1

Babinsa Lolawang Koramil 0815/12 Ngoro Bantu Petani Bajak Sawah

18 Nov 2018 17:28 1241 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Serda Nurchaedi Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam membajak sawah, di lahan seluas 0,6 hektare milik Slamet Purwadi, anggota Poktan Tani Sumberbendo Dusun Sumberbendo Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Mojokerto, - Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Serda Nurchaedi Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam membajak sawah, di lahan seluas 0,6 hektare milik Slamet Purwadi, anggota Poktan Tani Sumberbendo Dusun Sumberbendo Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (18/11/2018).

Saat dilokasi kegiatan Serda Nurchaedi mengungkapkan, pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya percepatan tanam di wilayah binaannya, bertepatan dengan datangnya musim penghujan di bulan Nopember ini.

Masih lanjut Serda Nurchaedi, pengolahan menggunakan traktor bukanlah baru dalam pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan dengan biaya lebih murah.

“Dengan menggunakan hand tractor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma atau rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga menambah kesuburan tanah,” terangnya.

“Tidak kalah pentingnya, pada pengolahan tanah sawah perlu diperhatikan juga perbaikan pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman,” pungkasnya.

Masih di wilayah Ngoro, kegiatan pendampingan pertanian juga dilakukan Serka Suratin dalam pembuatan persemaian benih padi di lahan milik Ratno, Dusun Kesono Desa Candiharjo.  Persemaian padi di lahan seluas 30 meter x 20 meter ini menggunakan benih padi varietas IR-64 yang akan diperuntukan bagi lahan seluas 1 (satu) hektar.

Pada kesempatan lain, Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin, mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel