Bersama Petani Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Lakukan Deteksi Hama Tanaman Padi

23 Dec 2018 22:58 1148 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Untuk memaksimalkan pencapaian swasembada pangan di wilayah, Kodim 0815 Mojokerto melalui para Babinsa yang tersebar di Koramil jajaran semakin menginstensifkan kegiatan pendampingan ketahanan pangan di wilayah. 

Mojokerto, - Untuk memaksimalkan pencapaian swasembada pangan di wilayah, Kodim 0815 Mojokerto melalui para Babinsa yang tersebar di Koramil jajaran semakin menginstensifkan kegiatan pendampingan ketahanan pangan di wilayah.  

Seperti Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Serka Sumardi Ngadino bersama anggota Poktan Sekar Tani melaksanakan pengecekan hama tanaman padi di Dusun Genuk Watu Desa Modongan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  Minggu (23/12/2018)

Pengamatan atau pengecekan hama tanaman padi ini berlangsung di area persawahan seluas satu hektar milik H. Mujiono, yang ditanami jenis padi varietas Serang berumur 68 hari.  

Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui ataupun mengikuti perkembangan tanaman padi dan pertumbuhannya serta melakukan pendeteksian terhadap kemungkinan serangan hama, penyakit ataupun organisme pengganggu tanaman (OPT).  

Menurut Serka Sumardi Ngadiono, pengecekan tanaman padi yang dilakukannya bersama petani selain untuk memantau perkembangan tanaman padi sekaligus untuk mengetahui ada tidaknya serangan hama atau organisme pengganggu tanaman.  Apabila tanaman tersebut terserang hama, atau penyakit dapat diketahui secara dini sehingga petani dapat mengambil langkah untuk mengatasinya.

Masih kata Babinsa, dengan adanya perubahan cuaca terlebih akhir-akhir ini curah hujan dengan intensitas cukup tinggi melanda kawasan Sooko, sehingga dimungkinkan akan berdampak pada tanaman padi mudah terserang hama, seperti wereng, hama tikus, OPT dan lain-lain.

“Dari pengamatan yang kita lakukan bersama petani, Alhamdulillah untuk tanaman padi milik Pak Mujiono belum ditemukan tanda tanda serangan hama ataupun penyakit lainnya. Semoga kondisi ini dapat bertahan hingga massa panen tiba, ungkap Serka Sumardi Ngadino.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel