Danramil 0815/16 Pacet Bekali Pelajar Kedisiplinan & Cinta Tanah Air

8 Dec 2018 18:31 274 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Dalam rangka membentuk generasi muda yang berkarakter, Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi pelajar SMA Wachid Hasyim Sedati Sidoarjo, bertempat di Villa Katon Asri, Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,

Mojokerto, - Dalam rangka membentuk generasi muda yang berkarakter, Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi pelajar SMA Wachid Hasyim Sedati Sidoarjo, bertempat di Villa Katon Asri, Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (06/12/2018).

Hadir dalam kegiatan sekitar 150 orang, antara lain Kepsek SMA Wachid Hasjim Sedati Sidoarjo, Zawidah, S.Pd, beserta guru pendamping, Bati Tuud Koramil 0815/16 Pacet Serma Solekan dan anggota.

Dalam materi bertajuk "Kedisiplinan dan Cinta Tanah Air", Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, menegaskan, bahwa generasi muda harus mampu membentengi diri dari pengaruh atau hal-hal negatif, salah satu caranya melalui pendidikan moral/akhlak dan wawasan kebangsaan.

Dijelaskannya, selain belajar, berihtiar dan berdo’a, kedisiplinan merupakan salah satu syarat untuk meraih sukses.  Karakter kedisiplinan ini sangat penting dan tidak hanya bagi para pelajar saja namun diterapkan juga di kalangan para profesional, pelaku usaha, dan lain-lain.   

“Untuk itu para pelajar harus menerapkan kedisiplinan ini mulai hal-hal kecil seperti, menepati waktu dalam proses belajar mengajar, tepat waktu dalam mengerjakan tugas sekolah atau PR, patuh pada tata tertib sekolah, lingkungan dan aturan yang berlaku di masyarakat,” tandasnya.

Tidak kalah pentingnya, lanjut Danramil, sikap dan semangat cinta tanah air harus tertanam pada diri pelajar. Para pelajar harus memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk menanamkan kesadaran akan cinta tanah air dan semangat bela negara.

Danramil juga menjelaskan tentang Pancasila sebagai dasar negara sekaligus Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai rumah bersama bagi seluruh anak bangsa yang mendiami kepulauan nusantara, dan Bhinneka Tunggal Ika yang diartikan berbeda-beda tapi satu jua yakni Bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku bangsa, agama, budaya, adat istiadat dan lain-lain.

Di akhir materinya, Danramil mengajak para pelajar untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi Negara sekaligus pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demi keutuhan NKRI.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 38
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel