi dalam proses produksi sehingga hasil panen akan meningkat.

“Bila hasil panen meningkat maka pencapaian swasembada pangan di wilayah akan terpenuhi dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah,” pungkasnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 43
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel