Dansektor 21 Apresiasi Pembangunan IPAL Dua Pabrik di Cimahi

6 Dec 2018 21:41 428 Hits 0 Comments
Dansektor 21 Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat sidak pembangunan IPAL dua pabrik
Dansektor 21 Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengapresiasi pembangunan IPAL dua pabrik di Cibaligo Cimahi saat melakukan sidak ke PT. SIAP dan PT. Setia Busanatex.
 
"Saya senang dengan kondisi pembuangan limbah di pabrik PT. SIAP ini. Yang masih membangun sarana IPAL meski sudah baik pengelolaannya tidak akan rugi jika semua pabrik berniat memperbaiki IPAL nya. Karena pabrik ini ternyata tidak tutup karena membangun sarana IPAL yang bagus", kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat saat melakukan giat sidak di dua pabrik tersebut.
 
Giat sidak ke dua pabrik yaitu PT. SIAP dan PT. Setia Busanatex yang terletak di wilayah kawasan Industri Nanjung dan Cibaligo Kota Cimahi dilakukan pada Kamis (6/12/2018) oleh Satgas Citarum Harum Subsektor  07 dipimpin langsung oleh Dansektor Kolonel Inf. Yusep Sudrajat dan dihadiri oleh beberapa awak media.
 
Giat sidak tersebut berlangsung dari pukul 10.00 pagi hingga siang hari dan kedua pabrik tersebut menandatangai surat kesepakatan komitmen untuk menjaga hasil olahan IPAL nya tetap baik sesuai Perpres no. 15 tahun 2018.
 
Saat berkeliling melihat sarana IPAL yang ada di PT. SIAP yang merupakan pabrik pencelupan, Dansektor 21 dan rombongan diperlihatkan sarana yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan instalasi baru yang tengah dibangun. 
 
"Kami sudah me-recycle air olahan limbah kami sejak lama", ujar Tedy yang merupakan Deputy Manajer di perusahaan tersebut. 
 
"Dan saat ini kami tengah membangun sarana dan instalasi baru agar pengolahan limbah kami lebih baik", lanjutnya.
 
Tedy mengungkapkan, anak-anak setiap sore sudah mulai berenang di sungai yang tepat berada di belakang pabrik.
 
"Kondisi tersebut sangat menggembirakan bagi saya selaku petugas dalam Satgas Citarum, karena sudah mulai menuai hasil yang lebih baik", ujar Kolonel Inf. Yusep Sudrajat.
 
Tedy juga menyebutkan, untuk membangun sarana baru tersebut pihaknya telah berinvestasi sekitar 3,5 milyar untuk membangun penambahan kolam dan instalasi untuk proses biologi.
 
Sementara saat menyidak pabrik kedua yaitu PT. Setia Busanatex yang juga merupakan pabrik pencelupan dan terletak di kawasan Industri Cibaligo Kota Cimahi, kondisi IPAL nya juga sudah tertata dengan baik dan hasil olahan limbahnya sudah bening sesuai dengan aturan Perpres No. 15 tahun 2018.
 
"Kita lihat tadi dipembuangan akhir pabrik ini ada kolam yang telah diisi ikan mas dan ikan koi. Artinya PT. Setia Busanatex ini telah mengolah limbahnya sesuai dengan Perpres no. 15 tahun 2018 hingga sangat membantu program revitalisasi DAS Citarum", ungkap Kolonel Inf. Yusep Sudrajat.
 
Sementara Sony selaku staff yang bertanggungjawab di bagian IPAL  pabrik tersebut mengungkapkan, pabriknya baru saja membangun sarana IPAL baru untuk mengolah hasil limbahnya menjadi lebih baik. 
 
"Kami sangat mendukung program Citarum Harum", pungkasnya.
Tags

About The Author

Buddy Wirawan 33
Pena

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel