Gerakan Cinta Puri, TNI-Polri-Pemda-Komponen Masyarakat Gelar Aksi Bersih-Bersih Kali

12 Nov 2018 17:35 1063 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto kompak hadir dan melakukan Pencanangan Gerakan Cinta Puri dengan tema “Bahu Membahu Kerja Bakti Bersama Wujudkan Kecamatan Puri Bersih dan Sehat”, 

Mojokerto, - Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto kompak hadir dan melakukan Pencanangan Gerakan Cinta Puri dengan tema “Bahu Membahu Kerja Bakti Bersama Wujudkan Kecamatan Puri Bersih dan Sehat”, Minggu (11/11/2018).

Kegiatan dengan hastag (#)Stop Buang Sampah Ke Sungai dan Galakkan Bank Sampah ini diawali Apel yang berlangsung di Lapangan Desa Medali Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dihadiri Kabag Administrasi Pemerintahan Setdakab Mojokerto Rahmat Suharyono, S.Sos, M.Si, Camat Puri Nalurita Priswiandini, S.STP., M.Med.Kom, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso, dan Kapolsek Puri AKP Sukadi, SH.

Saat Apel Pencanangan, Camat Puri Nalurita Priswiandini, S.STP., M.Med.Kom, mengatakan kegiatan Pencanangan Cinta Puri ini sebagai wujud kotminmen warga Kecamatan Puri untuk selalu menjaga Puri tetap kondusif  terhindar dari segala gangguan.

Saat ini, lanjutnya, sudah mulai musim penghujan, untuk itu kita semua harus mempersiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi musim penghujan tahun ini, mudah-mudahan hujan yang turun menjadi rahmat bagi kita dan bukan sebagai bencana.

Camat juga menghimbau, kepada seluruh warga Kecamatan Puri untuk senantiasa menjaga lingkungannya terutama aliran sungai, jangan buang kotoran sampah ke sungai karena akan mengganggu aliran sungai dan bila hujan air akan meluber ke jalan dan mengakibatkan banjir.

“Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri selanjutnya mengingatkan kepada tetangga atau lingkungan untuk tidak buang sampah di Sungai. Jadikan ini sarana edukasi agar semua masyarakat Puri tidak membuang sampah sembarangan ke sungai,” tandasnya.

Usai apel dilanjutkan aksi bersih-bersih yang diikuti sejumlah 750 orang , antara lain Unsur TNI dari Koramil 0815/04 Puri dan Perwakilan Jajaran Koramil Kodim 0815 sebanyak 51 personel, Polsek Puri 21 personel, dan Staf Pemerintah Kecamatan Puri, Kades dan Perangkat Desa serta berbagai elemen masyarakat se-wilayah Kecamatan Puri.

Sejumlah peralatan seperti sabit, Cangkul, Garu dan Karung disiapkan dalam aksi bersih-bersih tersebut, bahkan 5 unit kendaraan (truk) dari Dinas Lingkungan Hidup dan 1 unit ekskavator dari DPU Bina Marga Kabupaten Mojokerto diterjunkan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Sementara Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk kegiatan Pencanangan Cinta Puri diawali dari Desa Medali dengan sasaran pembersihan antara lain Sungai Brayung yang mengalir dan melintasi Desa Medali, Balongmojo dan Desa Kenanten sepanjang kurang lebih 5 kilometer, yang selama ini rawan banjir.

Tidak itu saja, lanjut Danramil, sasaran lainnya yaitu Puskesmas, Balai Desa dan selokan di kanan kiri ruas jalan, untuk selanjutnya kegiatan ini dilakukan di desa masing-masing.   

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat akan lebih tergerak dan sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai. Bila hal ini dapat terwujud maka wilayah Puri khususnya yang dialiri dan dilintasi Sungai Brayung akan terbebas dari banjir yang kerap kali datang ketika musim penghujan,” ungkapnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel