Optimalisasi Peran Satuan Linmas, Ini Penjelasan Pabungdim 0815

7 Nov 2018 21:35 534 Hits 0 Comments
Mojokerto, -  Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI, menjadi materi pokok Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri saat menjadi pemateri pada kegiatan Optimalisasi Peran Satuan Linmas Desa/Kelurahan Dalam Pam Swakarsa Tahun 2018, 

Mojokerto, -  Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI, menjadi materi pokok Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri saat menjadi pemateri pada kegiatan Optimalisasi Peran Satuan Linmas Desa/Kelurahan Dalam Pam Swakarsa Tahun 2018, Rabu (07/11/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Satpol PP Kabupaten Mojokerto berlangsung di Unit Pelatihan Kerja (BLK) Disnaker Provinsi Jatim, Jalan Raya Pasinan Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam materinya, Pabung Kodim 0815 Mayor Arm Imam Duhri, menegaskan bahwa NKRI adalah negara besar, yang kaya potensi sumber daya alam (SDA), apabila di kelola dengan baik secara benar akan menjadi modal dasar pembangunan. Namun kekayaan SDA tersebut, berpotensi memunculkan berbagai ancaman dari negara yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Menengok sejarah merebut kemerdekaan, lanjut Pabung, yang diawali dari perjuangan bersifat kedaerahan, kemudian muncul semangat kebangsaan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo 20 Mei 1908, kemudian diikuti para pemuda nusantara yang menggelorakan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Dengan perjuangan yang gigih sehingga mampu menghantarkan Bangsa Indonesia dalam memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

“Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata masih menyisakan sejumlah ancaman berupa pemberontakan separatis yang berusaha mengoyak kewibawaan dan keutuhan NKRI,” tandasnya.

Masih papar Pabung, untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan keutuhan bangsa atau NKRI kita dan semua warga negara berkewajiban malaksanakan pembelaan terhadap negara atau bela negara. Namun tentunya semangat bela negara harus tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang dikenal dengan Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara.

Ditegaskan Pabung, Satuan Linmas sebagai garda terdepan di tingkat desa/kelurahan memiliki peran penting dalam mewujudkan situasi yang kondusif, yang dalam pelaksanaannya harus berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, melalui kepala desa/kelurahan.   

“Bentuk konkret bela negara dapat dilakukan Linmas melalui berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman sehingga akan terwujud ketahanan suatu wilayah yang pada akhirnya dapat berkontribusi bagi ketahanan nasional,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri materi, Pabung mengajak para Satlinmas meningkatkan kemampuan kapasitas, integritas dan nasionalisme terhadap NKRI sehingga mempunyai kepekaan terhadap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa dan NKRI.

Sementara Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Mojokerto Drs. Karel, MM, di awal acara mengajak para Peserta Pembekalan Satlinmas menjadi pelopor di setiap lingkungannya dalam kegiatan, mulai RT, RW, Desa/Kelurahan terlebih lagi untuk kepentingan bangsa dan negara. “Para Anggota Satlinmas senantiasa peka terhadap perkembangan di lingkungan masing-masing dalam mewujudkan kondusifitas situasi di desanya menjelang pelaksanaan Pemilu 2019,” pintanya.

Selain Pabung, tampak pemateri lain dari Polres Mojokerto AKP Bambang Sujatmiko, KPU Kabupaten Mojokerto, dan Kabid Hubungan Antar Lembaga Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto, Mujiono, S.Pd, S.Sos, MM, serta anggota Satlinmas sebanyak 80 orang selaku peserta, yang merupakan perwakilan tiap desa dari sembilan kecamatan yakni Kecamatan Trowulan, Sooko, Puri, Bangsal, Mojoanyar, Gedeg, Kemlagi, Jetis dan Dawarblandong.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 37
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel