1

Tingkatkan Kapasitas Linmas, Babinsa Kodim 0815 Bekali PBB & Kepemimpinan

24 Dec 2018 20:30 1459 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam upaya meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Curahmojo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat untuk memberikan pelatihan. 

Mojokerto, - Dalam upaya meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Curahmojo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat untuk memberikan pelatihan. 

Kegiatan pelatihan bagi anggota Satlinmas yang berlangsung di balai desa setempat, Minggu (23/12/2018), dibuka oleh Kepala Desa Curahmojo Sutrisno.  Pada kesempatan tersebut, Kades Sutrisno menyampaikan, Pemerintah Desa Curahmojo sudah menjadwalkan pelatihan ini dengan menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran Satlinmas, untuk anggota Satlinmas harus benar-benar menyimak dan memahami materi yang diberikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sehingga hasilnya dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas,” ungkap Kades.

Berikutnya Babinsa Desa Curahmojo Koramil 0815/11 Pungging Serda Supriono menyampaikan, Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus dilatih, diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dapat melaksanakan tugas secara profesional, proporsional dan sesuai aturan.

Kegiatan ini, lanjut Serda Supriono, sebagai sarana untuk penyegaran kembali tentang tugas Satlinmas, yakni membantu dalam penanggulangan bencana alam, membantu keamanan dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Curahmojo Bripka Fatkhurohman, meminta anggota Satlinmas untuk menyiapkan diri dalam membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres sehingga situasi desa tertib dan aman.

Usai pemberian materi, selanjutnya Kades Curahmojo Sutrisno menyerahkan secara simbolis alat dan perlengkapan/ seragam Satlinmas.

Kemudian sejumlah 30 orang anggota Satlinmas menerima materi praktek Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan kepemimpinan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas.  

Masih di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, kegiatan serupa juga berlangsung di Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Minggu (23/12). Kegiatan bertajuk “Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas Desa Tumapel dalam rangka Pembinaan Ketertiban, Keamanan & Ketentraman Masyarakat Desa”, diselenggarakan Pemerintah Desa Tumapel dan dibuka Kades Tumapel, Sugianto, dengan menggandeng Babinsa setempat Pelda Rudi Suhartono dan Bhabinkamtibmas Bripka Andi sebagai pemateri serta diikuti 45 orang anggota Satlinmas.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel