Jaga Toleransi Imaka Bandung Gelar Natal dan Halal Bihalal

6 Dec 2018 09:33 1705 Hits 0 Comments
Imaka ajak agar kita peka dan jaga tali silaturahmi antar umat

Sekitar seratus orang mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kaimana (Imaka) Kota Bandung merayakan kegiatan Natal dan Halal Bihalal dengan tema “Damai Natal dan Halal Bihalal dapat mempererat tali silaturahmi antar umat beragama dan persaudaraan Ikatan Mahasiswa Kaimana Kota studi Bandung”.

Ketua Imaka Bandung Kasmawati Laturauw menyampaikan, kegiatan ini diadakan dalam rangka merangkul anggota yang berbeda iman untuk mengubah mindseat kita agar peka terhadap toleransi antar umat beragama dan menjaga tali silaturahmi antar mahasiswa Papua dan Papua Barat di Jawa Barat.

"Saya bersyukur karena kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan antusias dari mahasiswa Papua dan Papua Barat terhadap kegiatan ini cukup signifikan”, kata  Kasmawati.

Lebih lanjut, Ketua Panitia pelaksana Natal dan Halal Bihalal Bilal Sawoka menuturkan, poin penting kegiatan ini perlu menyatukan perbedaan, merangkai persatuan, melawan intoleransi untuk bertindak bijak serta tidak merusak Agama, Bangsa dan Negara yang kita cintai.

Sementara perwakilan peserta, Jonas Atjas Ualubun selaku wakil ketua Imaka Bandung mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan juga kegiatan lanjutan demi memupuk persaudaraan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk akademisi yang ada di Bandung.

“Kegiatan ini memberikan indikasi positif karena kondisi Indonesia yang krisis toleransi perlu suatu kegiatan yang menentang intoleransi dan membangun suatu hubungan yang baik”, pungkas Atjas.

Adapun Pengarah Organisasi Imaka Hendro YBS Letsoin menyebutkan, selain euforia hari besar keagamaan yang dirayakan bersama ini, terkandung sebuah sinyal positif bagi kita bahwa, pada situasi politik nasional yang semakin hangat dewasa ini, para pelakonnya  tak lagi alergi untuk memainkan isu SARA demi kepentingan pribadi ataupun kelompok.

“Kaimana itu kota senja dan kota toleransi maka mahasiswa Kaimana perlu menjaganya dengan melaksanakan kegiatan positif seperti Natal dan Halal Bihalal ini karena damai itu mahal”, tegasnya.

Mahasiswa Pascasarjana Fisip Unpad Hendro YBS Letsoin ini berpesan bahwa tetap menjaga keharmonisan dalam hidup berkomunitas tanpa memandang perbedaan itu sangat penting.

Tags

About The Author

Buddy Wirawan 41
Ordinary

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel