Anak Muda "Zaman Now" dan Kecintaannya Terhadap Budaya Asing

25 Oct 2018 14:17 157 Hits 0 Comments
Percaya gak percaya, anak muda generasi sekarang itu terbagi kedalam tiga kubu. Cekidot!

Anak muda generasi sekarang atau yang mungkin lebih kita sering dengar dengan sebutan “anak zaman now” umumnya terbagi ke dalam 3 kubu.

“informasi darimana itu 3 kubu?” Ya ada deh, pokoknya mah 3 kubu. Baca dulu ya sampai bawah ya!

Jadi sampai 3 kubu ya tadi? Dan jangan khawatir disini gak ada muatan politik sama sekali, jadi gak ada itu kubu pak Jokowi dan kubu pak Prabowo diantara 3 kubu yang saya tulis.

Di Kubu pertama ada mereka yang condong ke barat alias penikmat kebudayaan barat, seperti dari gaya mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki yang kebarat-baratan, pakai brand serba barat dan kelakuan pun serba kebarat-baratan. Tapi satu hal yang pasti, mereka gak ke barat untuk mengambil kitab suci.

gambar: Scoop.it

Di kubu kedua, ada juga mereka yang merupakan penikmat kebudayaan Asia Timur, atau lebih spesifiknya kebudayaan Jepang. Nah generasi untuk kebudayaan Jepang ini ternyata tidak terbatas pada anak muda saja, karena sejauh yang saya tahu penikmat kebudayaan Jepang ini memiliki range umur yang luas mulai dari mereka yang masih bau bawang, hingga mereka yang sudah bau tanah.

Di kubu ketiga, adalah mereka yang merupakan penikmat kebudayaan Korea. Korea disini bukan Korea Utara loh! Kebayang kalau kaum Adam pada demam kebudayaan Korea Utara, gaya rambut dan postur tubuhnya mirip Kim Jong Un. Bener gak?

gambar: Axios.com

Ya, Korea yang dimaksud disini adalah Korea Selatan.

Kebudayaan Korea Selatan memang cukup digandrungi para kawula muda, khususnya kawula muda generasi sekarang. Alasannya? Cukup simpel, karena memang kebudayaan tersebut sesuai taste anak muda zaman now.

Di zaman saya muda pun (sekarang juga sebenernya masih muda) Girls’ Generation atau yang biasa dikenal dengan sebutan SNSD adalah girls’ band asal Korea yang berhasil merebut hati para penggemarnya lewat lagu-lagunya yang enak didengar.

Film-film Korea seperti Full House, Princess Hours, Jang Geum dan Winter Sonata juga mungkin bisa dibilang sebagai awal mula merebaknya demam Korea di Indonesia.

Dan sekarang ini, demam Korea tersebut mungkin sudah berada di titik puncak. Karena saat ini, banyak para fans Korea yang dengan gampangnya merogoh kocek untuk membeli apapun itu yang berhubungan dengan budaya Korea, be it concert ticket or Korean merchandises.

Ya, fans Korea yang juga adalah orang Indonesia zaman now sangat tidak sayang terhadap uang mereka. Mungkin kalau disuruh pilih uang 500 ribu atau CD Original BTS, kemungkinan besar pilihannya jatuh ke CD Original BTS.

Ngomong-ngomong soal BTS, pasti fans Korea sudah tidak asing lagi dengan boy band yang satu ini. Dengan beranggotakan tujuh orang, Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan nama BTS bisa dikatakan menjadi salah satu boy band Korea tersukses di dunia.

gambar: time.com

Diantar oleh kesuksesannya tersebut, tentunya hal-hal yang berkaitan dengan BTS pun pastinya ikut terangkat. Contohnya saja merchandise yang berkaitan dengan budaya Korea, khususnya BTS yang punya boneka maskot bernama BT21.

Maskot BT21 sendiri adalah hasil kolaborasi Line dengan BTS. Ada delapan karakter dimana tujuh karakternya mewakili masing-masing member dari BTS. Sedangkan satu member lainnya mewakili pihak Line.

Perwakilan dari ketujuh karakter tersebut adalah sebagai berikut;

Koya mewakili RM, RJ mewakili Jin, Shooky mewakili Shuga, Mang mewakili J-Hope, Chimmy mewakili Jimin, Tata mewakili V Cooky mewakili Jungkook, dan Van yang mewakili pihak Line sendiri.

gambar: Billboard.com

Banyak merchandise atau fans goods dari BTS yang memang menjadi sumber honor dan reputasi tak tergantikan bagi BTS dan yang mendukung mereka. Seperti yang paling laris saat ini menurut ilmu penerawangan adalah boneka BT21.

Bagi kalian yang ingin punya boneka BT21 bisa langsung membelinya di situs resminya seperti. Perlu diingat dan dicatat, harga-harga yang tertera disana belum termasuk pajak lho!

Sedangkan untuk kalian yang merupakan diehard fans tapi kere, tapi mau merchandise BTS, tapi kere, tapi ya kalau udah mau gimana lagi?

Santai saja bro and sis, banyak kok toko online lain di Aliexpress, di E-Bay atau mungkin di market place lokal seperti di Tokopedia, Bukalapak, ataupun Shopee menjadi alternatif untuk membeli barang-barang yang berkaitan dengan BTS atau BT21 dengan harga murah.

gambar: Tokopedia.com

Untuk boneka BT21, saya pribadi sih lebih merekomendasikan untuk membelinya di market place lokal karena selain cepat sampai, harganya pun murah-murah. Dari harga pun hampir seperlimanya dari harga boneka original-nya. Atau setengahnya dari harga dari market place online luar negeri. Ten

Tapi jangan salah pilih juga ya! Walaupun bonekanya sama-sama murah dan imut, saya paling merekomendasikan boneka yang bahan eksternalnya terbuat dari bahan Yelvo dibandingkan dari Velboa, karena bahannya lebih halus dan lembut. Kok jadi promo ya?

gambar: Tokopedia

 

Tapi sih percaya deh, bahan Yelvo lebih bagus ketimbang bahan Velboa. Tapi dari segi harga sih mungkin sedikit lebih mahal.

Merchandise lain yang mungkin sangat populer dan bisa dibilang “affordable” adalah ganci a.k.a gantungan kunci. Bisa dibeli di situs resmi bt21, tapi ya balik lagi ke harganya yang mungkin bagi kita orang Indonesia, harga di situs luar itu bisa dikatakan relatif mahal.

Dan solusinya, beli saja barang yang ada di market place dengan range harga antara lima belas sampai lima puluh ribu rupiah.

Selesai membahas soal merchandise Korea populer sepertinya udah dulu deh ya! Saya juga sebetulnya bingung tadi di atas mau bahas apa. Maklum sudah lama gak nulis hihihi.

 

Tags News Unik

About The Author

Buricak Burinyai 48
Pena

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel